Wednesday, May 18, 2022
BerandaReviewSmartphoneReview Xiaomi 12, Desain Mungil Dengan Performa Gokil!

Review Xiaomi 12, Desain Mungil Dengan Performa Gokil!

Techdaily.id – Xiaomi akan segera meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka yakni Xiaomi 12. Tim Redaksi Techdaily pun berkesempatan untuk melakukan review Xiaomi 12 sebelum smartphone ini benar-benar hadir di pasaran. Smartphone terbaru dari Xiaomi ini menjanjikan spesifikasi mumpuni khas smartphone flagship yang digadang-gadang menjadi salah satu HP flagship terbaik di tahun ini.

BACA JUGA
Spesifikasi Xiaomi 12 Pro, Gunakan Sensor Sony IMX707

Sekadar informasi, Xiaomi 12 hadir dengan dukungan chipset elite milik Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 1, dukungan kamera beresolusi besar dan tentu saja speaker Harman Kardon. Lantas, bagaimana dengan performa nya? yuk simak ulasan lengkap review Xiaomi 12 berikut yang sudah disiapkan oleh tim Redaksi Techdaily.

Review Xiaomi 12

Desain & Layar
Review Xiaomi 12 kami mulai dari bagian desain & layar Smartphone ini menyasar segmen premium jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan. Ponsel ini hadir dengan desain yang cukup compact dan sangat nyaman digenggam. Ponsel ini mengusung tiga varian warna yang bisa dipilih konsumen seperti Gray, Purple dan Blue. Ketiga warna ini juga dilengkapi dengan sentuhan akhir seperti glitter yang terlihat cukup gemerlap.

Pada bagian belakang, kamu akan menemukan ukiran grafir logo Xiaomi pada kiri bawah dan sebuah rumah kamera yang punya desain baru. Rumah kamera ini berisikan tiga kamera belakang dengan LED flash dan terdapat tulisan 50MP. Sementara untuk bagian bawahnya, kamu akan menemukan sebuah speaker, port USB type C, lubang mic dan tray SIM Card. 

Sementara untuk bagian atas, kamu akan menemukan IR Blaster, dan speaker serta tak ketinggalan tulisan Harman Kardon yang menandakan bahwa smartphone ini ditopang oleh speaker besutan Harman Kardon. Untuk tombol volume serta tombol power, kamu akan menemukannya pada sisi sebelah kanan smartphone. 

Xiaomi 12 memiliki dimensi yang compact dan nyaman digenggam dengan satu tangan. Ponsel ini memiliki dimensi berukuran 152.70mm x 69.90mm dan ketebalan hanya 8.16mm, serta berat 180 gram. Body belakang Xiaomi 12 juga memiliki lekukan atau curve pada beberapa sisi nya yang menambah kenyamanan ketika digenggam. 

Beralih ke bagian layar, smartphone ini mengusung dukungan layar AMOLED berukuran 6,2 inci yang cukup mudah dioperasikan dengan satu tangan. Layar ini memiliki resolusi FHD+ dengan teknologi refresh rate 120Hz, HDR+ dan tingkat kecerahan maksimal yang mencapai 1100 nits.

Kamu juga akan menemukan sebuah notch kecil pada bagian atas di sisi tengah layar sebagai rumah kamera depan. Layar jernih nan tajam ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus sehingga kamu tidak perlu risau lagi meletakkannya di saku celana. Sementara pada bagian belakangnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. 

Secara keseluruhan, kami cukup suka dengan desain dan layar dari smartphone ini. Hal ini karena dimensinya yang compact, sehingga feel ketika menggenggam smartphone ini terasa pas. Selain itu, Xiaomi juga telah menyediakan softcase di dalam box yang bisa dipakai agar tidak licin di tangan.

BACA JUGA
Cara Hapus Iklan di HP Xiaomi

Kamera
Masuk ke bagian kamera, smartphone ini ditopang oleh 3 kamera belakang yang masing-masing beresolusi 50MP sebagai kamera utama, 13MP sebagai ultra wide camera dan 5MP sebagai lensa makro. Sedangkan untuk kamera depannya, kamera smartphone ini memiliki satu kamera depan yang punya resolusi 32MP.

Hebatnya, kamera utama dari smartphone ini memiliki sudut pengambilan yang cukup lebar sehingga memudahkan kamu ketika memotret objek yang luas maupun memotret foto keluarga saat hari raya Idul Fitri nanti. 

Kamera utama smartphone ini juga menggunakan sensor Sony IMX766 yang dilengkapi oleh OIS sehingga kamu bisa melakukan perekaman video ataupun mengambil foto malam tanpa takut adanya noise dan foto menjadi kurang fokus. 

Sekadar informasi, Sony IMX766 merupakan salah satu sensor terbaik dari Sony yang memiliki ukuran sensor yakni 1/1,56″ dan area piksel yang besar. Keunggulan sensor besar ini dalam mengambil foto minim cahaya adalah dapat menangkap cahaya lebih banyak walaupun kondisi sekitar gelap.

Terdapat beberapa fitur kamera dari smartphone ini yang akan kami ulas lebih lengkap pada artikel selanjutnya. Jika kamu penasaran dengan hasil foto dari kamera Xiaomi 12, dibawah ini merupakan beberapa sampel nya. 

 

Performa
Masuk ke bagian performa, Xiaomi 12 hadir dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dengan proses teknologi mutakhir 4mm yang ditopang oleh GPU Qualcomm Adreno yang mampu meningkatkan rendering grafis hingga 30%, dan 25% efisiensi energi, dan dilengkapi UFS 3.1 untuk peningkatan kecepatan loading + data transfer, serta LPDDR5 RAM dengan kecepatan memori mencapai 6,400Mbps.

Smartphone ini juga menggunakan LiquidCool Technology, sebuah sistem pendinginan level flagship yang mampu menjaga temperatur dalam batas wajar. Disamping ukurannya yang compact, Xiaomi 12 memiliki VC ekstra besar 2,600mm2, dan lebih dari 10,000 heat-dissipating graphite, untuk memastikan performa yang halus dan stabil.

Chipset ini ditemani oleh konfigurasi RAM dan ROM sebesar 8GB/256GB yang mana RAM dari smartphone ini masih bisa diperluas melalui teknologi virtual RAM hingga 3GB lagi. Smartphone ini juga sudah berjalan di MIUI 13 berbasis Android 12. 

Diatas kertas, spesifikasi smartphone ini terlihat sangat mengagumkan. Namun, bagaimana dengan performa yang ditawarkan? untuk mengetahui jawabannya, kami melakukan sederet pengujian menggunakan benchmark PCMark, 3DMark dan bermain game populer anak muda yakni PUBG Mobile. Hasilnya? smartphone ini mampu memperoleh skor 12950 untuk PCMark, 9313 untuk Wild Life di 3DMark dengan rata-rata frame rate mencapai 55.80 dan ketika bermain game PUBG, smartphone ini mampu menyuguhkan settingan grafis HDR dengan frame rate Extreme

Karena Xiaomi 12 dibekali chipset terkuat dari Qualcomm saat ini, Snapdragon 8 gen1, sehingga performa yang dihasilkan memang sangat powerful. Dibalik performa yang super kencang, Xiaomi 12 dilengkapi dengan cooling system yang besar, hal ini membuat heat management di Xiaomi 12 sangat baik.

Walaupun dalam penggunaan berat, Xiaomi 12 tetap mampu menjaga agar temperatur berada di suhu yang wajar, sehingga dan aman untuk pemakaian sehari-hari dan masih nyaman digenggam, dengan distribusi panas yang lebih merata.

Baterai

Berbicara mengenai baterai, smartphone ini mengusung baterai berkapasitas 4500 mAh yang dilengkapi oleh sistem pengisian daya cepat 67W Turbo Charging. Smartphone ini juga mendukung sistem pengisian wireless charging 50W dan reverse wireless charging 10W. Meski memiliki sistem pengisian daya cepat yang tinggi, namun kami masih mempertanyakan mengapa Xiaomi menyelipkan kapasitas baterai sebesar 4500 mAh di ponsel ini, alih-alih 5000 mAh. 

Nah, untuk menguji daya tahan baterainya, kami menggunakan aplikasi PCMark dan berikut hasilnya. Smartphone ini mampu bertahan dalam durasi 11 jam 48 menit. 

Kesimpulan

Review Xiaomi 12 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami Xiaomi 12 bisa menjadi new daily driver kamu. Pasalnya smartphone ini merupakan paket lengkap yang sayang banget kalau tidak dimiliki. 

review xiaomi 12

Selebihnya, smartphone ini sangat bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas kamu sehari-hari. Mulai dari mengabadikan momen hingga bermain game seharian penuh.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review Xiaomi 12 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami Xiaomi 12 bisa menjadi new daily driver kamu. Pasalnya smartphone ini merupakan paket lengkap yang sayang banget kalau tidak dimiliki. 
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi