Wednesday, December 1, 2021
BerandaTechlifeSaingi Alexa, Smart Speaker Widya Wicara Resmi Diluncurkan

Saingi Alexa, Smart Speaker Widya Wicara Resmi Diluncurkan

Techdaily.idBagi yang akrab dengan dunia Internet of Things (IoT) tentu sudah familiar dengan smart speaker seperti Alexa dan sejenisnya. Kini, perangkat serupa juga hadir di Indonesia dengan nama Widya Wicara Prima.

BACA JUGA
Hadirkan Experience, Urban Republic Kembali Gelar “URAmazing Race”

Sebuah nama yang cukup panjang untuk perangkat IoT memang, tapi jika melihat nama tersebut tidakkah kamu merasa akrab? Yap, nama speaker ini sangat familiar di negara kita karena memang perangkat ini merupakan sebuah perangkat ciptaan anak dalam negeri.

Tidak kalah dengan perangkat Alexa, smart speaker ini dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan & perintah suara yang diberikan oleh penggunanya.

Teknologi tersebut membuat suara yang dihasilkan Widya diklaim terdengar sangat natural dan interaktif, selayaknya berbicara dengan teman di kehidupan sehari-hari. Diharapkan dengan hadirnya Widya Wicara Prima, Smart Speaker ini bisa menjadi sahabat terutama di tengah kondisi saat ini yang mengharuskan kita untuk tetap#DiRumahAja.

Sekadar informasi, perangkat smart speaker dewasa ini memang dianggap sebagai penunjang gaya hidup dan angka peminatnya pun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari lembaga riset Statista, secara global pengguna aktif asisten virtual yang juga terdapat pada produk smart speaker, tahun 2015 sebanyak 544,1 juta dan di tahun 2020 diprediksi mencapai 2,2 milyar.

Smart speaker Widya Wicara Prima ini sendiri diklaim dapat diandalkan di berbagai situasi, mulai dari memutar musik, radio, podcast hingga pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan perkiraan Cuaca.

Widya juga memiliki sumber yang kredibel seperti:Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika(BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan sumber-sumber lainnya.

BACA JUGA
LINE: Gundam Wars Berkolaborasi dengan Hello Kitty

Serupa dengan perangkat Alexa, seluruh fitur dalam Widya Wicara Prima dapat dilakukan hanya dengan komando suara, tanpa harus menekan tombol apapun. Widya pun dapat diaktifkan hanya dengan mengucapkan, “Hai Widya,…” atau “Halo Widya,….”. Hal ini berkat teknologi Artificial Intelligence (AI) pada Widya, sehingga perangkat ini dapat merespons langsung atas sebuah perintah yang diberikan. Widya Wicara Prima dapat diaktifkan dengan menggunakan koneksi internet dan mengunduh aplikasi Widya Wicara di Playstore.

Saat ini Widya bisa didapatkan baik secara online di Shopee dan nantinya secara offline di gerai yang berada di beberapa kota, seperti JABODETABEK, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar. Produk ini dipasarkan dengan harga Rp1.499.000, – dengan ukuran dimensi yang mudah dibawa kemanapun, serta memiliki dua pilihan warna yaitu hitam dan putih.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi