TelusurThrowback

Sejarah Google Penuh Perjuangan Berawal dari Komputer Bekas

Techdaily.id – Kehadiran mesin pencarian Google saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Google sendiri merupakan perusahaan teknologi raksasa yang mengkhususkan diri pada produk dan jasa yang berkaitan dengan internet. Di balik kesuksesannya, terdapat kisah sejarah Google yang penuh perjuangan.

BACA JUGA
Daftar HP Xiaomi Dibawah 1 Jutaan

Google mulai dirancang pada Januari 1996 oleh dua orang mahasiswa PhD di Universitas Stanford, Amerika Serikat sebagai proyek penelitian. Kedua mahasiswa tersebut yakni Larry Page dan Sergey Brin. Ide mereka untuk mengembangkan Google muncul dari ketidakpuasan atas mesin pencari di internet yang ada pada saat itu.

Dahulu, mencari konten tertentu di internet bukan hal yang mudah, terutama konten yang benar-benar relevan. Selain itu, proses pencarian juga berlangsung lama. Atas dasar inilah, Larry Page dan Sergey Brin mengembangkan teori tentang sebuah sistem yang menganalisis hubungan-hubungan antar website yang kemudian disebut PageRank.

Sistem PageRank ini mampu menentukan relevansi situs web berdasarkan jumlah halaman dan link-link yang ditautkan kembali ke situs asli. Sistem ini kemudian dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.

Pada saat itu, BackRub disambut baik, lalu Page dan Brin mulai mengembangkan. Proyek penelitian mereka ini bisa dibilang sangat hemat. Mengapa? Karena kedua mahasiswa ini mengembangkannya di sebuah kamar asrama, dibangun jaringan server menggunakan komputer yang mereka beli dalam kondisi bekas, bahkan mereka rela meminjamnya.

Nama BackRub digunakan selama satu tahun sebelum didaftarkan sebagai Google.com pada 15 September 1997. Setekah itu, Page dan Brin mengganti nama BackRub menjadi Googol. Nama “Googol” merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Google Inc. kemudian resmi berdiri sebagai perusahaan privat pada 4 September 1998.

BACA JUGA
Uji Ketangguhan, Nokia 3310 Jadul vs Mesin Gerinda!

Nama tersebut diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet. Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskannya dalam cek dan berbagai dokumen. Hal itu membuat Page dan Brin akhirnya “terpaksa” menggunakan nama Google untuk teknologi mesin pencari mereka hingga sekarang.

Kantor Google pertama berada di sebuah garasi milik seorang teman Larry Page dan Sergey Brin yang berlokasi di Menlo Park, California. Baru pada tahun 1999, Google berpindah kantor ke Palo Alto dan mempekerjakan 8 orang karyawan.

Larry Page dan Sergey Brin terus menyempurnakan Google dan mencari investor untuk mengembangkan perusahaan mereka. Dibalik kisah sejarah Google yang penuh perjuangan tersebut, aaat ini, Google sudah memiliki kantor yang tersebar di berbagai tempat di penjuru dunia dan jumlah karyawan mereka terus melonjak. (ran)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close