Sunday, November 28, 2021
BerandaGadgetSiapkah Digimap Bersaing dengan iBox?

Siapkah Digimap Bersaing dengan iBox?

Memiliki gerai lifestyle brand yang banyak di beberapa mal bukan jadi kekuatan yang tak tertandingi bagi PT Mitra Adiperkasa (MAP) untuk bekompetisi di ritel smartphone khususnya di pertempuran penjualan produk Apple. Setelah melebur Infinite, menjadi Digimap, MAP harus bersaing dengan salah satu pemain besar di industry smartphone yakni Erajaya dengan iBox yang telah diakuisisi sejak 2012 lalu. Sama-sama menjadi premium dan authorized reseller untuk produk Apple, keduanya menawarkan produk dan layanan yang nyaris sama.

Meski sebelum muncul Digimap merupakan Infinite, data digital seputar toko Infinite tidak banyak ditemui, karena memang dahulu Infinite tidak seagresif Ibox yang rajin memberikan informasi kepada media. Data yang dimuat di website Digimap mengungkap ada 18 gerai Digimap yang dulunya adalah Infinite yang tersebar di Indonesia.  Data gerai yang dimuat di laman Digimap itu, sama dengan lokasi gerai  Infinite yang lama  dan muncul di pencarian online.

Gerai baru dari MAP sendiri rencanya akan dibuka sebanyak 5-10 gerai per tahunnnya.

BACA JUGA
Ssst, Google Siapkan Tablet dan Laptop Baru

Tapi ini masih kalah jauh dengan total jumlah toko iBox di Indonesia yakni ada 54 outlet yang terdiri dari 35 AAR dan 15 Apple Premium Reseller (APR) yang tersebar di kota-kota utama di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, Bali, Lombok, Balikpapan, Manado, dan Makassar.

“Dalam tiga tahun terakhir kami sangat agresif membuka toko di kota-kota lapis kedua maupun ketiga. Kami berusaha  memberikan layanan, produk, dan pengalaman yang lebih lengkap buat seluruh Konsumen,” ujar JW Kim, Head of Retail Erajaya Group, dikutip beberapa waktu lalu.

iBox juga terlihat tangguh untuk saluran online nya, dengan jaringan customer service dan ditambah kekuatan lebih dari 1000 gerai Erajaya, nampaknya pelanggan tidak akan dibuat bingung disini.

Ada beberapa catatan kecil bagi Digimap di saluran online ini.

Ketika redaksi mengecek beberapa partner Infinite di marketplace e-commerce, seperti di Shopback (https://www.shopback.co.id/infinite), misalnya, promo dan logo Infinite masih ada disini. Walau di beberapa e-commerce toko official Infinite sudah tidak bisa diakses lagi. Sementara itu di laman Infinite sendiri, perpindahan dari laman lama ke DIgimap juga masih belum mulus, karena sampai tulisan ini dibuat masih ada tulisan “is soon” di laman Infinite, sayangnya tampilan ini masih muncul justru di saat peluncuran resmi Digimap (lihat cover tulisan).

BACA JUGA
OPPO Find X2 Donasikan Hasil Kampanye #StayHomeStayExciting untuk Program Habitat #TempatSinggahPejuangMedis

Akses social media Digimap juga tidak bisa diakses dari laman official-nya. Malah ada beberapa tautan produk dalam laman Digimap yang ketika di-klik juga tidak bisa dibuka (not found). Misal ketika masuk ke halaman promo harga iPhone XR (https://www.digimap.co.id/id/post/promo), ketika detil di klik not found. Ini mungkin sederhana karena bisa jadi apakah Digimap fokus di gerai offline dulu, akses online store saat ini melalui MAPemall. Tapi kini ketika banyak keputusan pembelian berakhir di pencarian di online, sangat disayangkan informasi produk dan akses dalam official web nya belum rapi dan maksimal justru di saat peluncuran perdananya.

(catatan untuk pembaca: sesudah tulisan ini tayang, Digimap telah mengupdate akses tersebut sehingga pelanggan bisa menikmati surfing nyaman di laman Digimap)

Tapi, Digimap memberikan penawaran yang seru dibanding yang lainnya. Dengan menjadi distributor resmi, MAP menerima pembayaran pembelian produk Apple menggunakan voucher dan poin MAP Club.

“Digimap menerima berbagai macam pembayaran misalnya pakai voucher MAP. Konsumen juga nantinya bisa mengumpulkan MAP Point yang di-redeem di seluruh gerai MAP di Indonesia,” kata Fetty Kwartati, Head of Corporate Communication MAP, di acara peresmian Digimap.

BACA JUGA
Harga OPPO Reno5 F Terbaru (September 2021)

Seperti yang sudah diketahui, brand MAP selama ini akrab dengan industri lifestyle. Dengan terjun ke bisnis teknologi digital, perusahaan ingin meraih market baru yang ingin selalu meningkatkan taraf hidup mereka (enhancing life).

Ini memang baru langkah awal bagi Digimap dan MAP masuk ke retail smartphone. Tentunya semoga bisa menjadi opsi baru bagi pelanggan di Indonesia. Tunggu ulasan redaksi berikutnya untuk Digimap dan iBox.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi