Monday, June 24, 2024
BerandaGadgetNews GadgetSmartphone Berkemampuan AI Diprediksi Terus Bertumbuh, Ini Faktor Pendorongnya

Smartphone Berkemampuan AI Diprediksi Terus Bertumbuh, Ini Faktor Pendorongnya

TechDaily.id – Firma riset pasar Canalys merilis laporan baru. Ini menunjukkan pangsa pasar smartphone dengan kemampuan AI utama saat ini dan juga memperkirakan bagaimana hal itu akan berubah dalam beberapa tahun mendatang.

Menurut laporan ini, 16 persen smartphone yang dikirimkan secara global saat ini sudah mengintegrasikan setidaknya beberapa jenis kemampuan AI dan dilaporkan akan mencapai angka 54 persen pada 2028.

Produsen Smartphone Fokus pada Ponsel Berkemampuan AI

Analis industri percaya pasar smartphone dengan kemampuan AI akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 63 persen antara 2023 dan 2028. Ini diperkirakan akan didorong oleh permintaan konsumen akan fitur-fitur yang ditingkatkan seperti asisten AI dan pemrosesan edge-to-edge.

Firma riset pasar Canalys memperkirakan perubahan ini akan muncul pertama kali pada model andalan. Saat ini, terdapat batasan teknis yang jelas di mana model pada perangkat hanya dapat berjalan pada perangkat kelas atas.

Namun, model-model tersebut dapat menjadi lebih efisien seiring berjalannya waktu dan diharapkan dapat diakses secara bertahap oleh segmen kelas menengah.

BACA JUGA
OPPO Reno 12F Muncul di Benchmark dengan Dimensity 6300, Segera Meluncur?

Menurut firma riset pasar tersebut, potensi transformatif ponsel cerdas dengan kemampuan AI generatif, yang didorong oleh teknologi AI, memulai era baru bagi industri ponsel pintar. Dalam 3-5 tahun ke depan, penambahan AI diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan. Sergio Buniac, Presiden Motorola dan Wakil Presiden Senior Lenovo Mobile Business, juga menyampaikan hal serupa saat berbagi visinya tentang bisnis ponsel pintar Motorola.

Perusahaan seperti Google dan Samsung telah mengintegrasikan sejumlah fitur berbasis AI ke dalam ponsel andalan terbaru mereka, meskipun belum ada ‘ponsel AI’ atau merek serupa.

Berbagai pembuat ponsel pintar asal China, Huawei, Honor, Oppo, Xiaomi, dan Vivo juga berusaha sekuat tenaga untuk memasukkan sebanyak mungkin fitur AI ke dalam produk kelas atas mereka.

Pendekatan mereka dalam mengintegrasikan kemampuan AI generatif ke dalam perangkat mencakup segala hal mulai dari pembuatan chip internal hingga model pelatihan untuk tujuan tertentu.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi