Thursday, May 19, 2022
BerandaGadgetNews GadgetSmartphone Jadi Masa Depan untuk Ngonten? Ini Kata Hendy Kurnia

Smartphone Jadi Masa Depan untuk Ngonten? Ini Kata Hendy Kurnia

Techdaily.id – Teknologi terus berkembang. Sejarah mencatat, suatu teknologi yang baru muncul mampu menggantikan teknologi yang sudah ada sebelumnya. Begitu pula dengan kemunculan smartphone. Salah satu pertanyaan yang sering mengemuka adalah apakah smartphone jadi masa depan untuk ngonten dan menggantikan fungsi kamera?

BACA JUGA
Harga Asus ROG Phone 5

Hendy Kurnia, seorang content creator dengan spesialisasi street photography, mengaku pertanyaan tentang apakah smartphone jadi masa depan untuk ngonten adalah sesuatu yang menarik untuk dibahas. Ia bercerita, dirinya sempat membuat polling di akun media sosial miliknya. Setelah Hendy meng-upload beberapa foto menggunakan smartphone OPPO Reno Series di akun media sosialnya, ia melempar pertanyaan kepada netizen.

“Pertanyaannya kurang-lebih, ‘Apakah smartphone sudah bisa menggantikan kamera profesional untuk ngonten?’ Hasil polingnya 70% bilang yes. Jadi, smartphone bisa menjadi masa depan ngonten dengan catatan mengembangkan fitur-fitur yang ada sekarang,” ujarnya pada acara OPPO Talkshow Photography (Reno 7 Series) & Performance (OPPO A96) with the Expert (Photographer and Entrepreneurship) di Lippo Mal Puri, Jakarta, Jumat (24/4).

Hendy bercerita, dirinya dulu menggunakan kamera DSLR untuk membuat konten. Namun, seiring bermunculan smartphone yang makin baik kualitasnya dari sisi fotografi, maka ia mulai beralih menggunakan smartphone untuk ngonten hingga saat ini. Terlebih lagi, smartphone juga bersifat multi fungsi.

Kelebihan Fitur Bokeh di Reno7 Z 5G

Hendy telah mencoba berbagai jenis smartphone untuk ngonten. Teranyar, ia menggunakan Oppo Reno7 Z 5G. Menurutnya, Oppo Reno7 Z 5G sangat melekat dengan fotografi.

“Maksudnya, dengan fitur-fitur yang ada di smartphone ini bisa mengakomodir kebutuhan hobi fotografi,” katanya dalam acara yang dipandu oleh PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto A tersebut.

Ia lalu menjelaskan perbedaan antara smartphone dan kamera pada umumnya dari sisi fotografi.

“Perbedaan keduanya untuk ngonten adalah penggunaan lensa. Kalau di kamera pro, aperture benar-benar mempengaruhi hasil. Diafragma dengan bukaan kecil dan besar sangat mempengaruhi hasil. Sementara itu, pada smartphone, aperture-nya itu lebih ke AI. Jadi, bukan benar-benar dari bukaan diafragma langsung, tapi lebih ke AI. Seiring perkembangan teknologi AI, kualitas foto di smartphone dapat menghasilkan efek bokeh yang lebih natural, semakin mirip dengan lensa bukaan besar,” paparnya.

BACA JUGA
Tips Foto Produk Menggunakan OPPO A95 Versi CEO Gentanala

Bagaimana dengan video? Terkait video di smartphone, Hendy menambahkan, hal yang harus diperhatikan adalah frame per second (FPS). Dengan semakin canggihnya kamera, ada pilihan 24, 30, 60 FPS dan sebagainya. Hal ini berarti memberi lebih banyak opsi bagi pengguna untuk lebih berkreasi.

“Saya, misalnya, ingin membuat video slow motion. Maka, saya perlu FPS tinggi, misalnya kalau slow motion 50%, saya harus pakai 60 FPS. Nah, Oppo Reno7 Z 5G sudah bisa support sampai 60 FPS. Saya juga sempat coba fitur timelapse pada Oppo Reno7 Z 5G dan hasilnya oke banget,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, pengguna juga harus memperhatikan kompresi yang dilakukan oleh masing-masing platform berbagi video.

“Jangan memaksakan memakai smartphone yang sudah 4K, padahal nantinya akan terkompres di platform yang belum support 4K. Satu hal penting lagi dalam membuat konten video, yakni 3-second theory. Video tiga detik pertama menentukan viewers stay menonton sampai akhir atau tidak. Dan, perhatikan juga musik karena sekarang jadi faktor penting dalam konten video”, pesannya.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi