News Gadget

Smartphone Kamera Selfie 100 MP ? Emang Ada?

Techdaily.id – Pada tahun lalu, kita sudah melihat bagaimana sebuah smartphone bisa memiliki resolusi kamera hingga 100 MP. Resolusi ini hadir pada kamera belakang atau rear camera yang tentunya akan menyuguhkan banyak fitur serta kecanggihan pengambilan foto dan video. Lantas, apakah akan ada smartphone kamera selfie 100 MP?

BACA JUGA
Mengintip Desain & Fitur Kamera OPPO Reno4 F

Jika mengacu pada teknologi kamera di tahun 2020, mungkin hadirnya kamera selfie dengan resolusi 100 MP bakal masuk akal. Pasalnya, untuk menerapkan resolusi besar ini pada kamera belakang saja, sudah dimungkinkan oleh produsen smartphone.

Menurut Tipster, Digital Chat Station, ponsel pintar dengan kamera selfie 100MP (baca 108MP) memang akan datang ke pasaran. Sayangnya, dia tidak menyebutkan siapa produsen smartphone yang menghadirkan ponsel ini meskipun banyak yang percaya bahwa produsen tersebut kemungkinan besar berasal dari China.

Sambil menunggu siapa produsen smartphone kamera selfie 100MP ini, tentu hadirnya teknologi ini cukup membuat penasaran pengguna terkait dengan penerapan dari konsep 100 MP Selfie ini. Sensor 108MP yang tersedia cukup besar dan memakan banyak ruang di bagian belakang ponsel, jadi meletakkan satu di depan berarti ponsel akan memiliki lekukan besar atau lubang yang cukup besar pada bagian layar. Namun, seperti dilansir dari laman Gizmochina (15/2) nampaknya ada dua cara untuk menyelipkan sensor besar tersebut tanpa berakhir dengan notch atau punch hole yang tidak sedap dipandang.

Cara yang pertama adalah melalui desain pop-up Camera, karena mekanisme pop-up dapat dibuat lebih besar untuk menampung sensor yang besar. Cara lainnya adalah dengan menggunakan kamera flip bermotor seperti pada Zenfone 6 dan Zenfone 7 oleh ASUS. Cara ini memungkinkan produsen untuk meletakkan kamera 100MP di bagian belakang yang berfungsi sebagai kamera selfie saat dibalik.

BACA JUGA
Resmi Meluncur, Berapa Harga OPPO Reno 10x Zoom 12GB?

Banyak yang berharap dapat segera melihat ponsel pertama dengan peluncuran 100MP dan banyak pihak yang meyakini lebih banyak pabrikan akan meniru konsep tersebut begitu perangkat pertama diluncurkan. Namun, akan muncul sebuah pertanyaan tentang manfaat atau metode penggunaan pada kamera selfie bersensor besar tersebut. Pasalnya, jika hanya digunakan untuk berselfie saja, sejatinya resolusi 44 MP sudah lebih dari cukup.

Akan tetapi, Kamera selfie 100MP bukan satu-satunya hal yang akan memukau para pengguna smartphone. Ada rumor yang mengatakan bahwa ponsel dengan kamera 200MP juga akan hadir tahun ini dan ZTE Axon 30 Pro mungkin akan menjadi ponsel pertama di dunia dengan sensor 200MP.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close