Sunday, November 28, 2021
BerandaGadgetHead2headSmartphone vs Tablet? Pilih yang Mana?

Smartphone vs Tablet? Pilih yang Mana?

TechDaily.id – Semenjak telepon muncul di awal abad 19 lalu, kini perangkat komunikasi tersebut telah berevolusi menjadi smartphone, dan diiikuti dengan kehadiran tablet yang menggabungkan fungsi PC dan telepon dalam satu perangkat.

Pertanyaannya, diantara ‘pertarungan’ smartphone vs tablet, mana yang lebih diterima oleh masyarakat dunia?

Berdasarkan hasil survei Digital Publishing Report: Retail Apps dan Buying Habits yang dilakukan oleh Adobe Systems pada tahun 2013, 79 persen konsumen cenderung memilih smartphone untuk melakukan aktivitas email; termasuk membaca dan membalas email. Sementara hanya 72 persen yang memilih tablet untuk kebutuhan akan email tersebut.

Smartphone juga menjadi pilihan unggul bagi konsumen untuk aktivitas membaca berita (50 persen) dan mendengarkan musik (52 persen). Sementara, hanya 30 persen konsumen yang memilih membaca berita di tablet, dan 46 persen yang mendengarkan musik di tablet.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa lebih dari 60 persen konsumen memilih tablet untuk aktifitas bermain game dan akses Facebook. Sementara hanya 48 persen konsumen yang memilih bermain game di smartphone.

BACA JUGA
Ada Pandemi Corona, Apple Tetap Akan Luncurkan iPhone 12 Tahun Ini

Aktivitas belanja online ternyata diakui oleh 44 persen responden lebih nyaman dilakukan di tablet, dan hanya 20 persen responden yang memilih melakukan aktifitas tersebut di smartphone.

Aktivitas diatas ternyata sudah diprediksi setahun sebelumnya, sebagaimana hasil survei yang dipublikasikan dalam ‘All About You’ Report di kuartal kedua tahun 2012.

Laporan tersebut mengungkapkan jumlah waktu yang dihabiskan oleh konsumen beserta aktivitas yang dilakukan di gadget mereka.

Lima aktivitas teratas yang biasa dilakukan oleh konsumen di smartphone atau tablet adalah browsing internet, social networking (termasuk chatting dan aktivitas sosial media), bermain game, mendengarkan musik, serta telepon.

Menariknya, dengan ragam fitur yang ada di kedua gadget tersebut, telepon bukan lagi menjadi aktivitas utama yang banyak dilakukan oleh konsumen masa kini.

Rata-rata konsumen menghabiskan waktu 25 menit sehari untuk browsing internet, 17 menit sehari untuk social networking dan 14 menit sehari untuk bermain game, dan 16 menit sehari untuk mendengarkan musik.

Rata-rata konsumen hanya memanfaatkan fungsi smartphone dan tablet sebagai telepon selama 12 menit sehari.

BACA JUGA
Perbedaan MIUI Reguler vs MIUI 12.5 Enhanced Editor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi