Laptop

Spesifikasi MacBook Pro M1, Kelebihan dan Kekurangannya

Techdaily.id – MacBook Pro hadir di akhir tahun 2020 dan memberikan sejarah baru bagi Apple yang sudah berani SoCĀ custom ARM pada produk Mac-nya ketimbang menggunakan proesor Intel. Kini hadir MacBook Pro M1 yang menawarkan performa terbaik dan cepat dengan spesifikasi unggul. Inilah spesifikasi MacBook Pro M1.

BACA JUGA
Review Acer Swift 3 (SF314-57G), Ringan, Tipis, Performa Andal

MacBook Pro M1 hadir dengan layar berukuran 13,3 inci dengan LED dan teknologi IPS yang dipadukan dengan resolusi 2560×1600 pixel dan menggunakan prosesor Chip Apple M1. Laptop ini hadir dengan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB yang dapat diperluas hingga 2 TB.

Berikut ini adalah kelebihan MacBook Pro M1:

  1. Ditenagai dengan chipset yang sangat gahar

MacBook Pro M1 ini menawarkan 8 inti GPU, 4 buah Firestorm untuk klaster ini berperforma tinggi dan 4 buah Icestorm klaster inti yang ramah daya. Ditambah dengan dukungan fan pada MacBook Pro M1 ini membuatnya lebih bersahabat digunakan untuk kinerja yang lebih baik.

2. Baterai yang tahan lama

MacBook Pro M1 dibekali dengan baterai yang tahan lama dengan kapasitas 49,9 Wh yang diklaim dapat bertahan hingga 17 jam menjelajahi internet secara wireless dan dapat digunakan selama 20 jam untuk pemutaran film di Apple. Kondisi yang membuatnya hemat energi juga didukung oleh core Icestorm yang melakukan tugas sehari-hari dengan hanya menggunakan sepersepuluh daya.

3. Layar Retina khas Apple yang cerah dan memukau

Kualitas layar pada MacBook Pro M1 ini juga lebih cerah dan memukau dengan menggunakan layar retina khas Apple. Menggunakan ukuran layar 13 inci membuat gambar terlihat seperti nyata, memiliki akurasi warna yang baik berkat teknologi P3 wide color gemut yang diklaim dapat menampilkan 25 persen lebih banyak warna dibandingkan sRGB. Untuk menstabilkan warna agar tetap tampil dengan sempurna di lingkungan pencahayaan manapun, MacBook Pro M1 pun dibekali dengan teknologi mumpuni bernama TrueTone.

4. Fitur Facetime yang lebih jernih

MacBook Pro M1 menyediakan fitur facetime untuk melakukan panggilan video. Facetime dapat memaksimalkan kinerja M1 untuk menampilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan terang bahkan di tempat yang gelap dan minim pencahayaan. Selain itu, teknologi pendeteksian wajahnya juga kini ditenagai dengan Neural engine untuk menyesuaikan pencahayaan di sekitar, menampilkan warna kulit yang natural dan terlihat seperti asli.

BACA JUGA
Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik di Dunia Tahun 2021

5. Magic Keyboard yang intuitive

Pada MacBook Pro M1 ini tersedia touch bar yang merupakan tampilan OLED untuk menampung berbagai shortcut relevan, tergantung dari aplikasi yang sedang digunakan. Tampilan keyboard MacBook M1 ini juga memiliki papan ketik dengan mekanisme gunting agar terhindar dari masalah kemasukan debu. Selain itu magic keyboard ini menawarkan jarak responsivitas tombol 1 mm saja sehingga tidak perlu menekan tombol terlalu dalam untuk melakukan input pada keyboard.

 

Kekurangan MacBook Pro M1

Selain memiliki sederet kelebihan, MacBook Pro M1 ini juga memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut:

  1. Upgrade komponen yang lebih terbatas

MacBook Pro M1 hanya dibekali dengan RAM 8 GB yang diberikan opsi untuk bisa upgrade sampai 16 GB. RAM yang dimiliki MacBook Pro M1 menggunakan arsitektur Unified Memory yang memungkinkan aplikasi untuk berbagi data antara GPU, CPU dan Neural engine secara efisien.

2. Piliha warna lebih sedikit

Jika dibandingkan dengan MacBook Air yang memiliki warna gold, MacBook Pro M1 ini hanya menawarkan dua warna saja yaitu silver dan gray.

3. Hanya mendukung satu eksternal monitor

MacBook Pro M1 hanya mendukung satu eksternal monitor 6K saja dengan laju penyegaran 60 Hz, sehingga hal ini rasanya agak menjadi kekurangan juga bagi pengguna yang lebih spesifik dalam menjalankan industrinya.

BACA JUGA
Hands On Virtual Dua Laptop Gaming Acer, Bawa Layar 300Hz

Itulah spesifikasi Macbook Pro M1 dan sederet kelebihan serta kelemahannya. Laptop ini bisa diandalkan untuk menunjang berbagai aktivitas dengan dukungn Neural engine dan Unified Memory Architecture yang menghadirkan performa yang lebih cepat dan fluid sehingga MacBook Pro M1 ini berhasil menjadi suksesor dari versi Intelnya. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close