Wednesday, September 22, 2021
BerandaScienceNews ScienceSusah Move On? Ini Jawabannya Menurut Sains

Susah Move On? Ini Jawabannya Menurut Sains

TechDaily.id – Susah ‘Move On’ atau melupakan sesuatu memang menjadi hal yang cukup merepotkan untuk sebagian orang. Terlebih jika orang tersebut sulit melupakan kenangan buruk yang pernah menimpa dirinya.

Kenangan buruk tersebut tentu akan membahayakan jiwa lantaran dapat membuat seseorang trauma dan phobia akan sesuatu. Jika merujuk pada sains, melupakan sesuatu memang bukanlah perkara yang mudah, Apapun itu kasusnya.

Sebuah studi yang dipimpin oleh para ilmuwan di Texas menunjukkan bahwa jika seseorang sengaja melupakan suatu kejadian maka otak orang tersebut akan bekerja lebih keras dari biasanya. Dengan kata lain, otak manusia harus benar-benar fokus jika ingin melupakan suatu kejadian yang telah terekam.

“Tingkat aktivitas otak yang moderat sangat penting untuk mekanisme melupakan. Terlalu kuat dan itu akan memperkuat memori. Terlalu lemah, Anda tidak akan memodifikasinya,” kata psikolog Tracy Wang dari University of Texas at Austin, dilansir dari  Sciencealert(18/3).

“Kita mungkin ingin membuang ingatan yang memicu respons maladaptif, seperti ingatan traumatis, sehingga kita bisa merespons pengalaman baru dengan cara yang lebih adaptif. Beberapa dekade penelitian telah menunjukkan kita memiliki kemampuan secara sukarela melupakan sesuatu, tapi bagaimana otak kita melakukan itu masih dipertanyakan,” kata salah satu peneliti, Jarrod Lewis-Peacock.

Jika memang otak kita harus bekerja ekstra untuk melupakan sesuatu, so tidak ada salahnya jika kita mencoba berdamai dengan masa lalu, mengambil pelajaran dari kenangan pahit, agar bisa menjalani sisa kehidupan dengan lebih baik.

BACA JUGA
Vivo V15 Yakin Penuhi Ambisi Gamers Moba
BACA JUGA
Rayakan HUT ke-7, Orami Luncurkan Aplikasi Parenting
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi