Friday, March 29, 2024
BerandaEnterpriseTelcoSusul WeChat dan Kakao Talk, BBM Messenger Kalah Bersaing dan Umumkan Tutup...

Susul WeChat dan Kakao Talk, BBM Messenger Kalah Bersaing dan Umumkan Tutup di Indonesia

Meski pasar Indonesia jadi rebutan pemain social messenger, nyatanya perlu upaya ekstra keras untuk memenangkan pasar Indonesia yang memiliki lebih dari 80 juta pemilik HP ini. Setelah WeChat dan Kakao Talk resmi mundur dari pasar Indonesia karena keok bersaing dengan LINE dan WhatsApp, kini BBM Messenger akhirnya tak kuat melanjutkan biaya operasional dan persaingan.

BBM harus tutup karena tidak bisa bersaing dengan pesan instan lainnya seperti WhatsApp dan LINE.

Mulai tanggal 31 Mei 2019, aplikasi pesan instan BBM, yang dulunya bernama Blackberry Messenger, akan resmi setop beroperasi. Dalam pesan terakhirnya kepada para pengguna, BBM mengatakan setop beroperasi setelah tiga tahun lalu mengawali perjalanan ntuk memperbaharui BBM.

“Time to Say GOOD BYE” ujar pesan yang disampaikan kepada pengguna BBM, seperti dikutip Kamis (18/4/2019). “BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM di Indonesia.” Proses penghapusan data sendiri dari infrastuktur Cloud perusahaan akan memakan waktu hingga 180 hari.

“Kami menghormati keputusan Emtek, kami kecewa platform tidak berkembang dan tumbuh seperti yang diharapkan,” kata Mark Wilson, Chief Marketing Officer (CMO) BlackBerry seperti dikutip laman CrackBerry

BBM sempet dibeli lisensinya untuk Indonesia oleh EMTEK Group, perusahaan yang gencar berinvestasi pada sektor digital. Misalnya, platform Blackberry, bobobobo.com, PropertyGuru Pte., Ltd., Bridestory Pte., Ltd., Hijup.com, Kudo, KMK Online, termasuk juga investasi lanjutan di Bukalapak.com.

Menurut CNBC pada 2018 lalu, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) mencatatkan rugi bersih Rp 2,62 triliun. Padahal pada 2017 induk usaha SCTV ini masih mencatatkan laba Rp 43,7 milar. Penyebab kerugian ini adalah penurunan goodwill yang tercatat mencapai Rp 1,97 triliun. Goodwill adalah aset tak berwujud (intangible) yang timbul ketika perusahaan mengakuisisi perusahaan lain dan dimasukkan ke dalam grup perusahaan.

 

 

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi