Saturday, September 18, 2021
BerandaSciencePlanetTahukah Kamu: Mars Punya Sungai yang Lebih Besar Dari Bumi

Tahukah Kamu: Mars Punya Sungai yang Lebih Besar Dari Bumi

TechDaily.id – Planet Mars merupakan planet yang punya cukup banyak kemiripan dengan bumi. Planet ini bahkan digadang-gadang bakal menjadi ‘rumah baru’ dari manusia apabila mereka meninggalkan Bumi.

Mars juga kabarnya memiliki sungai yang lebih panjang dan luas ketimbang yang ada di bumi. Namun, setelah atmosfer mereka mulai menipis, membuat partikel-partikel surya terlepas ke udara untuk kemudian ‘mengeringkan’ sungai-sungai tersebut. Akan tetapi, keringnya sungai-sungai di planet ini terjadi dalam kurun waktu 1 miliar tahun yang lalu dan menjadikannya sebagai tanah berpasir yang luas.

“Kita dapat mulai melihat bahwa Mars tidak hanya memiliki satu periode basah di awal sejarahnya dan kemudian mengering,” kata pemimpin penelitian Edwin Kite, asisten profesor ilmu geofisika di University of Chicago, seperti dilansir dari Space (29/3).

Kite dan para rekannya melakukan survei global terhadap saluran air purba di Mars, mereka mengkarakterisasi lebih dari 200 sistem seperti itu menggunakan pencitraan dan data lain yang ditangkap dari orbit. Mereka membuat perkiraan umur untuk sungai-sungai ini dengan menghitung kawah di medan sekitarnya.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa sungai-sungai di planet merah ini mengalir secara intermiten tetapi intens selama di sebagian besar dari periode 4,5 miliar tahun planet ini, didorong oleh limpasan yang dipengaruhi hujan.

Lebar sungainya pun diklaim lebih dari dua kali lipat dari yang ada di bumi. Meski begitu, penelitian ini tidak menjelaskan berapa banyak volume air yang dibawa oleh sungai-sungai tadi, karena menentukan kedalaman umumnya memerlukan analisa batuan dan kerikil dasar sungai dari dekat.

Kite dan rekannya menjelaskan, sungai di Mars tidak hanya mengalir di  sebagian wilaya planet, melainkan alirannya hingga ke seluruh Mars.

BACA JUGA
Menikmati Pesona Kelam Maha Raja Galaksi
BACA JUGA
Lebih Epic Dari Avengers : End Game, Ini yang Terjadi Jika Bulan Tak Lagi Temani Bumi
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi