Thursday, May 19, 2022
BerandaGadgetTipsTanda HP Diretas, Kenali Ciri-Cirinya

Tanda HP Diretas, Kenali Ciri-Cirinya

TechDaily.id – Tanda HP diretas perlu diketahui para pengguna smartphone. Mengingat, smartphone berisi informasi penting baik itu informasi keuanganan atau belanja online serta konten penting lainnya.

BACA JUGA
Gampang Banget! Ini Cara Download Video TikTok di Android dan IPhone

Jadi jika HP kamu kena hack, tentu bisa menjadi mimpi buruk. Parahnya, ada beberapa orang yang tidak sadar jika smartphone mereka sudah diretas oleh para pelaku kejahatan siber.

Beruntung, ada beberapa tanda yang dapat mengidentifikasi apakah ponsel benar-benar telah disusupi. Inilah cara mengetahui apakah smartphone kamu kena hack atau peretasan atau tidak.

BACA JUGA
Cara Buka Kunci iPhone saat Gunakan Masker, Gak Perlu Pakai Apple Watch

Tanda HP Diretas, Kenali Ciri-Cirinya

Smartphone dapat mengalami masalah teknis sepanjang waktu, tapi semua jenis perilaku aneh harus ditanggapi dengan serius. Berikut adalah tanda peringatan paling umum yang menunjukkan bahwa ponsel Anda mungkin telah diretas.

1. HP Berjalan Lebih Lambat
Apakah ponsel kamu memuat halaman dengan sangat lambat dan sering mogok? Atau butuh waktu yang cukup lama untuk mengirim pesan teks, melakukan panggilan, dan mengakses web?

Ponsel lamban yang tidak biasa dapat mengindikasikan pelanggaran, terutama jika kamu memiliki memori yang cukup dan semua pembaruan perangkat lunak terbaru telah tersedia.

Ini juga bisa menjadi serangan malware—karena malware bekerja di belakang layar, menguras sumber daya pemrosesan ponsel Anda—yang dapat menghasilkan kinerja yang lamban. Coba matikan ponsel kamu dan lihat apa yang terjadi. Ponsel yang diretas sering kali tidak dapat dimatikan dengan mudah atau tidak dimatikan sama sekali.

2. Muncul Popup Aneh
Menerima beberapa pop-up di sana-sini tidak berarti ponsel kamu diretas. Tetapi, jika kamu menerima peringatan pop-up yang konstan, itu bisa berarti ponsel kamu terinfeksi adware.

Adware adalah jenis malware yang memaksa perangkat untuk melihat halaman tertentu, sehingga penjahat dunia maya dapat mengumpulkan pendapatan melalui klik. Ini juga bisa menjadi upaya phishing, di mana pengguna didorong untuk mengetikkan informasi sensitif dengan mengklik pop-up.

3. Ada Penurunan yang Terlihat dalam Masa Pakai Baterai
Masa pakai baterai ponsel dapat berkurang seiring waktu, tetapi jika kamu melihat baterai habis secara tiba-tiba tanpa perubahan dalam penggunaan ponsel, hal itu dapat menunjukkan bahwa baterai telah disusupi.

4. Aplikasi Hancur Secara Acak
Itu normal untuk aplikasi crash sekali tetapi jika Anda melihat beberapa aplikasi mogok dalam rentang waktu yang relatif singkat, maka jangan mengabaikan kemungkinan kompromi. Kemungkinan besar, ini adalah tanda ada perangkat lunak atau kode berbahaya di ponsel kamu yang mencegah aplikasi dimuat.

5. Ada Melihat Panggilan atau SMS Keluar Tidak Dikenal
Jika kamu tiba-tiba melihat daftar panggilan atau pesan teks yang dikirim ke nomor yang tidak dikenal, kemungkinan besar ponsel cerdas kamu telah diretas. Penjahat dunia maya menghasilkan uang dengan memaksa malware masuk ke ponsel kamu yang kemudian melakukan panggilan ke nomor premium atau meneruskan informasi pribadi.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi