News Gadget

TCL Rilis Purwarupa Smartphone Lipat, Layar Anti Kerut

Techdaily.id – Bertahun belakangan banyak mata menyoroti perkembangan dunia smartphone, tak heran jika pergerakan produsen cukup mudah ditebak. TCL, produsen elektronik yang biasa bergerak di-home appliances tetiba menampilkan dua konsep smartphone terbarunya dan keduanya menggunakan layar tampil fleksibel.

Desain layar yang kian popular ini diterapkan pada dua smartphone TCL yang berbeda, sebuah bisa dilipat menjadi tiga bagian, sebuah lagi bisa tergulung di dalam body. Panel layar untuk dua smartphone ini dikembangkan secara in-house oleh divisi layarnya, TCL-CSOT.

BACA JUGA
Unik! TCL Pamer Smartphone Lipat Zigzag

Teknologi AMOLED fleksibel ini memungkinkan sebuah tablet berukuran 10” terlipat jadi 6.65” dengan rasio 20.8:9 dan resolusi 3K. Produsen asal Tiongkok ini berhasil menelurkan dua jenis engsel yaitu DragonHinge dan ButterflyHinge yang mampu terlipat ke dalam seperti Galaxy Fold dan terlipat keluar seperti Mate X, hasilnya? Smartphone lipat tiga.

Jika smartphone konsep pertama model lipat tiga, konsep kedua membawa desain lebih berani. Smartphone ini dapat dilebarkan ke samping dan layar akan terjulur ke luar dari bawah body. Dengan metode ini layar AMOLED smartphone 6,75”ini mampu dilebarkan jadi ukuran 7,8” hanya dengan menekan sebuah tombol yang artinya konsepnya menggunakan motor untuk bekerja.

Saat bentuk layarnya berubah, secara otomatis pengalaman antarmukanya akan beradaptasi mengikuti ukuran layar yang membesar. Di sini, fitur seperti split-screen dan multitasksing akan lebih dimaksimalkan. TCL meyakini dengan teknologi layar fleksibel yang berbeda dan lebih baik, pihaknya menjamin jika tidak akan ada kerutan atau ‘lecek’ pada layar yang terjadi pada smartphone lipat saat ini.

Walau sudah dalam bentuk produk purwarupa, sayangnya TCL belum dapat membocorkan harga dan ketersediaan dari smartphone uniknya ini. Mari kita tunggu saja. (NYT)

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close