Saturday, September 18, 2021
BerandaEnterpriseSolutionsPerbarui Layanan B2B, Telkomsel IoT Envion Resmi Diluncurkan

Perbarui Layanan B2B, Telkomsel IoT Envion Resmi Diluncurkan

Techdaiy.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan terbaru mereka yakni Telkomsel IoT Envion yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih komperhensif untuk segmen B2B. Seperti diketahui, tren transformasi digital telah banyak diadaptasi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. di mana langkah ini dihadirkan agar perusahaan semakin berdaya saing di industri 4.0.

BACA JUGA
Gabung Asana, PoinStar Perkuat Portofolio Asana Global Channel Network

Kondisi ini pun dijadikan sebagai peluang bisnis oleh Telkomsel. Telkomsel meluncurkan layanan berbasis teknologi Internet of Things (IoT) melalui IoT Envion. Solusi ini mampu menghadirkan data monitoring konsumsi energi secara real time. IoT Envion sendiri membidik segmen konsumen korporasi, baik dari industri telekomunikasi, finansial, hingga manufaktur.

“Saat ini IoT Envion telah digunakan oleh Telkom Infra untuk mendukung operasional perusahaan. Kami berharap akan lebih banyak lagi yang mengadopsi teknologi dan implenetasi serupa. Telkomsel tentunya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam pada konferensi virtual (12/8).

Sebagai portofolio bisnis dari Telkomsel, IoT Envion melengkapi lini bisnis IoT Telkomsel. Layanan ini masuk ke segmen industrial dengan membawa enam fitur, mulai dari fungsi monitoring secara real time, fungsi monitoring aset manajemen secara akurat, mengoptimasi konsumsi energi dan penggunaannya di setiap area perusahaan, monitoring dashboard, sistem peringatan jika ada gangguan atau operasional yang tidak wajar, dan fungsi analisis konsumsi energi berteknologi artificial intelligence.

“Telkomsel IoT Envion ini dasarnya adalah dari internal pain point yang kemudian kami kembangkan dan ini menjadi solusi yang bisa bermanfaat ke berbagai industri. Solusi ini merupakan End to End IoT Solution berbasis AI di mana kita bisa memberikan realtime monitoring, energy usage, profiling, alerting dan failure mitigacy System,” ujar Alfian Manullang, VP Telkomsel IoT.

Manfaat dari solusi ini juga telah dirasakan oleh Telkomsel Infra. Sekadar informasi, Telkom Infra menggunakan solusi ini untuk kebutuhan dukungan Data Center perusahaan. Dalam pemanfaatan solusi Telkomsel IoT Envion untuk operasional Telkom Infra , Telkomsel menghadirkan Battery Monitoring System (BMS) untuk mendukung kebutuhan Data Center perusahaan yang keberlangsungannya sangat bergantung pada ketersediaan dan stabilitas energi listrik.

BMS merupakan sistem yang dapat memperlihatkan kondisi cadangan baterai Data Center Telkom Infra secara real time hingga memberikan laporan secara aktual berdasarkan analisis data secara akurat.

“Pada saat teman-teman Telkomsel memperkenalkan Iot Envion kepada kami, kami harapkan dapat menurunkan biaya-biaya yang harus kami keluarkan untuk operasional dan itu terbukti dengan biaya operasional cukup banyak yang bisa kami reduksi. Dengan menggunakan teknologi ini, data-data yang kita perlukan bisa sangat cepat kami dapatkan. kalau dulu itu kan harus ada orang yang datang ke lapangan untuk menarik data dan mengirimkan ke kita, tapi kalau sekarang anytime kami butuh bisa langsung kita dapatkan,” ujar President Director Telkom Infra Bastian Sembiring.

BACA JUGA
Cara Menghapus File di Google Drive Secara Permanen

Teknologi IoT Envion juga dapat dimanfaatkan beragam jenis sektor, mulai dari operator telekomunikasi, industrial park dan manufacture, tower provider, bank, finance, retail hingga penyedia data center yang sangat bergantung pada pasokan listrik sehingga berpotensi besar mengalami kerugian apabila terjadi insiden pada suplai energi.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi