Wednesday, December 1, 2021
BerandaFeatureBaru 2 Tahun, Telkomsel Mitra Inovasi Kini Naungi Belasan Startup

Baru 2 Tahun, Telkomsel Mitra Inovasi Kini Naungi Belasan Startup

Techdaily.id – Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang merupakan sebuah anak perusahaan Telkomsel yang bergerak di permodalan ventura ini telah berhasil menaungi belasan startup di Indonesia. Perusahaan yang dihadirkan sejak tahun 2019 ini sendiri menyediakan dana permodalan hingga USD 40 juta yang bertujuan untuk mengakselerasi perkembangan startup di Indonesia.

BACA JUGA
Lima Tips Bekerja dari Rumah Agar Tetap Optimal Bekerja dari Sunfish HR dan GreatDay HR

Hadirnya TMI ini sendiri juga menjadi salah satu inisiasi dari Telkomsel di bidang strategic investments yang bertujuan untuk mengakselerasi perkembangan startup Tanah Air.

Marlin Siahaan, CEO TMI menjelaskan, sejak awal didirikan hingga sekarang mereka telah berhasil menemukan setidaknya sembilan startup yang memiliki sinergi bisnis yang baik dengan Telkomsel.

“Pada Proses perjalanan ini kita sudah mempunyai kurang lebih hampir 15 portofolio di mana 9 portofolio kita, sudah memiliki sinergi bisnis yang cukup dalam denga Telkomsel,” ujarnya pada konfrensi pers secara virtual (22/7).

Dari sederet portofolio tersebut, Marlin menyebut pihaknya kini tengah berfokus pada 5 sektor bisnis yang sejalan dengan Telkomsel sebagai Digital Telco Company. “Dari portofolio yang sudah kita share, kita sangat fokus pada 5 industri, yang pertama commerce & advertising, media & entertainment, connected devices & hardware, data & analytics, dan Infrastrukture & networking. Kedepannya juga ada edutech, healthtech, dan agritech yang akan masuk kedalam 5 industi tersebut”

TMI sendiri berinvestasi pada perusahaan baru yang menjanjikan dan memiliki potensi bekerjasama secara sinergis dalam mengakselerasi pertumbuhan perusahaan tersebut dengan memanfaatkan akses pada ekosistem, aset, dan kompetensi yang dimiliki Telkomsel. Hal ini pula yang menjadi pembeda antara TMI dan pemodal ventura lainnya.

Untuk tahap awal, TMI akan bekerjasama dengan para startup dan menyediakan pendanaan awal mulai dari USD 250 ribu hingga USD 5 juta yang bisa digunakan oleh para startup untuk mulai mengembangkan bisnis mereka dan menghadirkan layanan-layanan baru untuk para pelanggan.

Tren Selama Pandemi

Bagi Telkomsel Mitra Inovasi, pandemi Covid-19 bukanlah menjadi sebuah halangan bagi petumbuhan Startup di Indonesia. Bahkan, mereka masih melihat optimis kalau perkembangan startup maupun para pemodal ventura masih tidak terlalu terdampak.

“Sebenernya investor yang masuk dalam kondisi sat ini pun mash berada dalam kondisi positif. kalau dilihat dari opportunity itu, tingkat keberhasilan startup pada kondisi saat ini juga masih cukup tinggi,” tambah Marlin.

BACA JUGA
Nikmati Promo Cashbac Power Points, Berikan Rewards Hingga Rp 100.000

Ia menambahkan, pihaknya belu mengeami kendala yang berarti sejauh ini. “So far kita belum mengalami kendala, masih aman, karena memang kebetulan startup yang kita invest memang startup yang bisnisnya betumbuh pesat selama kondisi pandemi ini,”

Beberapa startup yang bekerjasama dengan TMI diantaranya Halodoc, Sicepat, Kredivo dan Tanihub.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi