Saturday, October 23, 2021
BerandaGadgetThrowbackThrowback : Perjalanan OPPO Ciptakan Reno 10X Zoom

Throwback : Perjalanan OPPO Ciptakan Reno 10X Zoom

Techdaily.id – OPPO menjadi salah satu brand smartphone pertama yang menghadirkan smartphone dengan kemampuan optical zoom. Ponsel perdana OPPO yang mampu mengakomodir kemampuan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah OPPO Reno 10X Zoom.

BACA JUGA
Berkenalan dengan RunIQ, Smartwatch Perdana New Balance

OPPO Reno 10X Zoom sendiri merupakan sebuah smartphone premium dari OPPO yang mengedepankan teknologi kamera sebagai salah satu Key Selling Point nya. Smartphone ini sendiri seolah menjadi gerbang pemuka bagi OPPO dalam menghadirkan smartphone yang mendukung aktivitas Mobile Photography. 

Nah, pada artikel kali ini tim techdaily sengaja mengajak kamu untuk menjelajah waktu dengan mengenang proses kemunculan dari OPPO Reno 10X Zoom yang menjadi ponsel pertama OPPO dengan fitur optical zoom. 

Upaya OPPO Hasilkan Kamera Optical Zoom

Jika ditarik kebelakang, smartphone yang memiliki lensa telephoto hanya mampu menghasilkan optical zoom sebanyak 2x saja, sebelum akhirnya OPPO menggebrak dengan melalui teknologi kamera 5X optical zoom pada ajang Mobile World Congress (MWC).

Seperti diketahui, OPPO memamerkan teknologi kamera bernama 5X dual-camera zoom atau 5X lossless zoom. Teknologi ini menggabungkan lensa wide-angle dan lensa telefoto untuk bisa menghasilkan 5x lossless zoom yang gak ‘kaleng-kaleng’, punya kualitas gambar jernih dan minim noise. 

Untuk menghasilkan teknologi tersebut, OPPO telah mengajukan 50 paten dan mengembangkannya selama kurang lebih satu tahun penuh dengan melibatkan 106 engineer. 

10X Hybrid Zoom OPPO Taklukan Panggung MWC 2019

OPPO Reno 10X Zoom

Setelah menghasilkan teknologi kamera 5X lossless zoom, OPPO tidak langsung terburu-buru untuk mengaplikasikannya ke perangkat smartphone mereka. Perusahaan yang haus akan inovasi tersebut kembali mengoptimalkan kemampuan kamera mereka dengan memperkenalkan teknologi 10x hybrid zoom pada ajang MWC 2019.

Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya yakni 5X Lossless zoom. Pihak OPPO mengungkapkan bahwa teknologi ini bisa terjadi dengan memanfaatkan 3 kamera yakni konfigurasi lensa kamera utama, lensa kamera telephoto, dan lensa kamera ultra-wide.

Ketiga kamera ini memungkinkan untuk menjangkau focal-length dari 16mm hingga 160mm sehingga mampu menghasilkan foto jarak jauh hingga 10x hybrid zoom dengan kualitas yang bagus dan jernih.

Sontak, teknologi ini langsung menghasilkan decak kagum para peserta konferensi tersebut dan OPPO berhasil menaklukan panggung MWC dengan sederet penghargaan yang berhasil mereka bawa pulang.

BACA JUGA
Ini Alasan OPPO Pilih Yoshi Sudarso & Cinta Laura Sebagai Persona Produk OPPO Reno 3

Kelahiran OPPO Reno 10X Zoom

OPPO Reno 10X Zoom

Kesuksesan pada ajang MWC 2019 lalu menjadikan OPPO ‘pede’untuk menerapkan teknologi tersebut pada smartphone mereka yang sekaligus menandai lahirnya OPPO Reno 10X Zoom yang kita kenal sekarang. Smartphone premium tersebut pertama kali diluncurkan untuk pasar China dengan memiliki harga SERP yang mencapai 5000 yuan atau setara dengan Rp. 10 juta pada saat itu. 

Tidak butuh waktu lama untuk seri Reno 10X Zoom menyebrang ke Tanah Air. Ponsel ini akhirnya hadir dan menyapa para O-Fans pada tanggal 17 Juni 2019 dengan memiliki harga perkenalan sekitar Rp. 12,9 juta. 

Bagi kaum ‘mendang-mending’, harga tersebut dirasa cukup mahal, namun jika kamu melihat teknologi yang dibawanya, tentu saja harga tersebut sangat sebanding, apalagi kemampuan 10X hybrid zoom dari perangkat ini benar-benar mengawali era baru para pecinta Mobile Photography. 

Kamera belakang OPPO Reno 10X Zoom terdiri dari tiga buah lensa yang masing-masing berukuran 48 MP (apertur f/1.7, focal-length 26mm), lensa ultra-wide 8 MP (apertur f/2.2, focal-length 16mm), dan lensa telephoto 13 MP (apertur f/3.0, focal-length 160mm).

Baik kamera telephoto dan kamera utama belakang OPPO Reno 10x Zoom telah dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilization) yang mampu menstabilkan foto agar tidak goyang ketika melakukan 10x hybrid zoom. Sementara itu kamera telephoto-nya mampu melakukan 5x optical zoom berkat hadirnya modul prisma di dalamnya dengan sistem Periskop.

Hingga kini, peminat dari ponsel ini masih sangat tinggi meski perangkat ini sudah tidak diproduksi lagi oleh pihak OPPO Indonesia. Hal senada juga terdapat di berbagai official store mereka di situs online yang kesemuanya memberikan keterangan “Maaf, Produk tidak tersedia” .

Well, jika kamu sedang mencari perangkat ini dan menemukannya di toko online atau offline, tulis di kolom komentar ya, karena kami juga mau beli..

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi