Sunday, November 28, 2021
BerandaEnterpriseTelcoTiga Cara Tri Pastikan Jaringan Aman Selama Ramadhan & Lebaran

Tiga Cara Tri Pastikan Jaringan Aman Selama Ramadhan & Lebaran

TechDaily.id – Setiap operator seluler tentu berbenah guna menyambut bulan suci Ramadhan tak terkecuali Hutchison Tri Indonesia. Operator yang memiliki headquarter di Hongkong ini mengklaim memiliki strategi jitu guna mendukung bulan suci Ramadhan tahun ini.

Gustiansyah Wilson, VP of Network Strategic Planning & Consumer Experience Management mengungkapkan bahwa mereka telah melakukan strategi jitu untuk mempersiapkan mudik lebaran tahun ini.

“Kita sudah mengcover 10 ribu pedesaan dan 300 wilayah dengan jaringan 4.5G. Kita melakukan ekspansi dengan jumlah perluasan 8000 sites untuk 4G dan 4.5G di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi,” ujarnya saat jumpa Media (07/5).

Strategi pertama tentu perluasan cakupan jaringan mereka melalui coverage 10 ribu pedesaan dan 300 wilayah tadi melalui jaringan 4.5G.

Tri juga telah mempersiapkan perluasan kapasitas dan cakupan jaringan sejak awal tahun dengan membangun 8.000 sites 4G di tahun 2019. Lebih dari 50% dari total sites tersebut telah dibangun di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Tambahan sites ini diperkirakan mampu menampung lonjakan trafik hingga 140%.

Strategi kedua mereka adalah dengan melakukan optimalisasi jaringan. Dengan upaya optimalisasi ini, maka pengalaman berinternet pelanggan Tri akan semakin baik khususnya di  kota-kota yang menjadi tujuan mudik, lokasi wisata dan titik layanan umum seperti pelabuhan laut dan udara, stasiun kereta api serta terminal bis.

“Kita juga melakukan optimalisasi jaringan di area2 yg dilewatkan oleh masyarakat Indonesia saat pulang kampung, ada 37 mobile BTS dari Bakauheni sampai Sidoarjo dan saat ini sudah 50 persen yang terdeploy,” tambah Gustiansyah.

Strategi ketiga yang dimiliki oleh operator asal Hongkong ini adalah dengan melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunitas data Tri tidak terpusat.

“Dengan diberlakukannya sistem ini memudahkan bagi kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet 3, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. Sehingga  pelanggan 3 dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi instant messaging dengan lebih cepat, “ papar Desmond Cheung, Chief Technology Officer 3 Indonesia.

 

BACA JUGA
Kolaborasi Dengan Pertamina, Telkomsel Hadirkan Fleet Sight
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi