Wednesday, September 22, 2021
BerandaReviewAplikasiTim Berners Lee, Bikin Internet Lebih Hidup

Tim Berners Lee, Bikin Internet Lebih Hidup

TechDaily.id – Tim Berners Lee tentu berkaitan erat dengan internet. Hadirnya Internet di bumi sejatinya tidak lepas dari peran Tim Berners Lee, si pengembang ARPANET yang merupakan cikal bakal internet

 
Sedikit bercerita tentang ARPANET, atau kependekan dari Advance Research Projects Agency Network yang merupakan awal bagaimana INTERNET bisa hadir hingga saat ini.
ARPANET digunakan dalam perang dingin antara Ameriksa Serikat dan Uni Soviet. Amerika bermaksud mengembangkan ARPANET agar dapat menahan serangan nuklir dengan cara mendistribusikan sistem informasi antara komputer yang satu dan komputer lainnya secara geografis. ARPANET sendiri menciptakan TCP / IP komunikasi standar yang mendefinisikan data transfer.
Saking hebatnya ARPANET kala itu, tidak sedikit pihak yang mengklaim bahwa merekalah penemunya bahkan ada pula yang merebut konsep dari ARPANET ini. Namun Amerika Seikat akhirnya memilih Tim Berners Lee dan rekannya untuk mengembangkan ARPANET.
Pada tahun 1990 Tim Berners Lee dan rekannya asal Swiss akhirnya benar-benar menjadi penemu sesuatu. Ia berhasil menemukan WWW (World Wide Web), html dengan sempurna, http dan url. Ia dibantu oleh rekan2 timnya dari Jenewa, Swiss.
Meski bukan menjadi penemu internet, namun Berners Lee mampu menjadikan internet dapat diakses oleh semua orang, karena kala itu internet hanya bisa digunakan oleh segelintir orang saja. 
 
Sebelum menemukan WWW, terlebih dahulu Berners Lee dan rekannya membuat HyperText Transfer Protocol (HTTP). Bahasa program tersebut mengatur bagaimana sebuah data didistribusikan ke banyak komputer. Kemudian Berners Lee pun menghadirkan Hyper Text Markup Languange (HTML) sebagai pondasi sebuah laman website.

“Saya hanya mencoba mengambil gagasan Hypertext dan menghubungkannya dengan Transmission Control Protoco lalu dengan ide-ide sistem domain, dan akhirnya, ta-da! Terciptalah World Wide Web,” ujar Berners Lee saat diwawancari situs Achievment.org.

BACA JUGA
3 Aplikasi Ini Bantu Temukan Tempat Bukber yang Pas
BACA JUGA
Ssst, Kominfo Cari Dirjen SDPPI Baru

Tidak hanya cerdas dan Visioner, Berners Lee juga dikenal sebagai orang yang tidak mata duitan. Hal tersebut dapat dilihat dengan tidak mendaftarkan hak paten untuk WWW. Padahal, jika dipatenkan sudah pasti Berners Lee mendapat keuntungan yang sangat besar.
Berners Lee pun tidak hidup mewah. Hal ini sangat berbeda dengan kebanyakan pengusaha atau penemu di bidang teknologi lainnya yang kini hidup bergelimang harta berkat karyanya seperti Mark Zuckerberg, Larry Page dan lainnya.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
BACA JUGA
Resmi Diluncurkan, Intip 4 Fitur Unggulan Instax Mini LiPlay

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi