Tuesday, May 17, 2022
BerandaTips Amankan Data di HP Android

Tips Amankan Data di HP Android

TechDaily.id – Sudah tahukah Anda tips amankan data di HP Android? Bagi para pengguna smartphone Android perlu mengetahui metode ini agar data yang ada di ponsel pintar mereka tetap aman.

BACA JUGA
Cara Atur Ulang Sandi di HP OPPO, Bisa Gunakan Sidik Jari

Mengamankan perangkat seluler Anda adalah tempat yang baik untuk memulai saat membangun lini pertahanan siber. Namun, mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana untuk melakukannya.

Setidaknya ada beberap langkah yang bisa Anda lakukan agar bisa mengamankan data di HP Android. Berikut ini langkah-langkah agar bisa mengamankan data di dalam smartphone Android.

BACA JUGA
Harga Mulai Rp 12 Ribu, Perangkat realme di 'Obral' di 12.12 realme Carnival

Tips Amankan Data di HP Android

Pastikan Menggunakan OS Terbaru
Memperbarui sistem operasi kamu dapat menambal kerentanan keamanan yang diketahui dan memperbaiki bug. Tidak memperbarui ke versi terbaru membuat kamu dan perangkat terbuka terhadap kelemahan yang dapat mengekspos data pribadi ke pelaku jahat.

Beberapa orang mungkin menunda memperbarui OS mereka sehingga mereka tidak harus berurusan dengan bug awal dalam sistem, tetapi menunggu terlalu lama dapat membahayakan sistem Anda. Inilah yang perlu diketahui tentang OS Android terbaru, Android 12.

Aktifkan otentikasi dua faktor
Otentikasi dua faktor, atau 2FA, menambahkan lapisan keamanan kedua ke akun Android kamu jika kata sandi dicuri. Dengan 2FA, setelah kamu memasukkan kata sandi, pesan kedua dikirim ke perangkat lain yang meminta untuk memverifikasi kamu mencoba masuk. Ini menambahkan sedikit lebih banyak waktu untuk proses login kamu, tetapi lapisan keamanan ekstra sangat berharga.

Gunakan pengelola kata sandi
Jika kamu mengalami masalah dalam menghafal banyak kata sandi untuk setiap akun, pengelola kata sandi dapat membantu. Utilitas ini dapat bekerja bahu-membahu dengan 2FA dan dapat dengan aman menyimpan kata sandi dan secara otomatis mengisi halaman login.

Mereka juga dapat melindungi kamu dari penipuan phishing yang mengarahkan kamu untuk memasukkan kata sandi ke situs web palsu, sebagaimana dikutip dari Cnet.

Enkripsi Android Anda
Mulai tahun 2015, Google mewajibkan produsen untuk membuat perangkat Android yang dapat dienkripsi di luar kotak. Setelah perangkat kamu dienkripsi, semua data yang tersimpan di perangkat terkunci di balik kode PIN, sidik jari, pola, atau kata sandi yang diketahui oleh pemiliknya. Tanpa kunci itu, bahkan Google tidak dapat membuka kunci perangkat kamu.

Hapus data Anda dari Google
Android adalah produk Google, jadi data perangkat yang tidak terenkripsi dapat disimpan di server Google. Kamu dapat memeriksa dengan Google untuk melihat data apa yang dimiliki, dan kamu dapat meminta Google untuk menghapus data tersebut.

Prosesnya bisa memakan waktu, tapi itu sepadan dengan usaha — data kamu tidak dapat dicuri jika tak ada di sistem sejak awal.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi