Saturday, May 21, 2022
BerandaGadgetTips Beli iPhone Bekas Secara Online, Jangan Sampai Ketipu!

Tips Beli iPhone Bekas Secara Online, Jangan Sampai Ketipu!

TechDaily.id – Kamu tertarik untuk membeli iPhone bekas? Sebelum membeli iPhone bekas, kamu perlu mengetahui beberapa hal penting agar tidak tertipu penjual. Berikut ini tips beli iPhone bekas.

BACA JUGA
5 Fitur Utama yang Bisa Kamu Dapatkan dari Smartphone realme 6

Apple menawarkan iPhone dengan harga yang jauh lebih mahal dibanding kebanyakan smartphone Android. Maka wajar saja sejumlah orang memilih membeli iPhone bekas.

Dalam membeli barang elektronik bekas, apalagi pembelian online, pembeli tidak semudah membaca deskripsi penjual. Karena, kamu perlu memeriksa lebih dari sekadar rincian deskripsi dan harus memeriksa beberapa poin penting.

BACA JUGA
Lakukan Hal Berikut Agar Charger Ponsel Tetap Awet

Jadi, sebelum membeli iPhone bekas, kamu perlu memastikan beberapa point penting berikut ini. Jadi, kamu tidak akan mendapatkan barang yang masih dalam kondisi baik.

Tips Beli iPhone Bekas Secara Online

1. Bukti Pembelian
Minta penjual untuk memberikan soft copy atau hard copy dari kuitansi asli. Tanda terima akan dapat memberitahu Anda dua hal penting yakni kepemilikan sebelumnya dan status garansi.

Setelah memiliki tanda terima iPhone, periksa apakah nama atau ID penjual cocok dengan penerima dan tanggal pembelian.

2. Nomor IMEI
Untuk memeriksa apakah spesifikasi perangkat sesuai dengan tanda terima resmi, minta penjual untuk membuka Pengaturan > Umum > Tentang untuk menemukan nomor IMEI (Identitas Peralatan Seluler Internasional). Atau, minta mereka untuk menekan *#06# dan mendapatkan nomor IMEI unik dengan cara itu.

3. Periksa Keaslian
Saat memeriksa keaslian, tanyakan kepada penjual apakah ada perbaikan sebelumnya pada perangkat dan apakah perbaikan tersebut diselesaikan oleh penyedia layanan resmi Apple atau tidak. Perbaikan di pusat yang tidak sah dapat berarti bagian-bagian perangkat mungkin tidak lagi asli.

4. Tes Sentuh
Selanjutnya, tentukan apakah tombol fisik dan layar berfungsi. Pada video langsung, minta penjual untuk menekan setiap tombol fisik sambil memerhatikan respons iPhone. Kemudian minta penjual untuk mendemonstrasikan gerakan tangan iPhone dasar seperti menggesek, memperbesar, dan mengetuk.

Banyak iPhone lama cenderung memiliki masalah dengan tombol Home atau Touch ID. Jangan lupa untuk meminta penjual untuk mendemonstrasikan fungsi-fungsi ini sambil memperhatikan daya tanggap perangkat.

5. Uji Kamera, Mikrofon, dan Speaker
Kamera atau speaker yang rusak adalah beberapa indikator paling umum dari iPhone yang rusak karena air. Untuk memeriksa kesehatan speaker, minta penjual online untuk menyetel iPhone pada volume maksimal.

Kemudian kirim panggilan keluar cepat atau teks untuk mendengar apakah suaranya bebas dari statis. Kamu juga dapat meminta penjual untuk menyalakan iPhone untuk mendengar apakah fungsi getar berfungsi.

Saat mereka dalam tampilan, minta penjual untuk mengambil foto diri mereka sendiri dengan perangkat dan menunjukkan foto setelahnya. Periksa apakah gambar terlihat jelas untuk memastikan kamera iPhone masih berfungsi.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi