Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetTipsTips dan Trik Praktis Mereset Smartphone OPPO

Tips dan Trik Praktis Mereset Smartphone OPPO

Techdaily.id Ketika mengalami gangguan, reset menjadi pilihan banyak pengguna smartphone. Reset smartphone memang berguna untuk memulihkan kinerja ponsel yang mulai melambat dan membersihkan bugs yang memperberat kerja perangkat. Asalkan gangguan yang dialami bersumber dari software, reset merupakan solusi yang tepat dan cepat. Namun, reset tidak mempan apabila hardware yang menjadi sumber masalahnya. Ada dua metode yang dapat digunakan pengguna OPPO untuk melakukan reset. Berikut ini adalah tips dan trik praktis mereset smartphone OPPO.

BACA JUGA
Siapa Bilang Jelek, Yuk Intip Kelebihan Helio P90 yang Jadi Chipset nya OPPO Reno 3

Trik Praktis Mereset Smartphone OPPO

1. Factory Reset

Factory Reset merupakan metode yang mudah digunakan. Pengguna hanya perlu untuk membuka menu setelan pada ponselnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa pengguna sebaiknya membuat cadangan untuk semua file di penyimpanan internal dan eksternal. Setelah membuat cadangan data, pengguna hanya perlu melakukan langkah berikut:

    • Buka menu Setelan atau Setting
    • Pilih opsi Cadangkan dan Reset atau Backup and Reset
    • Pilih opsi  Reset Data Pabrik atau Factory Data Reset
    • Centang kotak dialog Erase Phone Storage. Perlu diperhatikan bahwa ini berarti pengguna setuju untuk menghapus semua data di ponsel, seperti lagu, foto, video, dan dokumen. Jadi, abaikan dan jangan dicentang apabila pengguna tidak ingin menghapusnya.
    • Pilih Reset phone  dan tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai

2. Hard Reset melalui Android Recovery

Metode kedua yang dapat digunakan adalah hard reset melalui Android Recovery. Android Recovery merupakan sebuah opsi perbaikan yang ditambahkan pada setiap perangkat android untuk melakukan perbaikan dari dalam sistem ketika terjadi kerusakan, misalnya boot, pengaturan tidak bisa dibuka, flash pada Android, dan lain-lain. Untuk melakukan hard reset melalui Android Recovery, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

    • Matikan smartphone OPPO
    • Tekan tombol power dan tombol volume bawah dan tahan selama beberapa waktu
    • Pilih menu Recovery
    • Pilih bahasa pengantar (pilih bahasa Inggris agar mudah dipahami) dengan menggunakan tombol volume untuk menavigasi pilihan dan tombol power untuk mengeksekusi pilihan. Sedangkan untuk ponsel OPPO terbaru, gunakan layar sentuh untuk navigasi.
    • Pilih opsi Wipe Data and Cache
    • Pilih Yes
    • Pilih opsi Reboot
    • Tunggu beberapa saat sampai proses selesai dan ponsel pun akan secara otomatis melakukan restart

BACA JUGA
Harga Samsung Galaxy A51 Terbaru (Desember 2020)

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan reset. Apabila menemukan masalah yang berat, pengguna dapat menemui teknisi smartphone atau pusat servis resmi OPPO supaya bisa ditangani secara profesional.

Itulah tips dan trik praktis mereset smartphone OPPO. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. (ira)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi