Monday, October 25, 2021
BerandaGadgetTipsTips Jadi Fotografer Pemula Menggunakan Kamera HP Versi Meyani Kristina

Tips Jadi Fotografer Pemula Menggunakan Kamera HP Versi Meyani Kristina

Techdaily.id – Jika kamu ingin belajar menghasilkan foto yang bagus menggunakan kamera HP, sepertinya kamu butuh tips jadi fotografer pemula menggunakan kamera HP. 

BACA JUGA
Pengalaman Menggunakan Kamera OPPO A16 Untuk Foto Produk

Pasalnya, saat ini kamera smartphone sudah mampu menghasilkan foto-foto yang berkualitas dan sudah cukup untuk dijadikan foto produk di sosial media. 

Hal ini sejatinya diamini oleh Meyani Kristina Ningrum, seorang pengajar workshop Offline untuk Food & Product Photography UMKM. Ia bahkan memberikan beberapa tips jadi fotografer pemula menggunakan kamera HP. 

“Untuk itu, dibutuhkan beberapa trik dan penyesuaian. Karena saya khususnya di foto, jadi saya ingin mendapatkan hasil yang maksimal dulu nih. Semisal memotretnya di malam hari, kita bisa tambahkan lampu untuk memberikan konsep tematik,” ujar Meyani. 

Tips Jadi Fotografer Pemula Menggunakan Kamera HP

BACA JUGA
OPPO K9s Meluncur di China, Ini Spesifikasinya !

Meyani yang seorang pengajar juga memberikan beberapa tips untuk memaksimalkan kamera smartphone untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus. 

Memahami Smartphone yang Digunakan

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memahami smartphone yang digunakan oleh pengguna. 

Pasalnya, pada setiap smartphone tentu saja memiliki berbagai fitur kamera unggulan yang akan membantu pengguna nya untuk menghasilkan foto yang bagus. 

“Tentu aja kita harus memahami smartphone yang kita gunakan. Kita harus mengenali menu kameranya nya apa aja dan kemampuannya gimana.”

Amati, Tiru, Modifikasi

kamera OPPO A16

Kamu juga disarankan untuk menambah referensi tentang foto yang bagus dengan sering-sering mengamati sebuah foto. Setelah itu, kamu bisa meniru angle foto yang bagus dan memodifikasinya sesuai dengan objek yang akan kamu foto. 

“Amati, Tiru, Modofikasi foto yang ada, diulang-ulang dengan mengganti objek foto atau produk. Dengan mencontoh, lama-lama kita akan terbiasa memotret produk tersebut. Semisal mau foto pizza, ternyata lebih enak menggunakan high angle,” tambahnya. 

Yang Terpenting, Cahaya!

Tips Jadi Fotografer Pemula

Tips terakhir dari Meyani adalah dengan senantiasa memperhatikan cahaya ketika akan memotret. Seperti diketahui, cahaya merupakan unsur penting dalam ilmu fotografi. 

Kamu bisa menggunakan dua jenis cahaya yakni cahaya natural yang berasal dari Matahari dan cahaya artifisial yang berasal dari lampu. 

Ketika hendak memotret objek, tentu perlu diperhatikan arah datangnya cahaya, tingkat pencahayaan atau yang biasa disebut Lux, serta warna cahaya yang biasanya diatur dalam °Kelvin. 

“Kita membutuhkan cahaya di jam-jam tertentu. Disaat matahari tidak terlalu keras. Kalau kita motretnya malam, kita harus menggunakan lampu tambahan yang diletakan di bagian sisi produk.”

BACA JUGA
Jajal Fitur Omoji di OPPO Reno6, Keren Boskuh!

Meyani sendiri seringkali menggunakan kamera smartphone OPPO A16 untuk memotret foto produk yang ada pada katalog nya. Ia berujar, bahwa smartphone ini sudah cukup mengakomodir kebutuhan fotografi produk. 

“OPPO A16 cukup banget nih, hasilnya juga bagus dan detailnya kelihatan. Saya menggunakan cahaya natural tanpa adanya alat bantuan apapun.”

Buat kamu yang belum tahu, OPPO A16 hadir dengan tiga kamera belakang yakni 13MP, 2MP dan 2MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8MP. 

Terdapat beberapa fitur fotografi menarik yang bisa dicoba seperti fitur zoom hingga 5X, berbagai pilihan filter,mode makro hingga fitur AI yang bisa membantu kamu menghasilkan foto yang mumpuni.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi