GadgetTips

Tips Memilih Prosesor HP Android Sesuai Kebutuhan

Techdaily.id – Jika ingin membeli suatu smartphone, tentu prosesor menjadi salah satu pertimbangan utama. Untuk prosesor yang digunakan di HP Android terdiri dari dual-core, quad-core dan octa-core. Nah bagaimana tips memilih prosesor HP Android yang sesuai dengan kebutuhan kita?

BACA JUGA
Bantu Orang tua Murid, Samsung Hadirkan Solusi Untuk PJJ

Sebelum memilih smartphone dengan prosesor paling tinggi, pahami dulu istilah-istilah pada smartphone karena kebanyakan orang menganggap bahwa smartphone dengan prosesor tertinggilah yang paling bagus kinerjanya. Namun jangan salah karena pada kenyataannnya angka paling tinggi dalam fitur prosesor HP belum tentu selalu lebih baik.

Maka sebelumnya pahami dulu istilah berikut ini:

1.Apa itu prosesor HP?

Prosesor adalah perangkat yang bertugas melakukan hal apapun dalam menjalankan sebuah perangkat smartphone. Dengan kata lain, prosesor adalah otak dari sebuah smartphone. Jadi ketika ingin melakuan panggilan, mengirim pesan, mendengar musik bahkan mengarahkan rute perjalanan dengan GPS adalah tugas dari prosesor pada smartphone.

2.Mengenal core pada prosesor HP

Nah apa yang dimaksud dengan core pada prosesor HP? Core adalah perangkat yang bertugas dalam membaca instruksi dari user sekaligus menjalankan perintah tersebut. Nah tingkatan prosesor HP ini beragam. Awalnya smartphone hanya memiliki single core. Namun seiring berjalannya waktu, kini smartphone memiliki berbagai core seperti dual-core, quad-core dan octa-core. Dual core artinya 2, quad-core 4 dan octa-core 8 yang artinya semakin tinggi jumlah core pada prosesor HP maka smartphone kamu memiliki kemampuan untuk menjalankan beberapa aplikasi secara sekaligus dengan lebih baik (multitasking).

Nah apakah semakin banyak core dalam prosesor HP, maka akan menjadi lebih baik? Seringkali hal ini menjadi keliru karena pada faktanya prosesor octa-core pun sangat jarang bisa menggunakan kedelapan corenya secara bersamaan.

Namun biasanya semakin banyak jumlah core yang dimiliki prosesor HP, maka semakin banyak aktivitas secara bersamaan yang bisa dilakukan menggunakan HP tersebut. Misalnya saja bermain video game dengan kualitas yang lebih mumpuni, memainkan video dengan resolusi tinggi dan melakukan video call dengan gambar yang lebih jernih. Dengan jumlah core yang semakin banyak, maka aktivitas semacam ini bisa dipusatkan di core tertentu sehingga tidak akan memberatkan kinerja HP. Oleh karena itu pemakaian baterai pun semakin efektif dan hemat.

BACA JUGA
Penghujung 2019, Adobe ‘Bungkus’ Oculus Medium

Nah tips untuk memilih prosesor HP Android yang sesuai dengan kebutuhan adalah bergantung pada bagaimana cara kamu menggunakan HP itu nantinya. Jika HP ini hanya digunakan untuk aktivitas seperti mengirim chat, mendengarkan musik atau browsing maka prosesor dual-core juga sudah cukup. Namun yang perlu diketahui adalah jumlah core tidak berkaitan dengan kecepatan, tapi berkaitan dengan efisiensi. Core yang lebih banyak akan menggunakan daya baterai yang lebih banyak. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close