Thursday, July 18, 2024
BerandaTechTips Mendapatkan Centang Hijau untuk WA Bisnis, Mudah!

Tips Mendapatkan Centang Hijau untuk WA Bisnis, Mudah!

WhatsApp, yang sering disingkat WA, adalah salah satu platform media sosial berbasis teks paling populer yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Saat ini, WhatsApp juga banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, banyak pelaku bisnis yang berusaha mendapatkan centang hijau di WA.

Centang hijau pada WhatsApp tidak hanya meningkatkan kepercayaan, tetapi juga membantu kamu menghindari berbagai modus penipuan yang marak terjadi. Tapi, bagaimana sebenarnya cara mendapatkan centang hijau pada WA Bisnis? Berikut ulasan lengkapnya!

Apa Itu Centang Hijau WA?

Centang hijau WA atau “Verified Badge” adalah tanda yang diberikan oleh WhatsApp untuk menunjukkan bahwa akun WhatsApp Bisnis tersebut sudah terverifikasi dan terbukti sebagai bisnis resmi.

BACA JUGA
Cara Share Status WhatsApp di Facebook

Tanda ini muncul di samping nama bisnis, sehingga meskipun penerima pesan tidak menyimpan nomor tersebut, centang hijau akan tetap terlihat. Hal ini sangat penting bagi pebisnis untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Namun, perlu diingat, tanda verifikasi ini hanya bisa didapatkan jika kamu menggunakan WhatsApp Business API dan bergabung dengan Mitra Resmi WhatsApp di Indonesia yang akan membantu proses pendaftarannya.

Syarat Mendapatkan Centang Hijau WA

Sebelum mendaftar untuk centang hijau WA, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

Berlangganan BSP WhatsApp

Langkah pertama adalah berlangganan layanan dari BSP (Business Solution Provider) WhatsApp. Terdapat berbagai paket berlangganan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan anggaran bisnismu. Selain centang hijau, kamu juga akan mendapatkan fitur-fitur lain seperti WA Blast, Omnichannel Chat, dan Chatbot.

Bisnis Harus Berbentuk CV/PT atau Yayasan

WhatsApp sangat selektif dalam memberikan fitur ini. Bisnis yang kamu jalankan harus sudah berbentuk CV/PT atau yayasan, yang membuktikan legalitas dan kredibilitas bisnismu. WhatsApp tidak akan memberikan centang hijau untuk bisnis yang terlibat dalam bidang-bidang seperti narkotika, perjudian, alkohol, senjata, dan layanan dewasa.

BACA JUGA
Cara Gunakan WhatsApp di Apple Watch

Memiliki ID Facebook Business Manager

Sebelum WhatsApp memverifikasi akun bisnismu, kamu harus memiliki akun atau ID Facebook Business Manager. Kamu bisa menggunakan akun Facebook pribadi untuk masuk ke laman Facebook Business Manager dan mengisi informasi yang diminta.

Mempunyai Website Resmi untuk Bisnis

Bisnismu harus memiliki website resmi sebagai bukti profesionalisme dan keberadaan nyata di dunia digital. Ini juga membantu meningkatkan kredibilitas di mata WhatsApp.

Bisnis yang Sudah Dikenal Publik

Bisnis yang kamu daftarkan harus sudah dikenal oleh publik. Hal ini bisa ditingkatkan dengan membuat akun media sosial bisnis dan konten yang menarik untuk meningkatkan engagement. Profil bisnis di media terkenal juga membantu meningkatkan trafik ke akun media sosial dan website.

Langkah-langkah Mendapatkan Centang Hijau WA

Berikut adalah lima langkah yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp:

Mendaftarkan Akun WhatsApp ke BSP

Langkah pertama adalah mendaftarkan akun WhatsApp ke layanan BSP yang merupakan pihak resmi yang ditunjuk oleh WhatsApp untuk membantu proses registrasi WhatsApp Business API. Disarankan untuk mendaftar ke BSP terbaik di Indonesia, seperti Verihubs.

Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Setelah itu, lakukan verifikasi akun Facebook Business Manager dengan login menggunakan akun Facebook pribadi dan mengisi semua informasi yang diminta.

BACA JUGA
Akun WhatsApp Kena Spam? Jangan Panik, Ikuti Langkah-Langkah Berikut!

Mendaftarkan Nomor dan Nama Bisnis

Selanjutnya, daftarkan nomor dan nama bisnis yang akan muncul pada akun WhatsApp. Perhatikan bahwa nomor dan nama yang didaftarkan tidak bisa diubah setelah disetujui oleh pihak WhatsApp, jadi pastikan sudah sesuai dengan bisnis yang kamu jalani.

Layanan BSP Mendaftarkan Akun WA Bisnis

Setelah nomor dan nama bisnis ditentukan, layanan BSP akan membantu mendaftarkan nomor dan nama tersebut ke pihak WhatsApp. Selain itu, mereka juga akan menyiapkan sistem dan fitur WhatsApp Business API lainnya, seperti Chatbot, Alokasi Chat per Agent, WA Blast, dan lainnya.

Tunggu Hingga Centang Hijau Muncul

Langkah terakhir adalah menunggu proses verifikasi dari pihak WhatsApp. Jika semua syarat dan ketentuan terpenuhi, kamu akan mendapatkan centang hijau untuk akun WhatsApp Business-mu. Setelah mendapatkan tanda verifikasi, kamu harus membayar biaya langganan sesuai dengan paket yang dipilih.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mendapatkan centang hijau di WhatsApp dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang kamu jalani. Selamat mencoba!

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi