Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetTipsTips Menjaga Performa PC Tetap Prima

Tips Menjaga Performa PC Tetap Prima

Techdaily.id – Seorang gamers sejati pasti menjadikan perangkat desktop PC mereka sebagai barang kesayangan. Gaming PC yang baik dapat memberikan hiburan dan menjalankan game favorit dengan lancar dan performa maksimal. Jika desktop PC digunakan setiap hari dalam jangka waktu yang cukup lama, pastinya kondisi perangkat akan terpengaruh seiring perubahan situasi, iklim, dan kebersihan ruangan. Tentunya, dibutuhkan tips menjaga performa PC tetap prima agar pengalaman bermain game pun tidak ikut menurun.

BACA JUGA
Spesifikasi realme GT Master Edition, Tertarik?

Pasalnya, Sekilas desktop PC yang kotor terlihat tidak bermasalah dan normal saja, namun tanpa disadari akan ada resiko kerusakan yang dapat terjadi akibat isu kecil semakin menumpuk dan semakin parah. Maka dari itu, tim redaksi Techdaily mencoba menghadirkan tips menjaga performa PC agar tetap prima yang bisa dilakukan siapa saja untuk menjaga kondisi desktop PC tetap bersih, tetap optimal, sehingga performa tetap ngebut, stabil, dan awet.

  1. Filter Bebas Debu
    Debu terdapat dimana-mana dan tidak selalu kasat mata. Kecilnya partikel debu membuat akumulasi sedikit demi sedikit dalam waktu lama tidak terasa dan signifikan. Tanpa disadari debu memiliki sifat konduktif seperti besi dan air. Meski tidak se-konduktif air ataupun besi, sifat konduktif ini memberikan resiko arus pendek listrik bagi komponen sensitif desktop PC.Filter debu dapat dipasang pada area ventilasi utama aliran udara desktop PC. Filter debu tidak dapat mencegah akumulasi debu secara 100% karena jika demikian maka tidak akan ada aliran udara optimal ke dalam perangkat desktop PC. Tapi setidaknya debu akan terhambat dan tidak terkumpul secara langsung dalam komponen komputer.
  2. Rutin Dibersihkan
    Tips menjaga performa PC selanjutnya adalah rutin membersihkan debu tersebut. Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, filter tidak dapat mencegah 100% debu yang masuk ke dalam komputer. Maka dari itu membersihkan debu yang terakumulasi menjadi langkah penting yang wajib rutin dilakukan para gamers sejati.Tidak hanya arus pendek listrik, tumpukan debu dapat menghambat aliran sirkulasi udara sistem pendingin komputer. Aliran sirkulasi yang buruk dapat mengganggu performa dan kestabilan temperatur komponen menjadi tinggi atau panas. Seperti yang diketahui, temperatur tinggi dapat memperpendek usia komponen komputer.
  3. Organisasi Kabel
    Gamers yang pernah merakit PC sendiri pasti tahu rumitnya koneksi kabel antar komponen di dalam satu tower desktop PC. Baik itu kabel daya utama, kabel data untuk HDD, kabel daya untuk kipas, kabel koneksi prosesor grafis, dan masih banyak lagi. Ternyata organisasi kabel yang baik tidak hanya mempercantik tampilan luar dan dalam komputer, namun juga menjaga keawetan performa.Situasi paling mudah terjadi pada organisasi kabel yang buruk adalah terhimpit antar komponen dan mengganggu area kerja komponen, misalkan kipas casing yang terhambat kabel. Hambatan ini tentu dapat dengan mudah memperburuk suhu temperatur komputer. Situasi kedua yang mudah terjadi adalah koneksi kabel yang rentan. Koneksi kabel dengan sumber daya membutuhkan pemasangan yang solid, stabil, dan tidak mudah terlepas. Organisasi kabel yang buruh membuat hubungan koneksi kabel rentan terlepas dan mengganggu aliran daya, bahkan beresiko menyebabkan arus pendek listrik.

BACA JUGA
Cara Mudah Berbagi Lokasi di WhatsApp

Berikut 3 tips sederhana namun krusial yang bisa diaplikasikan oleh siapa saja dan konfigurasi komputer apa saja. Semoga tips ini berguna dan performa komputer kalian tetap optimal dan selalu ngebut.

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi