Thursday, May 30, 2024
BerandaTechTombol Shortcut Windows Rahasia, Bisa Permudah Aktivitas!

Tombol Shortcut Windows Rahasia, Bisa Permudah Aktivitas!

Salah satu cara membedakan pengguna komputer pemula dan pengguna kawakan adalah dengan mengetahui cara pintas menggunakan tombol shortcut Windows dan tahu kapan harus menggunakannya.

Shortcut, atau pintasan keyboard, adalah kombinasi tombol keyboard yang dapat kamu gunakan untuk menjalankan perintah atau membuka program dengan cepat.

Baca juga: Cara Screen Record di Laptop: Panduan Praktis dan Mudah

Shortcut dapat menghemat waktu dan tenagamu, karena kamu tidak perlu mengklik mouse atau mencari program di menu Start. Kamu cukup menekan kombinasi tombol untuk mengakses fitur tersebut.

Ada beberapa shortcut Windows sederhana yang mungkin akan membantu kamu menjalankan aktivitasmu dengan lebih cepat. Berikut beberapa shortcut Windows favorit yang akan membantu meningkatkan produktivitasmu.

Tombol Shortcut Windows Rahasia

Jika kamu mengetahui berbagai tombol shortcut rahasia Windows maka segala aktivitasmu di komputer atau laptop kesayangan akan lebih efektif dan praktis. Pasalnya kamu hanya perlu menekan beberapa tombol sekaligus tanpa harus mengarahkan kursor mouse sembari mencari hal yang ingin kamu lakukan.

Untuk itu, berikut ini beberapa shoortcut Windows yang bisa kamu manfaatkan demi membantu kegiatanmu. Mari simak.

BACA JUGA
Spesifikasi ASUS Zenbook 14 OLED, Laptop Ditenagai AI di Indonesia

Shortcut Pencarian (Tombol Win)

Sejak Windows 7 diperkenalkan, menu pencarian menjadi fitur penting dari Start Menu Windows dan hingga kini menjadi salah satu cara termudah serta trik terbaik dalam menggunakan komputer. Cukup tekan tombol Windows dan mulailah mengetik.

Dengan begitu kamu bisa menemukan apa yang kamu inginkan dengan jauh lebih cepat karena mencari program atau file berdasarkan nama membuat kamu tidak perlu lagi bersusah payah mengingat di mana terakhir kali menyimpannya.

Dengan menggunakan fitur ini, pencarian file dan program menjadi lebih efisien, memudahkan kamu dalam mengakses segala sesuatu yang diperlukan tanpa perlu membuka banyak folder. Ini adalah salah satu shortcut Windows yang paling berguna dan meningkatkan produktivitas serta kenyamanan dalam bekerja.

Shortcut Minimize (Win+D)

Ketika menggunakan komputer dengan membuka browser web, memeriksa email, mengetik, atau kegiatan lainnya, desktop sering kali dipenuhi jendela aplikasi yang terbuka. Untuk mengatasi ini, kamu hanya perlu menekan tombol Win+D. Kombinasi tombol ini akan meminimalkan semua jendela yang terbuka di desktop.

Fungsi ini sangat berguna ketika kamu sedang mencari file atau jika tiba-tiba ada seseorang yang datang dari belakang saat kamu mengerjakan sesuatu yang bersifat pribadi. Dengan menekan Win+D, semua jendela yang terbuka akan diminimize, dan kamu bisa menekan kombinasi tersebut sekali lagi untuk mengembalikan jendela ke keadaan semula.

BACA JUGA
Cara Bersihkan Debu Laptop

Menggunakan shortcut Windows ini tidak hanya membuat desktop lebih rapi, tetapi juga membantu meningkatkan privasi dan efisiensi dalam bekerja.

Memilih Aplikasi yang Aktif (Alt+Tab)

Jika kamu sering membuka banyak jendela aplikasi dan kesulitan beralih antarjendela, kamu bisa memanfaatkan shortcut Windows yang sangat berguna, yaitu Alt+Tab. Kombinasi ini memungkinkan kamu untuk dengan cepat beralih antara jendela yang terbuka tanpa perlu mengklik mouse atau mencari jendela secara manual.

Cukup tahan tombol Alt dan tekan Tab untuk memunculkan tampilan semua jendela yang sedang aktif. Terus tekan Tab sambil menahan Alt untuk beralih ke jendela berikutnya. Ketika kamu melepaskan kedua tombol, jendela yang dipilih akan langsung aktif di layar.

Penggunaan shortcut Windows ini sangat efisien untuk menavigasi banyaknya jendela aplikasi yang terbuka.

Snap Jendela (Win+Tombol Panah)

Pada Windows, kamu bisa melakukan “snap” atau menyusun jendela dengan rapi untuk meningkatkan produktivitas. Fitur ini memudahkan kamu dalam mengatur tampilan jendela yang terbuka, memungkinkan kamu untuk bekerja dengan lebih efisien.

Untuk menyandingkan jendela, kamu bisa cukup drag jendela yang terbuka ke sisi kiri atau kanan layar. Jendela tersebut akan otomatis menyesuaikan ukurannya menjadi setengah layar. Namun, cara yang lebih cepat dan efisien adalah dengan menggunakan shortcut Windows yaitu Win+Tombol Panah.

BACA JUGA
Cara Screenshot di Laptop Acer

Berikut cara melakukannya:

  • Tahan tombol Windows dan tekan Tombol Panah Kanan atau Tombol Panah Kiri untuk memindahkan jendela yang terbuka ke sisi kanan atau kiri layar. Ini memungkinkan kamu untuk menyandingkan dua jendela secara berdampingan.
  • Tahan tombol Windows dan tekan Tombol Panah Atas untuk memaksimalkan jendela.
  • Tahan tombol Windows dan tekan Tombol Panah Bawah untuk meminimalkan jendela.

Mengunci Komputer (Win+L)

Jika kamu sering meninggalkan komputer, pastikan untuk selalu menguncinya dengan menggunakan shortcut Windows Win+L. Ini adalah cara sederhana namun efektif untuk menjaga keamanan data dan pekerjaan kamu. Dengan menekan Win+L, komputer akan langsung terkunci dan hanya bisa diakses kembali jika memasukkan password yang benar.

Shortcut Windows ini sangat penting untuk digunakan, terutama jika kamu bekerja di lingkungan yang banyak orang atau di ruang publik. Dengan mengunci komputer, kamu bisa mencegah orang lain mengutak-atik pekerjaan atau mengakses data pribadi kamu tanpa izin.

Itulah dia beberapa tombol shortcut Windows yang bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan aktivitasmu sehari-hari.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi