Saturday, September 18, 2021
BerandaScienceNews ScienceVenus Bukan Planet Terdekat Ke Bumi

Venus Bukan Planet Terdekat Ke Bumi

TechDaily.id  – Ketika masih di sekolah dasar, kita selalu diberitahu bahwa Venus merupakan planet yang memiliki jarak terdekat ke Bumi. Yap, jika dilihat dari urutannya memang anggapan tersebut sangat masuk akal.

Hal ini menjadi daya Tarik bagi peneliti dari Universitas Alabama untuk membuktikan kebenaran tersebut. Para peneliti dari Universitas Alabama mengklaim bahwa Merkurius adalah planet yang posisinya paling dekat ke Bumi, dalam rata-rata.

Dilansir dari mirror (18/3), Jarak antar planet biasanya ditentukan oleh jarak dasar sebuah planet terhadap matahari.

Tom Stockman dengan para peneliti lain, dalam sebuah artikel yakni Physics Today, menjelaskan: “Dengan pendekatan matematis yang kami rancang, kami menentukan bahwa berdasarkan rata-rata hitung dari waktu ke waktu, Merkurius merupakan tetangga terdekat ke Bumi berdasarkan fakta.

Tim peneliti berpendapat bahwa hal tersebut sebenarnya tidak terlalu akurat. Mereka menjelaskan, “ketika Bumi dan Venus berada pada titik terdekat, secara kasar mereka terpisah pada jarak 0.28 AU – tidak ada planet lain yang berada di posisi lebih dekat ke Bumi.

Para peneliti menjalankan sebuah simulasi dengan didasari 2 asumsi yakni  orbit planet sekira-kiranya memang melingkar, dan orbit mereka sebetulnya tidak memilik bentuk relatif satu sama lain. Hasil dari simulasi tersebut mengungkapkan bahwa berdasarkan rata-rata, Merkurius berada lebih dekat ke Bumi daripada Venus.

BACA JUGA
Atmosfer Mars Terdeteksi Metana, Tanda Kehidupan?
BACA JUGA
Blue Origin Memamerkan Kerucut Roket Masa Depan ‘New Glenn’
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi