Wednesday, September 22, 2021
BerandaFeatureWaspada Ponsel Ilegal, Ini Cara Cek IMEI Vivo!

Waspada Ponsel Ilegal, Ini Cara Cek IMEI Vivo!

Techdaily.id Smartphone sudah menjadi kebutuhan primer setiap orang. Meski demikian, harganya terbilang cukup tinggi, sehingga banyak orang mengincar ponsel ilegal yang dijual lebih murah dibandingkan harga pasaran aslinya. Padahal, di balik harga yang rendah, ada resiko yang mengikuti. Umumnya ponsel ilegal diimpor dari luar negeri dan nomor IMEI tidak terdaftar di bea cukai, sehingga pengguna tidak akan mendapatkan garansi resmi. Ini juga bisa berdampak kepada kerentanan smartphone terhadap kerusakan. Pasalnya, ponsel ilegal tidak tentu memiliki kualitas yang sama dengan ponsel resmi. Ketika mengalami gangguan dan membutuhkan perbaikan, pengguna tidak bisa klaim servis. Nah untuk mengetahui keaslian smartphone kamu, berikut adalah cara cek IMEI Vivo.

BACA JUGA
Realme Buds 2 Meluncur, Apa Saja Keunggulannya?

Lebih lanjut lagi, pemerintah telah mengesahkan peraturan baru terkait pemblokiran ponsel ilegal karena nomor IMEI tak terdeteksi. Dengan demikian, ponsel tidak bisa menerima jaringan seluler di Indonesia dan kehilangan fungsinya sebagai alat komunikasi. Untuk itu, penting bagi pengguna untuk memeriksa nomor IMEI ketika membeli sebuah smartphone, baik dalam keadaan baru ataupun bekas.

cara cek IMEI Vivo

1. Periksa Kotak Kemasan

Pembelian smartphone selalu dilengkapi dengan kotak kemasan berisikan charger, aksesoris, dan dokumen pendamping. Umumnya, terdapat stiker berwarna putih yang tertempel pada kotak kemasan berisikan deretan angka dan kode bar yang berjejer. Nomor inilah yang disebut dengan IMEI. Pengguna dapat memeriksakan apabila nomor IMEI tersebut terdaftar di situs milik Kemenperin.

2. Gunakan Kode Rahasia

Selanjutnya, pengguna juga dapat menggunakan kode rahasia untuk memeriksa IMEI. Perlu diketahui, ponsel Vivo yang beredar di Indonesia umumnya memiliki dua slot kartu SIM. Jadi, jangan bingung apabila smartphone Vivo memiliki dua nomor IMEI yang berbeda. Pengguna dapat melakukan pengecekan nomor IMEI dengan menekan rangkaian kode #06# pada dial number ponsel, lalu pilih call/OK.

3. Cek IMEI melalui Menu Pengaturan

Pengguna juga dapat mengecek nomor IMEI melalui menu pengaturan dengan mengikuti langkah berikut ini:

    • Buka smartphone dan masuk ke menu Setelan atau Setting
    • Pilih Pengaturan Lain
    • Pilih Tentang Ponsel
    • Setelah itu akan muncul informasi model ponsel, tipe, tahun produksi dan nomor IMEI

BACA JUGA
Segera Hadir HP Terbaru redmi Note 10, OPPO Find X3 dan Asus ROG Phone 5

4. Cek IMEI melalui Situs Resmi Vivo

Cara lain untuk mengecek nomor IMEI adalah dengan mengakses situs resmi Vivo.  Masukkan nomor IMEI yang diketahui menggunakan cara di atas dan masukkan di kolom yang tertera pada situs Vivo. Apabila IMEI ponsel tersebut asli, maka akan muncul informasi lengkap terkait ponsel tersebut.

Itulah beberapa cara cek IMEI Vivo. Jangan lupa cek smartphone kamu ya. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. (ira)

 

 

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi