Thursday, July 18, 2024
BerandaBusinessWaspadai Spam Virus Covid-19

Waspadai Spam Virus Covid-19

Techdaily.id – Para pelaku kejahatan siber sedang melakukan berbagai cara untuk mendapat keuntungan dari para pengguna yang kurang waspada atas wabah virus covid-19 (korona). Dari hal ini Kaspersky menemukan lebih dari 30 file (dokumen) berbahaya yang tersebar dengan kedok dokumen terkait covid-19.

Para ahli juga mendeteksi sampel e-mail (surat elektronik) spam yang menawarkan masker oksigen, yang diklaim dapat melindungi pengguna dari covid-19 dan infeksi yang ditularkan melalui udara.

Setelah pengguna mengklik tautan pada e-mail, mereka akan diarahkan ke sebuah laman dengan penawaran masker tersebut. Mereka diminta mengisi detail kartu kredit untuk melakukan pembelian.

BACA JUGA
Versi final ColorOS 7 Sambangi OPPO Reno2
BACA JUGA
Bocoran Spesifikasi OPPO A92s, Bawa Teknologi Layar Terbaru!

Padahal, web (situs) yang meng-hosting Uniform Resource Locator (URL) tidak terhubung dengan produk apapun yang diiklankan. Malahan, pengguna tidak akan menerima barang dan hanya akan kehilangan sejumlah uang.

Kalaupun pengguna menerima produk, tapi kualitas produl yang tidak sesuai yang diiklankannya.

“Kami sering mendeteksi pesan spam yang tertaut ke topik populer. Ini adalah kasus khas di mana produk yang ditawarkan seharusnya memiliki kualitas luar biasa dan membantu pengguna untuk melindungi diri dari ancaman,” kata Maria Vergelis, analis keamanan Kaspersky.

Sebelumnya, Kaspersky telah menemukan file berbahaya menyamar sebagai dokumen yang berkaitan dengan virus covid-19. Virus ini telah menjadi topik utama media, karena ini membahayakan.

File berbahaya yang ditemukan menyamar dengan kedok seolah file tersebut adalah pdf, mp4, docx tentang coronavirus. Nama-nama file menyiratkan mereka berisi instruksi video tentang cara melindungi diri dari virus covid-19.

Salah satu file itu bernama 2019 Novel Coronavirus.lnk, 5 INFOGRAFIA CORONAVIRUS.lnk, Affiche proce_dure de De_tection Coronavirus (3) .pdf.lnk, dan How to prevent Coronavirus(1).mp4.lnk.

File-file tersebut berisi berbagai ancaman dari Trojan ke worm, yang mampu menghancurkan, memblokir, memodifikasi atau menyalin data, serta mengganggu pengoperasian komputer ataujaringan komputer.

Jika pengguna telah mengklik dan mengunduh file tanpa memiliki solusi keamanan siber, malware akan mengunduh dan meluncurkannya di perangkat mereka.

“Sejauh ini, setidaknya lebih dari 30 file unik telah terdeteksi oleh Kaspersky,” ucap Anton Ivanov, analis malware Kaspersky. (mam)

 

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi