Thursday, July 18, 2024
BerandaGadgetNews GadgetXiaomi dan Unisoc Klaim Sudah Produksi Prosesor Seluler 4nm dalam Negeri

Xiaomi dan Unisoc Klaim Sudah Produksi Prosesor Seluler 4nm dalam Negeri

TechDaily.id – Xiaomi dan Unisoc dilaporkan membuat langkah maju dalam mengembangkan prosesor seluler 4nm mereka sendiri, yang berpotensi mengurangi ketergantungan pada pembuat chip asing seperti Qualcomm dan MediaTek.

Berita ini muncul ketika China mendorong peningkatan swasembada dalam industri semikonduktor, yang didukung oleh dukungan kuat dari pemerintah.

Xiaomi dan Unisoc Klaim Sudah Produksi Prosesor Seluler 4nm

Menurut Liberty Times dan Commercial Times, baik Xiaomi dan Unisoc telah berhasil menyelesaikan proses “tape-out” untuk chip 4nm domestik mereka. Hal ini menandakan tonggak penting dalam siklus pengembangan, di mana desain diselesaikan dan dikirim ke pabrik pengecoran untuk diproduksi.

Namun, laporan tersebut mengklarifikasi bahwa chip ini menggunakan inti kekayaan intelektual (IP) asing dari ARM dan IMG. Xiaomi telah muncul sebagai kekuatan utama dalam produksi ponsel pintar, menduduki peringkat ketiga secara global di belakang Apple dan Samsung pada kuartal pertama 2024.

Ambisi mereka melampaui ponsel, dengan rumor yang menyebutkan chip 4nm yang kompetitif akan menyaingi Kirin 9000 milik Huawei, yang berpotensi diluncurkan akhir tahun ini.

BACA JUGA
Survei: Warga Jakarta Puas Terhadap Kemudahan Akses Jadwal dan Beli Tiket Online

Chip Kirin didasarkan pada proses 7nm oleh SMIC, pembuat chip besar Tiongkok lainnya. Kolaborasi Xiaomi dengan Qualcomm di masa lalu memposisikan mereka dengan baik untuk kesuksesan jangka panjang di bidang pengembangan chip.

Di sisi lain, Unisoc, perancang chip fabless yang berbasis di Shanghai yang berspesialisasi dalam teknologi komunikasi seluler dan konektivitas, juga dilaporkan ikut-ikutan dalam teknologi 4nm. Chip mereka dikatakan telah menyelesaikan tahap tape-out dan mencapai kinerja yang sebanding dengan Qualcomm Snapdragon 888.

Namun, para analis memperingatkan adopsi SoC 4nm yang diproduksi di dalam negeri secara luas pada ponsel pintar Tiongkok mungkin baru akan terjadi pada tahun 2026. Saat ini, pemain mapan seperti MediaTek dan Qualcomm memegang posisi dominan di pasar Tiongkok.

Kemajuan ini mungkin menandai momen penting bagi industri semikonduktor Tiongkok. Dipimpin oleh Huawei, dan kini dengan masuknya Xiaomi dan Unisoc, pembuat chip dalam negeri siap menantang pesaing internasional. Pergeseran ini dapat mengurangi ketergantungan Tiongkok pada teknologi asing, sekaligus mendorong inovasi dan persaingan global dalam sektor semikonduktor.

BACA JUGA
realme C3 Resmi diluncurkan, Harga Terjangkau dengan Spek Lebih Menarik
Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi