Monday, June 24, 2024
BerandaGadget3 Cara Merekam Layar di Mac, Bisa Pakai Aplikasi Pihak Ketiga Juga!

3 Cara Merekam Layar di Mac, Bisa Pakai Aplikasi Pihak Ketiga Juga!

TechDaily.id – Screen record di Mac sama mudahnya dengan laptop Windows. Ada beberapa cara merekam layar di Mac yang juga bisa dipraktekkan apalagi bagi pengguna baru.

macOS menawarkan bilah alat tangkapan layar bawaan. Kamu dapat menggunakan sejumlah tool untuk mengambil video pada layar komputer Apple kamu.

Kamu tidak tahu apa saja tool yang dapat digunakan untuk membantu mengambil tangkapan layar di perangkat Mac? Berikut ini caranya, sebagaimana dikutip dari BGR.

Cara Merekam Layar di Mac

  1. Merekam Layar Menggunakan Toolbar Screenshot

Untuk merekam layar di Mac menggunakan bilah alat tangkapan layar, kamu harus memiliki sistem operasi macOS terbaru yang tersedia untuk komputer Anda. Tekan Cmd + Shift + 5 untuk membuka bilah tangkapan layar.

Bilah kontrol dengan berbagai ikon dan kontrol akan muncul di bagian bawah layar Mac kamu. Kontrol ini memungkinkan kamu membuat rekaman layar atau mengambil tangkapan layar. Ikon keempat dari kiri memungkinkan Anda merekam seluruh layar. Ikon kelima memungkinkan merekam bagian layar yang dipilih.

  1. Merekam Layar Menggunakan QuickTime Player
BACA JUGA
Review Acer Swift 3 (SF314-57G), Ringan, Tipis, Performa Andal

Ini berguna untuk pengguna Mac yang menjalankan versi macOS yang lebih lama dari sistem operasi Mojave. QuickTime Player menggunakan alat utilitas tangkapan layar yang sama dengan bilah alat tangkapan layar.

Perbedaannya adalah semua kontrol ada di aplikasi QuickTime player. Aplikasi ini biasanya sudah diinstal sebelumnya. Lakukan langkah-langkah berikut untuk membuat perekaman layar menggunakan pemutar QuickTime.

  • Buka aplikasi pemutar QuickTime dan pilih File dari bilah menu atas. Pilih Perekaman Layar Baru dari menu tarik-turun yang muncul. Ini akan meluncurkan jendela perekaman layar-
  • Klik tombol rekam berwarna merah untuk mulai merekam. Untuk merekam seluruh layar, klik di mana saja pada layar
  • Seret kursor ke atas layar untuk memilih ukuran bingkai yang diinginkan untuk merekam bagian yang dipilih. Klik tombol rekam di mana saja dalam area ini
  • Jika kamu ingin merekam audio, klik tanda panah di samping tombol rekam dan pilih mikrofon yang ingin kamu gunakan

-Klik tombol rekam hitam di bilah menu atas untuk berhenti merekam. Menekan Command + Control + Esc juga akan mengakhiri perekaman

BACA JUGA
Cara Bikin Smart Folder di Mac, Sederhana dan Mudah!

-Setelah berhenti merekam, video akan terbuka secara otomatis. Kamu dapat menonton, mengedit, dan membagikan rekaman dari sini.

  1. Merekam Layar Menggunakan OBS Studio

OBS Studio adalah salah satu perangkat lunak perekaman layar gratis terbaik di pasaran. Ini sangat berguna untuk pengguna biasa dan kronis. Aplikasi ini memiliki banyak opsi untuk menyesuaikan rekaman layar kamu. Ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan streaming langsung ke platform seperti Twitch dan YouTube.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi