Monday, July 15, 2024
BerandaReviewAplikasiApa Itu Sirekap, Sistem Perhitungan Pemilu yang Jadi Polemik

Apa Itu Sirekap, Sistem Perhitungan Pemilu yang Jadi Polemik

TechDaily.id –Akhir-akhir ini nama Sirekap menjadi pembicaraan publik karena datanya yang tidak sinkron dengan form C1. Tapi, sebenarnya apa itu Sirekap?

Tidak sedikit orang yang masih bingung dengan pengertian Sirekap. Apalagi belakangan ini media massa di penuhi dengan permasalahan aplikasi Sirekap.

Apa Itu Sirekap

Apa Itu Sirekap

Sirekap singkatan dari Sistem Informasi Rekapitulasi. Ini mengumpulkan, menghitung, dan melaporkan hasil pemilihan seperti Pemilu 2024.

Aplikasi Sirekap telah melalui serangkaian uji coba pemantapan sejak 2020. Petugas KPPS wajib memahami teknologi informasi, termasuk penggunaan aplikasi Sirekap.

Pada hari pemilihan, Sirekap digunakan untuk penghitungan suara. Persiapan teknis dan pemahaman penyelenggaraan Sirekap pada Pemilu sebelumnya dievaluasi KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Ada dua sistem yang Sirekap yakni website dan aplikasi. Kedua ini mempunyai fungsi yang berbeda. Sirekap Mobile berfungsi sebagai sumber data utama.

Sementara Sirekap Web berguna untuk menghimpun dan menjumlahkan sumber data utama. Bicara soal aplikasi, Sirekap ini dapat diakses melalui HP Android dan iOS. Tool ini memang digunakan untuk mencegah manipulasi.

BACA JUGA
Xiaomi Luncurkan Brand Baru Xiaomi Life Bersama Produk Lifestyle

Cara Kerja Sirekap

Seperti dijelaskan, Sirekap ini mempunyai kegunaan untuk menghitung data perolehan suara sementara di berbagai tingkat rekapitulasi dan memberikan gambaran perolehan suara dalam pemilu.

Untuk cara kerjanya sendiri, petugas KPPS menghitung perolehan suara dan menuliskannya dalam formulis C Hasil. Selanjutnya, petugas KPPS login dengan akun terdaftar di Sirekap.

Petugas KPPS harus memfoto formulir C dengan Sirekap. Sistem Sirekap akan melakukan konversi gambar menjadi data digital. Petugas KPPS memeriksa kembali hasil pembacaan sistem dan memastikan sesuai, lalu mengirim data.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi