Thursday, July 18, 2024
BerandaGadgetCara Mengatasi HP Lemot Tanpa Effort Berat, Coba Langkah Ini!

Cara Mengatasi HP Lemot Tanpa Effort Berat, Coba Langkah Ini!

TechDaily.id – Cara mengatasi HP lemot sangat mudah. Anda bisa mengatasi permasalahan ini tanpa perlu effort yang terlalu berat. Penasaran bagaimana caranya?

Seiring dengan penggunaan smartphone akan semakin lemot. Ada banyak alasan mengapa smartphone bisa lemot, beberapa di antaranya cukup sepele.

Jika mengalami smartphone lemot jangan buru-buru untuk menggantinya. Anda bisa mengatasi permasalahan ini dengan beberapa metode.

Cara Mengatasi HP Lemot Tanpa Effort Berat

  1. Copot Aplikasi yang Tak Terpakai

Jika Anda mengunduh aplikasi yang tidak digunakan lagi, ada baiknya untuk menguninstall dari perangkat. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja sistem dan memperpanjang masa pakai baterai.

  1. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Anda bisa mengakali smartphone lemot dengan menggunakan aplikasi versi Lite. Banyak aplikasi yang sekarang telah menawarkan versi lite. Versi lite ini mempunyai ukuran aplikasi yang lebih kecil dan sedikit memakan sumber daya.

  1. Gunakan Custom ROM

Selain menggunakan aplikasi lite, coba customisasi Android. Dengan ROM custom, Anda bisa menikmati ROM lain yang telah ditingkatkan kinerjanya dan mencoba sistem operasi baru.

BACA JUGA
Suunto 7 dan Suunto 3 Meluncur di Tanah Air
HP Vivo
  1. Hapus Cache Aplikasi

Penyebab HP lemot lainnya yakni cache. Memori cache menghabiskan banyak ruang dan memori, sehingga memperlambat ponsel. Untuk melakukan ini, Anda perlu hapus cache dari aplikasi yang tidak digunakan.

  1. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Kosongkan ruang penyimpanan agar kinerja ponsel lebih ngebut. Cara untuk mengosongkan smartphone Android hampir sama di semua brand.

  1. Jangan Pakai Wallpaper Bergerak

Beberapa pengguna ponsel lebih suka menggunakan wallpaper atau tema bergerak. Ini memperlambat sistem operasi Android di ponsel. Jadi ada baiknya menggunakan wallpaper atau tema statis.

spesifikasi Galaxy S24
  1. Restart HP

Metode ini biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang ada. Langkah ini memang sederhana tapi memberikan keajaiban bagi kinerja ponsel.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi