Tips

Cara Mengetahui Maling Wifi di Rumah, Biar Internet Aman!

Techdaily.id – Jaingan wifi di rumah tiba-tiba lemot atau lambat? Ada banyak penyebab terjadinya hal seperti itu. Salah satunya adalah kemungkinan ada orang yang memakai jaringan Wifi kamu tanpa izin atau maling wifi di rumahmu. Nah kali ini Techadily.id akan membagikan cara mengetahui maling wifi di rumah, biar internet di rumah kamu aman.

BACA JUGA
Cara Menonton Neflix Secara Gratis, Ikuti Langkah Ini

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui siapa yang menjadi maling atau mencuri jaringan wifi di rumahmu tanpa izin:

1.Cek aktivitas wifi

Yang pertama harus kamu lakukan untuk mengetahui siapa yang mencuri jaringan wifi di rumahmu adalah dengan mengecek aktivitas wifi. Pada umumnya router nirkabel memiliki lampu yang berkedip untuk menunjukkan wifi sedang menyala atau terpakai. Untuk mengetahui maling wifi di rumahmu, coba putuskan koneksi dengan perangkat apapun. Jika semua koneksi sudah diputus, tapi lampu masih terlihat berkedip, kemungkinan ada orang yang sedang menggunakan jaringan wifi kamu tanpa izin.

2. Menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga

Cara selanjutnya adalah kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa mengunduh aplikasi Fing dari google play atau app store. Setelah itu kamu buka aplikasi tersebut dan kamu akan menemukan nama jaringan wifi di layar beranda bersama dengan tombol refresh dan setting. Selanjutnya ketuk refresh untuk mengetahui jaringan yang tersambung dengan wifimu. Setelah menemukan nama jaringan yang tersambung ke perangkat wifimu, kamu bisa menonaktifkannya.

3. Memblokir jaringan wifi yang tersambung ke perangkat wifi rumahmu tanpa izin

Selanjutnya kamu bisa memblokir jaringang wifi yang tersambung ke perangkat wifi mu tanpa izin. Dengan menggunakan aplikasi Fing, akan ditunjukkan semua informasi yang berkaitan dengan jaringan pengguna wifi mu tanpa izin. Aplikasi Fing menunjukkan alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan wifimu. Kamu bisa mencatat nomor tersebut dan kemudian memblokirnya. Pada komputer yang terhubung ke jaringan wifi, gunakan IP router pengguna ke browser dan masukkan detail login router ke alamat berikutnya. Setelah itu pilih opsi security dan klik MAC filtering dan add device. Kemudian masukkan alamat MAC yang ingin diblokir dan klik Apply. Maka perangkat tak dikenal yang mencuri jaringan wifimu akan terblokir secara otomatis.

Demikianlah cara mengetahui maling wifi di rumah. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat dan bisa membantu mengamankan jaringan internet di rumahmu. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close