Saturday, November 27, 2021
BerandaEnterpriseTelcoIndosat Pastikan Kualitas Jaringan Mereka Saat Mudik Lebaran

Indosat Pastikan Kualitas Jaringan Mereka Saat Mudik Lebaran

TechDaily.id – Meski Masih beberapa bulan lagi, namun operator telekomunikasi sudah mulai mempersiapkan teknologi Jaringan Mereka guna menghadapi arus Mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

Tidak terkecuali Indosat Ooredoo, operator seluler yang kepemilikan mayoritasnya dimiliki oleh Ooredoo Qatar ini juga turut berbenah dalam menjaga Kualitas jaringan mobile broadband mereka dalam menghadapi arus Mudik Lebaran kali ini.

Untuk menjaga kualitas jaringan mereka Saat musim Mudik, Indosat memiliki tiga strategi utama.

Strategi pertama yang mereka lakukan adalah dengan meningkatkan cakupan atau coverage dari jaringan mereka. Indosat akan memperluas jaringan 4G mereka di spektrum 900 Mhz, menambah jumlah BTS hingga 18 ribu unit.

Indosat memprediksi, pada saat momen mudik Lebaran kali akan Ada peningkatan traffic pengguna sebesar 15-20 persen atau setara dengan 9.3 pentabyte di tiap harinya.

Untuk itu, Indosat menyiapkan strategi kedua yakni meningkatkan kapasitas jaringan mereka yang mana peningkatan tersebut mencapai dua kali lipat dari hari biasa.

Mereka juga akan menghadirkan mobile BTS lebih dari seratus unit. Penambahan kapasitas paling banyak akan diberlakukan untuk wilayah Pulau Jawa sementara cakupannya akan lebih difokuskan di luar Pulau Jawa.

Indosat mengklaim, hadirnya jumlah Mobile BTS yang tidak terlalu banyak itu lantaran saat ini sudah adanya tol Trans Jawa.

Strategi ketiga mereka adalah dari sisi services atau pelayanan. Mereka akan mengaplikasikan telnologi Carrier Agregation (CA) untuk menjaga kualitas dan kapasitas jaringan yang mereka miliki di setiap wilayah yang dibutuhkan.

Selain itu, Indosat juga akan memberikan peningkatan antisipasi di H-3 sampai H+3 Lebaran tahun ini. Akan ada command center yang sudah stand by 24 jam untuk segera mengatasi kejadian tertentu di jaringan.

Pihak Indosat memprediksi, aplikasi Over The Top (OTT) yang akan mengalami peningkatan traffik adalah aplikasi streaming seperti YouTube dan games online semacam PUBG. Sementara untuk chatting dan sosial media cenderung stabil.

BACA JUGA
Tim Berners Lee, Bikin Internet Lebih Hidup
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi