Tuesday, November 29, 2022
BerandaGadgetReview Asus Zenfone 9 : Desain Compact Dengan Chipset Gahar

Review Asus Zenfone 9 : Desain Compact Dengan Chipset Gahar

Techdaily.id – Jika kamu mencari smartphone flagship yang punya desain compact, mungkin kamu bisa melirik perangkat Asus Zenfone 9. Tim Redaksi Techdaily sendiri sudah melakukan review Asus Zenfone 9 yang tentu bisa menjadi sebuah bahan rujukan bagi kamu yang ingin membeli perangkat ini.

Smartphone ini sendiri sejatinya sudah diluncurkan oleh Asus pada 15 September tahun ini. Hanya saja, perangkat mungil tersebut secara resmi baru diluncurkan pada tanggal 17 November.

Untuk kamu yang tertarik memiliki smartphone ini, berikut adalah ulasan lengkap dari review Asus Zenfone 9 yang sudah disiapkan oleh tim Techdaily.id.

Review Asus Zenfone 9

Desain & Layar
Review perangkat ini kami mulai dari bagian desain. Asus Zenfone 9 hadir dengan 4 pilihan warna yakni Hitam, Biru, Merah dan Silver. Hanya saja, pada ulasan kali ini kami mendapatkan perangkat dengan warna Hitam.

Pada bagian penampang belakang, perangkat ini menggunakan bahan polycarbonat dengan tekstur agak kasar. Tekstur ini dimaksudkan untuk menghindari sensasi licin ketika digenggam dan meminimalisir sidik jari yang menempel. Hanya saja, ketika kami menggenggam nya terdapat banyak bercak sidik jari yang menempel.

Selain itu, varian warna hitam juga mudah kotor jika kamu menggunakan perangkat ini untuk sehari-hari.

BACA JUGA
OPPO K9s Meluncur di China, Ini Spesifikasinya !

Masih di bagian belakang, kamu akan melihat kombinasi dua kamera yang cukup menonjol dengan tulisan 50MP Wide Camera dengan tulisan “09” yang menandakan seri Zenfone 9. Di bagian atas, kamu akan menemukan port USB 3.5mm dan lubang mic. Sedangkan di bagian bawah terdapat slot SIM, port USB Type C, dan lubang Speaker. Sementara di sisi kanannya terdapat tombol Power yang bisa difungsikan sebagai sensor sidik jari dan tombol volume.

Secara keseluruhan, perangkat ini memiliki dimensi 146.5 x 68.1 x 9.1 mm (5.77 x 2.68 x 0.36 in).

Beralih ke bagian layar, Asus Zenfone 9 menggunakan layar Amoled berukuran 5,9 inci yang punya resolusi 1080 x 2400 pixels. Terdapat beberapa teknologi yang dibenamkan di layar ini seperti refresh rate 120Hz, HDR10+, hingga tingkat kecerahan 1100 nits. Layar smartphone ini juga ditopang oleh Corning Gorilla Glass Victus.

Secara desain & layar, kami melihat perangkat ini memiliki desain yang anti mainstream, khususnya untuk smartphone kelas flagship. Namun, terdapat beberapa kekurangan di bagian ini seperti desain yang mudah kotor dan tidak terdapat sensor pemindai sidik jari di dalam layarnya.

BACA JUGA
Review OPPO A16, HP Sejutaan Dengan Baterai Besar!

Kamera
Review Asus Zenfone 9 masuk ke bagian kamera. Smartphone ini memiliki dua kamera belakang yang masing-masing beresolusi 50MP dan 12MP. Sedangkan di kamera depannya menggunakan kamera dengan resolusi 12MP. Smartphone ini juga ditopang oleh Gimbal 6-Axis yang menjaga kestabilan ketika pengguna merekam video sambil bergerak.

Satu hal yang kami apresiasi dari Asus adalah kesemua sensor di ponsel ini menggunakan sensor Sony yang tentunya bisa meningkatkan kualitas dan memberikan color range yanag baik untuk setiap foto yang diambil.

Terdapat banyak fitur kamera unggulan yang ada di smartphone ini. Menurut kami, salah satu fitur unggulan yang perlu diapresiasi yakni fitur Light Trail. Berikut adalah beberapa contoh fotonya.

Performa
Satu hal yang menarik dari smartphone ini terdapat di bagian performa. Asus Zenfone 9 ditopang oleh chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dengan sistem fabrikasi 4nm. Chipset ini ditopang oleh dua pilihan RAM yakni 6GB, 8GB dan 16GB serta dua pilihan penyimpanan internal yakni 128GB dan 256GB.

Kami melakukan beberapa test untuk menguji performa dari smartphone ini seperti bermain game PUBG dan melakukan benchmark menggunakan aplikasi PCMark. Pada saat bermain game Call Of Duty Mobile, smartphone ini mampu menyuguhkan settingan grafis Very High dengan frame rate Max. Sepanjang permainan, kami tidak merasakan adanya lag sedikitpun, hanya saja suhu ponsel meningkat hingga lebih dari 41 derajat celcius.

BACA JUGA
Laptop Gaming Lenovo Legion 7i Siap Debut di Indonesia

Sedangkan saat melakukan pengujian menggunakan aplikasi PCMark, smartphone ini berhasil memperoleh skor 15868.

Baterai
Asus ROG Phone 6 ditopang oleh baterai berkapasitas 4300 mAh dengan sistem pengisian daya cepat 30W. Untuk menguji daya tahan baterainya, kami melakukan pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark. Pada pengujian tersebut, ponsel ini mampu bertahan hingga 11 jam 25 menit.

review asus Zenfone 9

Bukan hasil yang buruk, hanya saja untuk ukuran ponsel flagship, sangat disayangkan jika daya tahannya tidak sampai 12 jam.

Kesimpulan
Review Asus Zenfone 9 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami smartphone ini sudah cocok untuk dijadikan sebagai daily driver kamu, apalagi buat kamu yang suka menggunakan smartphone untuk mengabadikan momen dan bermain game. Hanya saja, terdapat beberapa kekurangan di smartphone ini seperti desain, daya tahan baterai dan suhu yang agak panas ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi berat.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review Asus Zenfone 9 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami smartphone ini sudah cocok untuk dijadikan sebagai daily driver kamu, apalagi buat kamu yang suka menggunakan smartphone untuk mengabadikan momen dan bermain game. Hanya saja, terdapat beberapa kekurangan di smartphone ini seperti desain, daya tahan baterai dan suhu yang agak panas ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi berat.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi