Friday, April 12, 2024
BerandaGadgetReview Galaxy Z Fold5 for Entertainment : Bikin Candu!

Review Galaxy Z Fold5 for Entertainment : Bikin Candu!

Techdaily.id – Pada pembahasan kali ini, tim redaksi Techdaily akan melakukan ulasan singkat terkait Samsung Galaxy Z Fold5 dengan tajuk “Review Galaxy Z Fold5 for Entertainment”. Sebelum kalian bertanya-tanya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengapa ulasan ini bersifat parsial saja alih-alih review lengkap yang biasa kami sajikan.

Alasannya cukup simpel, menurut kami Samsung Galaxy Z Fold5 memiliki banyak aspek menarik di semua sektor yang tentunya akan sangat panjang jika kita ulas semuanya pada artikel review lengkap. 

Seperti yang disinggung di atas, kali ini kami akan mengulas smartphone ini untuk hiburan. Ada beberapa aspek yang akan kami ulas. Penasaran apa saja yang akan diulas? yuk scroll kebawah lagi.

Review Galaxy Z Fold5 for Entertainment : Bikin Candu!

Layar Jernih & Tajam

Review pertama kami mulai dari bagian layar. Smartphone ini mengusung layar utama berjenis Dynamic AMOLED 2X yang menampilkan kualitas gambar yang luar biasa. Layar ini memiliki ukuran 7.6 inci, dengan rasio Screen-to-body mencapai 91.1%. Dengan resolusi mencapai 1812 x 2176 piksel dan kepadatan piksel sekitar 373 ppi (piksel per inci), kami mampu menikmati setiap detail visual pada layar ini yang tampak tajam dan jelas. Layar utamanya juga didukung oleh refresh rate mencapai 120Hz dan teknologi HDR10+ untuk meningkatkan pengalaman multimedia pengguna.

Sedangkan untuk cover screennya sendiri, perangkat foldables ini menggunakan layar berjenis Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120Hz dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus 2, yang membuatnya tahan terhadap goresan dan benturan. 

review galaxy z fold5

Layar penutup ini memiliki ukuran 6.2 inci dan resolusi sekitar 904 x 2316 piksel, dengan rasio aspek 23.1:9. Ini memungkinkan pengguna untuk menengok notifikasi, membalas chat, bahkan bermain game dengan mudah tanpa perlu membuka perangkat utama.

Berdasarkan pengalaman kami, layar cover maupun layar utama dari ponsel ini sangat nyaman untuk digunakan dalam bermain game, menonton video streaming hingga mengedit video menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

BACA JUGA
4 Alasan Mengapa Kamu Wajib Punya Galaxy Buds2

Chipset Gahar, Senjata Ampuh Buat Main Game

Smartphone ini juga menjadi perangkat yang menunjang aktivitas multimedia kamu berkat dukungan dari chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. 

Seperti diketahui, chip ini merupakan chip yang sama yang digunakan pada perangkat Galaxy S23 Series dan menjanjikan performa luar biasa. 

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy pada Galaxy Z Fold5 adalah versi overclock dari yang biasa kita temui. Ini berarti bahwa perangkat tersebut dapat memberikan kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi daripada versi biasanya. Dengan kombinasi chipset canggih ini, RAM berkapasitas 12GB, dan penyimpanan internal hingga 1TB, Galaxy Z Fold 5 siap menangani berbagai tugas dengan mulus, baik itu pekerjaan produktif maupun hiburan gaming.

Saat menguji kinerjanya dengan AnTuTu, Galaxy Z Fold 5 mencapai skor sebesar 1.306.029. Hasil pengujian pada aplikasi Geekbench juga mengesankan dengan skor 1.923 untuk single-core dan 4.958 untuk multi-core. Ini menunjukkan bahwa perangkat tersebut tidak hanya memiliki kecepatan tinggi, tetapi juga mampu mengatasi tugas-tugas berat dengan mudah.

Tidak hanya dalam uji teknis, Galaxy Z Fold 5 juga membuktikan dirinya sebagai perangkat gaming yang handal. Ketika memainkan Genshin Impact dengan pengaturan grafis tertinggi, perangkat ini menghasilkan kinerja yang lancar dengan FPS mencapai sekitar 45 ketika berada di wilayah Fontaine yang cukup menguras performa. Di area lain, FPS tetap solid di sekitar 55, memberikan pengalaman gaming yang imersif.

Selama satu jam bermain Genshin Impact, suhu paling panas yang tercatat adalah sekitar 43°C di sekitar area kamera belakang, sementara area lain tetap relatif sejuk dengan suhu sekitar 34°C. Ini menunjukkan manajemen suhu yang baik pada perangkat, terutama mengingat desain lipat yang unik.

Namun, ada satu catatan penting saat bermain Genshin Impact di Galaxy Z Fold 5. Kamu perlu mengatur frame rate dan grafiknya ke maksimum melalui plugin Game Booster Plus, bukan melalui pengaturan dalam game-nya. Jika tidak, kamu mungkin akan melihat grafis yang agak pecah, mungkin karena ukuran dan rasio layar yang unik dari Galaxy Z Fold 5.

BACA JUGA
Tips Bikin Konten dengan Galaxy Tab S9 Series

Dengan kombinasi kecepatan, kinerja, dan kualitas grafis yang unggul, Galaxy Z Fold 5 membuktikan dirinya sebagai salah satu perangkat terbaik untuk gaming dan tugas berat lainnya di pasar saat ini.

Tidak sampai disitu, kami juga bermain game Battle Royal di Call of Duty Mobile pada cover screen nya. Smartphone ini mampu menyuguhkan setingan grafis Very High dengan frame rate Max.

Bermain game menggunakan cover screen maupun layar utama sama baiknya di ponsel ini. Terlebih lagi, dengan dukungan chipset, layar serta UI terbaru tentu meningkatkan pengalaman bermain game kami.

Daya Tahan Baterai yang Awet Seharian

Dengan performa dan dukungan layar yang handal, tentunya Samsung juga memperhatikan soal daya tahan baterai di smartphone ini.

Dalam pengujian kami menggunakan aplikasi PCMark dengan setelan kecerahan layar 50%, adaptive refresh rate, dan baterai diisi penuh hingga 100%, perangkat ini mencatatkan skor luar biasa, bertahan selama 10 jam 49 menit. Namun, apa yang lebih mengesankan adalah ketika perangkat ini diuji dengan mode refresh rate 120Hz, di mana ia mampu bertahan hingga 12 jam 49 menit. Ini menunjukkan bahwa Galaxy Z Fold 5 adalah salah satu ponsel pintar dengan ketahanan baterai terbaik di pasaran.

Namun, keunggulan Galaxy Z Fold 5 tidak hanya terletak pada ketahanan baterainya yang luar biasa. Dengan kapasitas baterai yang besar, perangkat ini juga ideal untuk sesi hiburan yang panjang. Pasalnya, jika kamu perlu mengisi daya dengan cepat, Galaxy Z Fold 5 dilengkapi dengan teknologi fast charging 25W yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya perangkat dengan cepat dan kembali ke aktivitas dalam waktu singkat. Dengan begitu, kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk kembali terhubung dengan perangkat Anda.

BACA JUGA
Tips Bikin Konten Outdoor Menggunakan HP

Secara keseluruhan, Galaxy Z Fold 5 menunjukkan komitmen Samsung untuk memberikan pengalaman yang lengkap kepada penggunanya. Dengan ketahanan baterai yang luar biasa dan fitur fast charging, perangkat ini adalah pilihan yang sangat menarik bagi mereka yang menginginkan perangkat yang handal dan siap untuk menemani mereka sepanjang hari. Dalam dunia yang terus bergerak, Galaxy Z Fold 5 adalah jawaban bagi mereka yang menginginkan perangkat yang kuat dan tangguh.

Flex Mode Panel

Satu hal yang menurut kami jadi keunggulan ponsel ini dibandingkan dengan perangkat lipat yang beredar diluar sana adalah hadirnya fitur Flex Mode Panel. Dengan fitur ini, pengalaman multimedia kita menjadi lebih meningkat. 

review galaxy z fold5

Salah satu fitur paling menarik dari Galaxy Fold 5 adalah kemampuan layar utamanya untuk digunakan dalam mode fleksibel. Dengan teknologi ini, kamu bisa dengan mudah menonton video di YouTube sambil tetap memiliki kontrol penuh atas video yang sedang ditonton. Ini membuat pengalaman menonton lebih interaktif dan nyaman.

Satu contoh penggunaan yang menarik adalah ketika menonton YouTube sambil duduk di meja. Dengan Flex Mode, setengah bagian layar utama Galaxy Fold 5 dapat menjulang ke atas seperti layaknya layar laptop. Ini memberikan pandangan yang lebih besar dan lebih nyaman saat menonton video. Kamu dapat dengan mudah mengontrol video, menggulir, atau bahkan menjawab komentar tanpa perlu berpindah-pindah antara layar utama dan layar kontrol.

Selain itu, layar yang lebih besar juga meningkatkan pengalaman menonton konten visual seperti film atau serial TV. Kamu dapat merasakan detail yang lebih baik dan lebih mendalam dalam video, membuat setiap momen menjadi lebih hidup.

Selain pengalaman menonton yang ditingkatkan, flex mode pada Galaxy Fold 5 juga memiliki potensi besar untuk meningkatkan produktivitas. Kamu dapat dengan mudah menjalankan beberapa aplikasi sekaligus atau menggunakan layar bawah untuk menampilkan catatan atau tugas yang sedang dikerjakan.

Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi