Saturday, November 27, 2021
BerandaReviewSmartphoneReview realme 8i, Ponsel dengan Layar 120Hz di Bawah Rp3 Juta

Review realme 8i, Ponsel dengan Layar 120Hz di Bawah Rp3 Juta

Techdaily.id – Kamu yang ingin membeli smartphone baru, perlu mengetahui review realme 8i. Karena, ponsel baru dari produsen smartphone asal China ini cukup menarik untuk menjadi daily driver kamu.

BACA JUGA
Rekomendasi HP realme RAM 8GB Terbaik November 2021

realme 8i menjadi smartphone di bawah Rp3 juta yang sudah mendukung layar dengan refresh rate 120Hz. Selain mempunyai refresh rate tinggi, realme 8i juga dibekali dengan chipset 4G kuat, Helio G96 dari MediaTek. 

Perpaduan antara chipset gaming dan layar refresh rate tinggi membuat gaming di realme 8i semakin mulus. Untuk lebih jelas mengenai review realme 8i, yuk simak ulasan review realme 8i berikut ini :

Review realme 8i

Di bawah ini merupakan ulasan lengkap terkait review realme 8i yang bisa menjadi rujukan buat kamu yang ingin membeli smartphone ini. 

Desain

realme 8i hadir dengan dua pilihan warna yakni Space Black dan Space Purple. Desain di realme 8i terlihat sangat mewah untuk harga di kelasnya. Tim Tech Daily mendapatkan ponsel berwarna Space Purple.

Warna Space Purple merefleksikan warna yang sedang tren saat ini, lilac, yang cukup manis dan cocok untuk perempuan. Pada bagian belakang, realme 8i memantulkan cahaya yang terlihat lebih menawan. Di sudut kanan atas, terdapat rumah kamera berbentuk persegi yang menampung tiga kamera dan satu LED flash. 

Desain di setiap sudut ponsel di bagian belakang juga dibuat curved agar nyaman digenggam di tangan. Di sisi samping perangkat, kamu akan menemukan tombol power yang sekaligus berperan sebagai tombol sensor fingerprint. Di sisi kanan kamu akan melihat tombol volume atas dan bawah.  

Di bagian bawah perangkat, kamu akan menemukan port USB-C di bagian tengah untuk mengisi daya dan memindahkan data. Di pojok kanan bawah perangkat, di sebelah USB-C terdapat grill speaker. 

Di sisi kiri pojok bawah perangkat, kamu akan menemukan jack audio untuk dipasangkan dengan headset. Di bagian atas, kamu tidak akan menemukan tombol apa pun di sana yang bisa dipergunakan. 

Berbeda dengan ponsel realme lainnya, realme 8i sudah menggunakan layar lubang di pojok kiri atas. Ukuran hole yang digunakan untuk menaruh sensor kamera juga ini tidak terlalu kecil.

Secara keseluruhan, rancang bangun realme 8i terasa kokoh di tangan. Sambungan antara panel layar, rangka tengah hingga bagian belakang presisi dan seakan seamless. 

Layar

Beranjak ke sektor layar. realme menyematkan layar LCD 6,6 inci, ukuran yang cukup besar untuk menonton film dan melakukan aktivitas lainnya yang berkaitan dengan tampilan ponsel.

Layar besar realme 8i juga sudah dibekali dengan refresh rate tinggi 120Hz, sehingga memberikan efek visual yang lebih halus. Kamu juga bisa memilih refresh rate lain yang mencakup auto, 60Hz dan 120Hz. 

Refresh rate layar 120Hz biasanya digunakan pada ponsel di kelas atas. Namun, di realme 8i kamu bisa menemukan layar refresh rate 120Hz di smartphone yang dibanderol kurang dari Rp3 jutaan. 

Kamu tidak hanya bisa mengatur refresh rate pada layar, tapi juga tingkat kecerahan. Kecerahan layar dapat diatur dari 600 nits menjadi 1 nits, tingkat kecerahan terendah. Bahkan, di malam hari mata akan tetap terasa nyaman menggunakan ponsel ini.

Berdasarkan pengalaman menggunakan ponsel ini selama beberapa hari, layar realme 8i mempunyai warna yang tajam dan jernih, sehingga ponsel nyaman digunakan untuk menonton dan bermain game. 

BACA JUGA
Harga HP realme Terbaru November 2021

Performa

Performa realme 8i untuk bermain game tidak perlu diragukan lagi. realme 8i ditenagai dengan prosesor MediaTek Helio G96. Prosesor ini merupakan prosesor terbaru dari MediaTek. Diproduksi menggunakan prosesor 12nm dan memiliki dua A75 cores dan 6 A55 cores kecil, frekuensi utamanya mencapai hingga 2.05GHz.

Helio G96 ditanami dengan dukungan RAM 4GB LPDDR4x dan ROM 64GB. Ruang penyimpanan tersebut dapat diperluas menggunakan microSD hingga 256GB agar kamu bisa menyimpan banyak file di dalam perangkat. 

Ada juga varian RAM 6GB dan ROM 128GB dimana khusus varian ini realme menyediakan dukungan virtual memori hingga 5GB. 

Berbekal dengan spesifikasi tersebut di dalam realme 8i, smartphone ini bisa multitasking dengan sangat smooth. Sedangkan untuk bermain game, realme 8i sudah dapat menjalankan game dengan baik tanpa lag. TIm mencoba untuk bermain game Pokemon Unite. Pada pengujian ini,  realme 8i berhasil menyuguhkan kualitas grafis Highest dan frame rate High. 

Tidak hanya diuji secara pengalaman, kami juga mencoba mem-benchmark realme 8i dengan alat seperti PC Mark dan Geekbench 5. Hasil di benchmark Geekbench, realme 8i menghasilkan skor single-core 541 dan multi-core 1865. Sedangkan di alat PC Mark realme 8i menghasilkan skor 8193. 

Baterai

Guna menambah kenyamanan bermain game, realme juga memberikan baterai berkapasitas besar pada ponselnya. Smartphone yang dijual melalui flash sale pada 25 November di Lazada ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh di dalamnya dan mendukung fast charging 18W. 

review realme 8i

Ukuran baterai yang besar bisa mempertahankan smartphone hidup lama saat bermain game, menonton film, dan melakukan kegiatan lain menggunakan ponsel baru realme 8i tersebut. 

Dari hasil benchmark PC Mark, hasil pengujian menunjukkan realme 8i bisa bertahan selama 17 jam 49 menit. Hal ini menunjukkan smartphone benar-benar diajak bermain lama dan bisa melakukan banyak kegiatan. 

Kamera

realme 8i dibekali dengan kamera utama 50MP aperture f/1.8 dan lensa 5P yang mengamankan cahaya cukup. Alhasil gambar yang dihasilkan menjadi jernih dan cerah. Selain itu, kamera belakang realme 8i mempunyai lensa B&W, dan makro.

teknologi layar 120Hz

Berbekal dengan lensa tersebut di kamera belakang realme 8i, tim berhasil mengambil gambar menarik dengan smartphone. 

Di bagian depan, realme 8i sudah mengusung kamera selfie 16MP. Secara pengalaman menggunakan kamera ini untuk selfie, hasil gambar menjadi jernih. Kamera ini juga mendukung fungsi AI beautification, mode HDR, potret, dan panoselfie. 

Panoselfie ini bisa membantu pengguna mengambil selfie yang lebih luas. Secara keseluruhan, kamera tersebut memberikan pengguna smartphone pengalaman kamera yang baik. 

Galeri foto di bawah ini merupakan contoh dari hasil foto ponsel ini. Menurut kamu gimana? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya. 

Fitur Lain

Berbeda seperti smartphone kebanyakan, realme 8i juga disokong sidik jari samping. Kehadiran sensor sidik jari di samping akan lebih mempermudah pengguna mengakses ponsel. 

Selain sidik jari di samping, untuk keamanan realme juga telah menyematkan pengenal wajah yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu pandangan sekilas. Berbekal fitur keamanan itu fitur lebih nyaman dibuka. 

Di segi software, realme 8i sudah dibekali dengan realme UI 2.0. Software ini membawa banyak pengoptimalan dasar untuk memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih lancar di smartphone.

Kesimpulan

realme 8i cocok bagi para gamer yang ingin mencari smartphone refresh rate 120Hz dengan harga di bawah Rp3 juta. Selain mempunyai refresh rate layar tinggi, smartphone juga dibekali dengan spesifikasi unggulan lainnya seperti tingkat kecerahan layar dari 600 nit hingga 1 nit dan realme UI 2.0 yang bisa dikustomisasi.

Di sektor performa misalnya, realme 8i sudah dibekali dengan Helio G96, baterai 5.000 mAh dan juga kamera utama 50MP di bagian belakang. Plus, smartphone ini juga sudah dibekali dengan RAM 4GB dan ROM 64GB.

REVIEW OVERVIEW

Desain
Layar
Performa
Kamera
Baterai

SUMMARY

realme 8i cocok bagi para gamer yang ingin mencari smartphone refresh rate 120Hz dengan harga di bawah Rp3 juta. Selain mempunyai refresh rate layar tinggi, smartphone juga dibekali dengan spesifikasi unggulan lainnya seperti tingkat kecerahan layar dari 600 nit hingga 1 nit dan realme UI 2.0 yang bisa dikustomisasi.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi