Friday, April 12, 2024
BerandaGadgetNews Gadget2024 Tahunnya Telefoto Periskop di Smartphone, Ini Kelebihannya!

2024 Tahunnya Telefoto Periskop di Smartphone, Ini Kelebihannya!

Techdaily.id – Sektor kamera menjadi salah satu bagian terdepan dalam urusan inovasi di sebuah smartphone. Mulai dari hadirnya single camera, dual camera hingga kini bahkan banyak produsen yang menghadirkan kamera beresolusi besar di smartphone mereka. Tidak sampai disitu, di tahun ini bahkan para produsen kembali berinovasi dalam menghadirkan kamera telefoto periskop di smartphone ciptaan mereka.

Sekadar informasi, di tahun lalu para produsen smartphone berlomba-lomba dalam menghadirkan kamera dengan resolusi besar di smartphone buatan mereka. Mulai dari 50MP, 100MP hingga lensa kamera utama dengan resolusi 200MP pun ikut dihadirkan.

Selain untuk keperluan cetak, hadirnya resolusi tinggi ini juga sekaligus bertujuan untuk memungkinkan smartphone tadi dalam melakukan beberapa kali zoom sambil mempertahankan kualitas foto yang dihasilkan.

Di tahun ini, kebutuhan akan zoom bisa diakomodir oleh lensa telefoto periskop yang kini menjadi sebuah tren, khususnya di kalangan smartphone premium, meninggalkan tren smartphone dengan kamera yang hanya mengusung megapiksel yang tinggi. Seiring dengan perkembangan teknologi kamera pada smartphone, lensa telefoto periskop menjadi terobosan terbaru yang memungkinkan zoom optik tinggi tanpa mengorbankan ketebalan perangkat. Lantas, apa sih sebenarnya lensa periskop itu?. 

Apa itu kamera periskop di smartphone

kamera periscope di smartphone

Di era digital saat ini, kemampuan kamera pada smartphone telah menjadi salah satu faktor utama yang dipertimbangkan oleh para konsumen. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, inovasi terbaru dalam bidang ini adalah lensa telefoto periskop. Tidak seperti lensa konvensional, lensa ini menawarkan keunggulan yang signifikan dalam hal zoom optik tanpa mengorbankan kualitas gambar atau membuat perangkat menjadi lebih tebal.

BACA JUGA
realme narzo 50 5G Siap Debut di Indonesia

Apa itu kamera periskop di smartphone? Kamera periskop adalah inovasi optik yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar objek dari jarak jauh tanpa mengorbankan kualitas gambar atau ketebalan perangkat. Dengan menggunakan trik optik yang cerdas, cahaya dipantulkan pada sudut tertentu, mirip dengan periskop pada kapal selam atau tank. 

Perbedaan utamanya dengan lensa telefoto konvensional adalah susunan miring, yang menghindari penumpukan lensa yang dapat membuat desain kamera lebih tebal. Ketika lensa periskop digunakan, prisma berperan penting dalam memantulkan cahaya 90 derajat menuju sensor, memungkinkan peningkatan zoom optik tanpa menambah panjang perangkat.

Cara kerja lensa periskop memberikan keunggulan dibandingkan dengan pendekatan tradisional, terutama dalam hal kemampuan zoom optik. Dengan perangkat yang lebih tipis namun tetap mampu memperbesar objek dari jarak jauh, lensa periskop menjadi solusi ideal bagi pengguna yang sering melakukan fotografi telefoto dengan smartphone mereka.

Beberapa model smartphone terbaru seperti iPhone 15 Pro Max dan Samsung Galaxy S24 Ultra telah mengadopsi teknologi lensa periskop ini yang tentunya memperluas kemungkinan bagi para fotografer mobile untuk mengeksplorasi dunia fotografi dengan cara yang lebih kreatif dan fleksibel. 

BACA JUGA
realme GT Neo5 dengan 240W Meluncur 9 Februari

Hanya saja, harga yang ditawarkan untuk kedua smartphone ini masih ‘kurang ramah’ untuk sebagian kalangan yang menjadikan penerapan teknologi ini masih tergolong eksklusif. Tidak heran, mengingat teknologi ini sendiri memang tidak terbilang murah. 

realme hadirkan smartphone dengan telefoto periskop di number series

kamera periscope di smartfphone

Sebuah kabar baik bagi para pecinta mobile photography belum lama ini berhembus dari realme. Produsen asal Tiongkok ini kabarnya akan segera menghadirkan sebuah smartphone yang dilengkapi kamera periskop namun ditawarkan dengan harga yang lebih bersahabat.

Berdasarkan keterangan pers yang sempat diterima tim Techdaily.id, smartphone yang dimaksud adalah realme 12 Series 5G yang berasal dari segmen mid range. Meski belum menyebutkan soal harga, namun jika melirik dari segmen smartphone ini, bisa dipastikan bahwa realme 12 Series 5G akan menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dua smartphone flagship yang tadi di singgung di atas.

Teknologi telefoto periskop pada realme 12 Series 5G akan membawa empat poin keunggulan utama dalam sektor fotografi. Pertama adalah The Next-gen Telephoto: Lensa Telefoto Periskop Terbaik di Segmennya. Smartphone ini meningkatkan kejernihan dan stabilitas pengambilan gambar di malam hari sekaligus meminimalisir flare dan ghosting melalui gabungan teknologi yang juga digunakan pada realme GT5 Pro.

BACA JUGA
Ini Alasan Realme Belum Luncurkan Ponsel 5G

Kedua, The Next-Gen Sensor: Sensor Telefoto Periskop Terbesar di Segmennya. realme 12 Series 5G menawarkan sensor telefoto periskop terbesar di segmennya melalui sensor flagship OV64B, yang mengungguli para pesaing dan menyamai pengalaman fotografi di smartphone flagship.

Ketiga adalah The Next-gen Lossless Zoom: Kemampuan Pencitraan Zoom Lossless Full-Focal-Length yang Unggul. Kamera utama realme 12 Series 5G memiliki fitur Sony IMX890 OIS, yang meningkatkan fotografi di malam hari. Selain itu, realme 12 Series 5G memiliki fitur telefoto periskop dan kamera sudut ultra lebar. Kamera ini menawarkan zoom lossless pada 0.6x, 1x, 2x, 3x, 6x, memberikan pengalaman fotografi zoom lossless dengan full-focal-length yang sebanding dengan perangkat flagship.

Keempat, The Next-gen Algorithm: Kustomisasi Eksklusif dari Algoritma MasterShot. realme bekerja sama dengan Qualcomm, telah meningkatkan pemrosesan gambar dengan Algoritma MasterShot. realme 12 Series 5G adalah perangkat pertama dan satu-satunya di segmennya yang memproses domain RAW, memastikan kejernihan, rentang dinamis, dan realisme terbaik dalam potret sinematik.

realme 12 Series 5G sendiri kabarnya akan segera diluncurkan dalam waktu dekat di Indonesia. Jika benar, hal ini menjadi sebuah terobosan baru di industri smartphone pada tahun 2024. 

Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi