Thursday, May 30, 2024
BerandaGadgetAcer Aspire C22-1700, AIO Kompak Cocok untuk di Kosan

Acer Aspire C22-1700, AIO Kompak Cocok untuk di Kosan

TechDaily.id – Memiliki ukuran yang kompak, Acer Aspire C22-1700 cocok untuk mereka yang tinggal di apartemen atau kosan yang memiliki space yang terbatas sembari menawarkan komputer dengan performa tinggi.

Bagi kalian yang tinggal di apartemen atau kos-kosan, menggunakan PC tradisional memang bukan pilihan terbaik. Soalnya, seperti diketahui, PC memerlukan ruang yang cukup besar karena memiliki banyak komponen untuk menjalankannya.

Nah, bagi kalian yang masih bingung mencari PC yang bisa diandalkan namun tidak memerlukan ruang yang besar, Acer punya solusinya. Ini merupakan AIO 22 inci dengan performa yang sangat baik.

Acer Aspire C22-1700

Secara sekilas, jika berbicara dengan desain, AIO ini tampak seperti monitor Acer lain berukuran 22 inci. Namun bedanya, di balik layar tersebut terdapat sebuah PC yang menggunakan prosesor Intel generasi ke-12 yang sangat kencang.

Desainnya sangat sleek, sehingga sangat cocok ditempatkan dimana saja. Layar 22 inci yang ditawarkan memiliki rasio layar hingga 91%, dengan bezel yang sangat tipis di bagian kiri dan kanan perangkat.

Sedangkan di bagian atas dan bawah sedikit lebih besar dengan alasan yang masuk akal. Di bagian atas terdapat kamera, sedangkan di bagian bawah terdapat speaker serta lubang pembuangan angin.

Kamera yang dihadirkan perangkat juga tak tanggung-tanggung, di mana menggunakan kamera 5MP. Kamera ini dapat merekam video di resolusi 2K 30fps. Hasil kameranya juga sangat baik meski dalam keadaan pencahayaan yang kurang baik.

Untuk port sendiri, terdapat lima port sekaligus di perangkat ini. Di bagian belakang terdapat dua USB 3.2 Gen 1 (warna biru), satu USB 3.2 Gen 2 (warna merah), sebuah USB Type-C , serta satu USB Type-A 2.0 (di bagian bezel bawah sebelah tombol power).

BACA JUGA
Acer Umumkan Predator Orion 5000

Sedangkan sisa lainnya adalah sebuah HDMI out, port audio combo 3,5mm, dan sebuah port daya. Berbicara mengenai layar, layar 22 inci yang ada di perangkat sudah menggunakan panel IPS dengan resolusi FHD dan datang dengan refresh rate 60Hz.
Dengan layar sebesar ini, kalian dapat menampilkan lebih banyak informasi sekaligus. Layar ini juga sangat nyaman saat digunakan untuk menonton film, di mana memiliki warna yang cukup vibrant. Tak ketinggalan, saat digunakan untuk mengedit foto dan video pun masih cukup mumpuni.

Terdapat juga teknologi BlueLightShield dan Flickerless untuk mengurangi paparan cahaya biru dan memberikan kenyamanan pada mata selama melakukan aktivitas produktif dan menikmati konten hiburan. Jadi kalian dapat dengan nyaman memakai perangkat ini dalam jangka waktu yang lama.

Pengaturan tilt yang ditawarkan juga cukup besar, mulai dari -5 hingga 25 derajat untuk mendapatkan posisi penggunaan yang nyaman. Kakinya juga sangat kokoh sehingga dapat menopang bobot AIO ini agar tidak mudah untuk terjatuh saat meja tidak sengaja tersenggol.

AIO yang satu ini juga hadir dengan speaker yang cukup lantang. Saat digunakan untuk menonton film, suaranya sangat detail dan tidak pecah saat disetel ke volume yang cukup tinggi, sehingga menghadirkan pengalaman penggunaan yang sangat baik.

Berbicara mengenai jeroan, Aspire C22-1700 hadir dengan 12th Gen Intel® Core™ Processors, dimana menawarkan performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya. 

Ada dua versi prosesor yang ditawarkan, yakni Intel® Core™ i3-1215U Processor dan Intel® Core™ i5-1235U Processor. Untuk yang digunakan untuk pengetesan kali ini varian dengan Intel® Core™ i5-1235U Processor.

BACA JUGA
Review Proyektor Acer BS-321: Proyeksi Konten yang Terang di Berbagai Skenario Penggunaan

Perangkat yang diuji saat ini hadir dengan RAM 8GB DDR4 single channel dengan penyimpanan SSD M.2 PCIe yang memiliki kapasitas 512GB. Kalian juga dapat melakukan upgrade dimana Aspire C22 dapat menampung total 64GB RAM (dual channel) serta hingga 1TB SSD M.2 dan satu slot kosong untuk HDD/SSD 2,5 inci hingga 2TB.

Dan berikut ini hasil benchmark yang telah dilakukan untuk Aspire C22-1700 :

Hasil benchmark yang ditampilkan di Aspire C22-1700 cukup bersaing dengan beberapa laptop dengan prosesor yang sama di pasaran namun sedikit tertinggal jika dibandingkan dengan prosesor desktop di generasi yang sama. Namun, keunggulan yang ditawarkan oleh sebuah perangkat AIO adalah iritnya daya yang digunakan, dimana maksimal berjalan di 65W saja. Bahkan, prosesornya dapat berjalan di kecepatan 4,08GHz dengan sangat mudah.

Meski demikian, prosesor yang satu ini cukup andal untuk digunakan untuk melakukan video editing, baik menggunakan aplikasi CapCut atau bahkan menggunakan Adobe Premiere Pro. Namun, untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik, sebaiknya kalian menambah ukuran RAM minimal 16GB.

Pengalaman bermain game di Aspire C22-1700 juga cukup baik, mengingat prosesor yang ada di perangkat ini sudah menggunakan Intel® Iris® Xe Graphics generasi terbaru yang cukup powerfull. Beberapa game seperti DOTA 2, CS:GO, dan beberapa game lain dapat dengan lancar dimainkan di resolusi 720p dengan fps yang playable.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh sebuah AIO adalah suara yang dihasilkan sangat minim, sehingga tidak mengganggu meski digunakan untuk menjalankan aplikasi berat. Selain itu, suhu yang ditampilkan juga tidak terlalu tinggi jadi tidak perlu khawatir akan overheat selama pemakaian, dan dapat berjalan di kecepatan 3GHz tanpa throttling.

BACA JUGA
Kursi Gaming dan Produk Andalan Mejeng di Acer Exclusive Store PIM

Sementara untuk konektivitas, Aspire C22-1700 hadir dengan Wi-Fi 6e dan juga Bluetooth 5.0 yang berarti dapat mengakses internet lebih cepat dan mentransfer data jauh lebih kencang jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Kesimpulan : Cocok untuk mereka yang punya space terbatas

Meski hadir dengan ukuran yang kompak, Aspire C22-1700 hadir dengan performa yang tak main-main. Soalnya, perangkat ini hadir dengan 12th Gen Intel® Core™ Processors. Tak ketinggalan, kalian juga dapat melakukan upgrade sehingga dapat memberikan performa yang lebih optimal, seperti dukungan RAM hingga 64GB (dual channel) serta penyimpanan gabungan hingga 3TB.

Layar 22 inci yang hadir di perangkat ini juga memiliki akurasi warna yang cukup baik, serta memiliki fitur BlueLightShield™ dan Flickerless untuk memberikan pengalaman terbaik saat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk harga sendiri, Aspire C22-1700 hadir dengan 2 pilihan yaitu varian Intel® Core™ i3-1215U Processor dengan harga mulai dari Rp  8.349.000 dan varian Intel® Core™ i5-1235U Processor dengan harga mulai dari Rp 10.399.000.

Setiap pembelian Acer Aspire C22-1700 akan memperoleh bonus aplikasi Office Home and Student 2021 dan mendapatkan garansi selama 3 tahun, masing-masing 1 tahun untuk garansi spare parts dan 3 tahun untuk garansi service.

Kalian juga akan mendapatkan sebuah keyboard dan mouse dalam paket penjualan sehingga kalian dapat langsung menggunakannya tanpa harus pusing membeli keyboard dan mouse secara terpisah.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi