Friday, April 12, 2024
BerandaEnterpriseTelcoBaicells dan Smartfren for Business Kembangkan Solusi Private LTE dan 5G di...

Baicells dan Smartfren for Business Kembangkan Solusi Private LTE dan 5G di Indonesia

TechDaily.id – Baicell menandatangani kesepatakan kerja sama dengan Smartfren Business untuk mengembangkan solusi jaringan Private LTE dan Private 5G di Indonesia. Solusi tersebut akan diluncurkan secara bertahap mulai tahun ini, serta dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk menerapkan Industrialisasi Digital, Otomasi, serta berbagai hal yang memanfaatkan teknologi komunikasi private wireless.

Hari Kumar Sellappan, CTO Smartfren for Business mengatakan, “Smartfren berfokus untuk menghadirkan solusi enterprise bagi pelanggan bisnis dan kolaborasi kami dengan Baicells memungkinkan kami untuk memberikan solusi teknis secara efektif, sederhana dan efisien. Produk Baicells, terutama pada jaringan private 4G/5G menjadi enabler untuk otomasi dan digitalisasi industri. Kami menantikan lebih banyak lagi kerjasama dengan Baicells di pasar Indonesia dan menghadirkan solusi inovatif untuk pasar enterprise.”

Baicells dan Smartfren for Business Kembangkan Solusi Private LTE dan 5G di Indonesia

Bai Wei, General Manager for International Divition, Baicells menambahkan, “Kami terus mengalami peningkatan minat dan permintaan terhadap jaringan private untuk membantu memberikan berbagai macam manfaat bagi perusahaan dalam mentransformasi bisnis mereka dengan otomasi dan lainnya. Produk kami, dengan poin biaya yang menarik dan kesederhanaan operasionalnya, sangat cocok untuk inisiatif seperti itu karena semakin banyak operator yang belajar.”

BACA JUGA
Fitur Unggulan POCO M6 Pro, Maksimal buat Nge-game

Uji coba untuk merealisaskan seluruh rangkaian solusi tersebut dilakukan dalam bentuk jaringan Private LTE yang diterapkan untuk industri pertambangan. Memanfaatkan solusi tersebut, perusahaan tambang dapat mengoperasikan armada kendaraan otonom dengan lebih aman ketika melintasi lokasi kerja. Terutama mengingat armada tersebut biasanya terdiri dari alat berat dan mesin pembuangan. Dalam jangka panjang, ada banyak sekali contoh penggunaan lainnya sesuai kebutuhan, misalnya sensor Internet of Things (IoT), komunikasi suara, dan penginderaan jarak jauh.

Industri pertambangan seringkali berada di lokasi terpencil dengan pilihan konektivitas terbatas. Selain itu kebutuhan konektivitas di sana juga tidak dapat dipenuhi oleh teknologi alternative seperti WiFi. Lain halnya dengan solusi Private LTE dan Private 5G yang dapat diterapkan di wilayah pertambangan, dibekali dengan standar kualitas layanan yang sangat spesifik, dan memberikan latensi rendah. Seluruh elemen teknis dan ekonomis dari solusi tersebut selaras dengan kebutuhan teknologi yang diperlukan untuk mengoperasikan kendaraan otonom.

Solusi yang dikembangkan oleh Baicells dan Smartfren for Business memanfaatkan pita frekuensi LTE Band 40 (2300 MHz) dan diharapkan akan mulai diterapkan pada Q1 2024. Baicells akan menyumbangkan portofolio radio all-in-one LTE Nova dan 5G NR Aurora berdaya tinggi, sedangkan Smartfren akan bertindak sebagai penyedia layanan dan integrator sistem. Penawaran solusi baru ini membuka pintu bagi berbagai macam peluang baru bagi teknologi jaringan yang dapat mendukung pengembangan dan operasional banyak perusahaan.

BACA JUGA
Spotify Perluas Batas Library Bagi Pengguna
Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi