Monday, June 17, 2024
BerandaGadgetCara AI Mengubah Industri Smartphone Dalam 5 Tahun ke Depan

Cara AI Mengubah Industri Smartphone Dalam 5 Tahun ke Depan

TechDaily.id – Artificial Intelligence (AI) mengubah banyak aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam industri smartphone. Begini cara AI mengubah industri smartphone dalam 5 tahun ke depan.

Di dunia teknologi kecerdasan buatan atau AI ini sudah bukan sesuatu yang baru lagi. Teknologi ini pun sudah merambah ke sejumlah sektor, termasuk dunia smartphone.

Cara AI Mengubah Industri Smartphone Dalam 5 Tahun ke Depan

  1. Baterai Life dan Health

Baterai salah satu komponen terpenting dari smartphone karena menentukan berapa lama dapat menggunakan perangkat tanpa mengisi ulang. Namun, performa baterai dapat menurun seiring waktu karena berbagai faktor.

AI dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai dengan memprediksi useful life, mengoptimalkan pengaturannya berdasarkan perilaku pengguna, dan mengurangi konsumsi daya dengan mengelola proses background secara cerdas.

Sebagi contoh, pengisian daya adaptif yang diterapkan Xiaomi dan perlindungan cerdas OPPO serta OnePlus dalam standar perubahan SuperVOOC mereka. Teknik ini berpotensi meningkatkan daya tahan baterai smartphone hingga 30 persen, meningkatkan kesehatan baterai dalam jangka panjang.

  1. Asisten Suara
BACA JUGA
Spesifikasi Ulefone Armor 25T Pro, Punya Night Vision!

Asisten suara cara yang paling nyaman untuk berinteraksi dengan smartphone menggunakan bahasa alami. Asisten suara menggunakan teknologi seperti pengenalan suara, pemrosesan bahasa alami (NLP), dan AI untuk memahami dan merespons perintah suara. Asisten dapat melakukan berbagai tugas seperti melakukan panggilan, mengirim pesan, memutar musik, memeriksa cuaca, mengatur pengingatm dan lainnya.

Namun, asisten suara masih menghadapi beberapa tantangan seperti masalah akurasi, fungsionalitas terbatas, dan privasi. Teknologi AI terbaru dapat meningkatkan asisten suara dengan menggunakan model NLP canggih seperti ChatGPT OpenAI.

AI yang lebih baru juga memungkinkan asisten belajar dari feed back pengguna, beradaptasi dengan berbagai skenario, dan memberikan layanan yang lebih personal.

  1. Kamera Smartphone

Kamera adalah fitur kunci lain dari smartphone yang menarik banyak konsumen. Dengan AI, kamera smartphone saat ini dapat mencapai hasil menakjubkan yang menyaingi kamera DSLR profesional. AI dapat menyempurnakan kamera smartphone dengan menggunakan pengenalan pemandangan, yang secara otomatis menyesuaikan pengaturan untuk bidikan terbaik tergantung pada kategori subjek dan faktor lain seperti kondisi pencahayaan. ‘

BACA JUGA
Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Xiaomi Fan Festival Resmi Meluncur di Indonesia

AI juga dapat mengaktifkan pengenalan objek, yang memungkinkan kamera membedakan wajah dari latar belakang dan menerapkan efek seperti bokeh untuk mode potret. Selain itu, AI dapat meningkatkan kualitas gambar dengan menggunakan teknik fotografi komputasi seperti HDR (rentang dinamis tinggi), resolusi super, dan peningkatan cahaya rendah.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi