Tuesday, June 25, 2024
BerandaReviewAplikasiCara Cek Hasil Quick Count, Pantau Pemilu 2024

Cara Cek Hasil Quick Count, Pantau Pemilu 2024

TechDaily.id – Cara cek hasil Quick Count sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Karena sudah ada banyak lembaga yang dipercaya untuk penghitungan suara ini.

Seperti diketahui sekarang ini, masyakarat Indonesia melakukan pesta demokrasi hari ini. Masyarakat akan memilih calon pemimpin baru bangsa.

Setelah mencoblos, banyak yang penasaran dengan hasilnya. Di sini hadirlah Quick Count untuk memprediksi hasil sebelum yang resminya keluar. Karena sifatnya sebagai prediksi, bukan tidak mungkin akan ada kesalahan dalam metode ini.

Mengapa demikian? Karena Quick Count menggunakan sampel TPS bukan keseluruhan TPS. Jadi, untuk menentukan akurasi dari Quick Count adalah metodologi yang digunakan dan jaminan indepensi lembaga yang menjalankan.

Cek lokasi TPS

Sekarang pertanyaannya bagaimana cara melihat hasil Quick Count? Simak di sini.

Cara Cek Hasil Quick Count

Seperti dijelaskan, Quick Count dilakukan media dan lembaga survei. KPU sendiri sudah mengantongi lembaga survei resmi yang menampilkan Quick Count.

Selain itu, Anda bisa memantau YouTube atau tayangan televisi swasta untuk mengetahuinya. Sebuta saja KompasTV, iNewsTV, Liputan6, CNN, dan banyak lagi.

BACA JUGA
Acer Luncurkan Laptop TravelMate dan Chromebook Plus Enterprise Terbaru

Anda juga bisa mengunjungi kanal YouTube lembaga survei. Berikut ini link yang dapat dikunjungi.

Lembaga Survei Indonesia:

https://www.youtube.com@LSI_Lembaga

Poltracking:

https://www.youtube.com/@Poltracking/featured

Indikator Politik Indonesia:

https://www.youtube.com@IndikatorPolitikIndonesia

Sebenarnya ada istilah lain yang digunakan untuk menggambarkan hasil sementara Pemilu 2024 seperti real Count dan Exit poll. Apa bedanya?

Perbedaan Quick Count, Exit Poll, dan Real Count

Quick Count

Quick Count adalah metode hitung cepat Pemilu dengan mengambil data formulir C1 dari tempat pemungutan suara (TPS) sebagai sampel.

Namun, penghitungan quick count bukan hasil resmi. Tapi hasil bayangan berdasarkan survei dari beberapa sampel hasil pemungutan suara di sejumlah TPS yang sudah ditentukan.

Exit Poll

Exit Poll adalah survei yang dilakukan saat hari pemungutan suara. Responden diwawancara usai mencoblos. Sampel dalam metode survei ini ditentukan secara proporsional mewakili populasi.

Real Count

Real count penghitungan suara dari semua TPS dengan menggunakan data formulir C.

Biasanya proses penghitungan real count membutuhkan waktu lebih lama dibanding quick count, paling cepat setidaknya butuh waktu dua pekan setelah proses pemungutan suara.

BACA JUGA
Nongol di Chipset, Galaxy A55 Ditopang Chipset Exynos 1480

Perolehan suara real count akan dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi