Tips

Cara Membersihkan Memori iPhone

Techdaily.id – Pernahkah kamu mengalami kecepatan loading yang lambat pada iPhone kamu? Bisa jadi itu adalah pertanda bahwa memorinya penuh. Memori kepenuhan pasti akan mengganggu kinerja iPhone kamu. Berikut ini adalah tips cara membersihkan memori iPhone yang kepenuhan.

BACA JUGA
Cara Melacak Nomor HP Untuk Melihat Lokasi Seseorang

Biasanya memori kepenuhan bisa diakibatkan karena banyaknya cache atau data dan aplikasi yang sebenarnya tidak terpakai di smartphone kita. Nah salah satu cara untuk membersihkan memori adalah dengan menghapus data yang tidak diperlukan tersebut. Mengahapus cache merupakan salah satu cara sehat untuk mengembalikan kinerja iPhone menjadi lebih mulus.

Berikut adalah cara untuk membersihkan memori iPhone:

  1. Uninstal Aplikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kinerja iPhone akibat memori kepenuhan adalah dengan uninstal aplikasi yang tidak diperlukan. Caranya adalah dengan membuka menu Setting, kemudian masuk ke menu General dan pilih “Storage dan iCloud use”. Setelah itu klik “Manage Storage” untuk melihat seberapa besar pemakaian memori dan jika diperlukan maka hapuslah aplikasi yang tidak terlalu penting.

2. Hapus Lagu dari Aplikasi Musik

Lagu yang disimpan di aplikasi musik juga bisa memakan memori yang banyak. Menghapus lagu dari aplikasi musik yang terpasang di iPhone kamu bisa menjadi cara jitu untuk membersihkan memori. Hapuslah lagu-lagu yang tidak terlalu sering didengarkan.

3. Hapus Pesan

Biasanya banyak orang yang enggan untuk menghapus pesan yang sudah lama di smartphone. Namun ternyata hal ini juga bisa menjadi penyebab memori kepenuhan. Oleh karena itu biasakanlah untuk menghapus pesan yang sudah terlalu lama atau tidak perlu lagi. Caranya bisa dilakukan manual dengan cara menggeser layar ke kiri pada pesan yang ingin dihapus. Selain itu, penghapusan pesan juga bisa dilakukan dengan cara otomatis melalui menu Setting yakni dengan membuka menu Setting kemudian pilih menu Keep Messages yang terdapat di bawah Messages History. Kamu bisa memilih 30 days sehingga semua pesan yang diterima lebih dari 30 hari akan terhapus secara otomatis.

3.Hapus Foto dari Galeri

Kebanyakan foto yang tersimpan di galeri juga bisa mengakibatkan memori kepenuhan. Hapuslah foto yang tidak terpakai lagi atau sudah lawas untuk menghemat pemakaian memori iPhone kamu.

5. Otomatisasi Penyimpanan

Cara ini bisa dilakukan dengan memilih menu Setting lalu pilih Foto & Camera dan pastikan pengaturan Optimize iPhone telah diaktifkan. Fitur ini akan membuat foto-foto beresolusi tinggi tersimpan di iCloud dan jika kamu membutuhkannya kamu bisa mendownloadnya di iCloud.

Itulah cara membersihkan memori iPhone. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close