Tuesday, May 17, 2022
BerandaGadgetCara Membuat Foto Long Exposure Menggunakan Huawei Nova 9, Gampang Kok!

Cara Membuat Foto Long Exposure Menggunakan Huawei Nova 9, Gampang Kok!

Techdaily.id -Huawei Nova 9 merupakan smartphone Huawei yang sudah diluncurkan sejak tahun lalu. Meski bukan perangkat baru, namun smartphone ini masih memiliki kemampuan kamera yang tidak bisa dikesampingkan. Bahkan, kamu bisa menghasilkan foto long exposure menggunakan smartphone ini. Cara membuat foto long exposure menggunakan Huawei nova 9 pun cukup mudah loh.

BACA JUGA
Aplikasi Kamera Terbaik di 2022, Ambil Foto Bisa Lebih Baik

Sekadar informasi, Huawei Nova 9 dibekali empat kamera belakang, yang berada dalam dua modul di punggung smartphone.

Masing-masing kameranya terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9, sensor gambar RYYB), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Pada bagian depan, Nova 9 memiliki kamera beresolusi 32 MP yang terletak di layar depan bagian atas, berbentuk punch hole. Kamera depan dan belakang dari Nova 9 mampu merekam video dengan resolusi 4K.

Jika kamu bertanya-tanya apakah smartphone ini memiliki fitur long exposure pada settingan kamera nya, tentu jawabannya tidak. Namun hal ini tentu saja tidak menghambat kamu dalam menciptakan foto long exposure yang keren. Kamu hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana untuk menciptakannya. Buat kamu yang penasaran bagaimana langkah-langkah nya, yuk simak ulasan kami berikut ini.

Cara Membuat Foto Long Exposure di Huawei Nova 9

Di bawah ini merupakan beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan sebuah foto long exposure menggunakan smartphone Huawei Nova 9.

Gunakan Tripod
Mengambil foto long exposure membutuhkan kestabilan dalam memegang smartphone. Pasalnya, jika smartphone bergerak sedikit saja, tentu akan terjadi guncangan pada foto yang dihasilkan atau biasa dikenal dengan nama shacking. Untuk itu, disarankan menggunakan tripod ketika sedang mengambil foto long exposure agar meminimalisir tingkat guncangan yang ditimbulkan dan foto terlihat sempurna.

Akan tetapi, jika kamu merasa yakin kedua tanganmu mampu menahan guncangan tersebut, kamu bisa langsung mencoba nya secara handheld dan tidak perlu ribet lagi membawa tripod kamera.

Masuk Ke Mode Pro
Setelah dirasa yakin dengan aksesoris tambahan yang dibawa, kini saatnya kamu mulai mengeksplorasi kamera smartphone Huawei Nova 9. Smartphone ini memang tidak memiliki fitur long exposure sendiri, sehingga kamu mungkin memerlukan beberapa teknik pengambilan secara manual.

Beruntung, Huawei menghadirkan mode pro pada kamera smartphone ini yang menurut kami punya setingan yang cukup lengkap dan menyerupai kamera profesional.

Kustomisasi Pengaturan di Mode Pro
Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengkustomisasi pengaturan di mode pro smartphone ini. Kamu juga harus melihat lokasi pengambilan khususnya tingkat asupan cahaya di lokasi tersebut. Disini, mungkin kamu harus mencoba beberapa kali sampai menemukan settingan yang pas.

Akan tetapi, kami sudah mencoba kamera smartphone ini dan menemukan settingan yang sesuai pada lokasi tempat kami mengambil foto long exposure tersebut. Kami mengatur settingan ISO ke titik terendah yakni 50, kemudian kami juga mengatur shutter speed hingga 2 detik dan yang paling penting mengatur titik fokus secara manual.

Untuk mendapatkan fokus yang diinginkan, kamu bisa menaikan ISO kembali agar preview di layar menjadi lebih cerah, setelah itu kamu tinggal menentukan titik fokus secara manual dan mengunci fokus tersebut. Setelahnya, kamu tinggal menurunkan ISO kembali dan tinggal menekan tombol shutter.

BACA JUGA
Harga Xiaomi Mi 10 Termurah Februari 2021

Nah, ketika menekan tombol shutter kamu juga harus memastikan agar smartphone tidak goyang serta terdapat banyak kendaraan yang berlalu lalang, agar efek long exposure bisa lebih terasa.

Di bawah ini merupakan hasil foto long exposure yang berhasil kami abadikan menggunakan kamera Huawei Nova 9. Hasil foto ini tentu bukanlah yang terbaik karena kami yakin, kamu sebagai pengguna Huawei tentu bisa menghasilkan foto long exposure lebih baik lagi menggunakan smartphone ini.

Nah, itu tadi merupakan beberapa langkah sederhana yang bisa kamu praktikan langsung setelah berbuka puasa, atau sambil menunggu waktu sahur tiba. Disarankan kamu memilih lokasi di dekat jalan raya tempat biasanya kendaraan berlalu lalang, jangan lupa juga untuk menjaga keselamatan kamu dan mengambil foto di lokasi yang aman.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi