Monday, July 15, 2024
BerandaGadgetCara Mengelola Stres dengan Smartwatch Garmin

Cara Mengelola Stres dengan Smartwatch Garmin

TechDaily.id – Stres menjadi bagian tidak terhindarkan dalam hidup. Ketahui cara mengelola stres dengan smartwatch Garmin karena ada beberapa fitur yang dapat mendukungnya.

Padatnya aktivitas sehari-hari bisa jadi salah satu pemicu meningkatnya level stres pada tubuh. Jika tidak dikelola dengan baik, stres dapat menyebabkan masalah pada kesehatan fisik dan mempengaruhi kebugaran.

Saat sedang stres, tubuh biasanya akan menunjukkan tanda-tanda, seperti mudah marah, berkeringat berlebihan, panik, dan sebagainya. Meski kadang, ada kondisi di mana tubuh tidak memunculkan tanda-tanda tengah mengalami stres.

Penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mengelola stres yang baik dan benar. Berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa membantu Anda mengelola stres:

  1. Olahraga Rutin

Tidak perlu diragukan lagi olahraga memberikan banyak manfaat positif pada tubuh. Selain menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar, olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Selain itu, olahraga yang dilakukan rutin juga dapat membuat mood menjadi lebih baik. Tentunya ini akan memberikan manfaat dalam upaya mengelola stres. Pastikan untuk melakukan olahraga yang tidak terlalu berat dan sesuai dengan kapasitas, agar tubuh bisa memperoleh manfaatnya.

WHO (World Health Organization) merekomendasikan bahwa orang dewasa melakukan aktivitas aerobik sedang minimal 150 menit dalam satu minggu atau rata-rata 30 menit setiap harinya. Anda bisa mulai dengan olahraga ringan seperti berjalan, jogging, berenang, juga latihan ringan dirumah menggunakan bantuan barbel atau sofa.

BACA JUGA
Fitur Jam Tangan Garmin untuk Maksimalkan Olahraga di Rumah

Smartwatch Garmin dapat menghitung menit intensitas penggunanya sekaligus memberikan informasi berapa menit yang masih harus dilakukan untuk mencapai target. Perlu diketahui bahwa intensitas sedang menurut Garmin adalah ketika Anda masih dapat melakukan percakapan saat berolahraga, sementara intensitas kuat ketika Anda hanya dapat mengucapkan beberapa kata di antara napas saat berolahraga.

  1. Lakukan Teknik Pernapasan

Salah satu tanda yang muncul saat stres melanda adalah panik dan pernapasan menjadi lebih cepat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan teknik pernapasan. Anda bisa melakukannya sambil berdiri, duduk di kursi yang menopang punggung, atau berbaring di tempat tidur atau matras yoga di lantai. Apa pun posisi Anda, atur kaki Anda kira-kira selebar pinggul. Lalu biarkan napas Anda mengalir sedalam mungkin ke dalam perut Anda, tanpa memaksanya. Cobalah bernapas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut.

Bernafaslah dengan lembut dan teratur. Beberapa orang merasa terbantu dengan menghitung terus dari 1 sampai 5. Anda mungkin tidak dapat mencapai 5 pada awalnya. Kemudian biarkan mengalir dengan lembut, hitung dari 1 sampai 5 lagi, jika menurut Anda ini membantu.

Terus lakukan ini setidaknya selama 5 menit. Smartwatch Garmin sudah mendukung pengukuran tingkat stress, bahkan ketika tingkat stres terlalu tinggi, jam akan memberikan notifikasi dan himbauan agar penggunanya melakukan latihan pernapasan. Tingkat stress yang tinggi akan memacu detak jantung abnormal, sehingga smartwatch Garmin akan otomatis mengirimkan alert.

  1. Istirahat yang Cukup dan Tidur yang Berkualitas
BACA JUGA
Ini Fitur Utama Garmin Bounce, Mendukung GPS

Setelah melakukan banyak aktivitas yang berpotensi menyebabkan stres, tubuh membutuhkan istirahat. Pastikan Anda memberikan tubuh istirahat yang cukup dan tidur yang berkualitas. Tidur juga penting untuk sistem kekebalan Anda, membantu Anda menghindari sakit dan pulih lebih cepat. Dengan mendapatkan waktu untuk beristirahat, tubuh dan pikiran akan kembali segar, demikian juga tingkat stres yang akan mereda.

Pelacakan tidur lanjutan dari Garmin dirancang untuk mengenali kapan saat Anda tertidur, saat Anda bangun, dan tahapan tidur di malam hari. Tahapan yang dimaksud adalah tahap tidur ringan, nyenyak, dan REM. Tahap tidur diidentifikasi menggunakan kombinasi detak jantung, laju pernapasan, gerakan tubuh, dan variabel lainnya. Garmin merangkum kualitas tidur Anda dengan skor 0-100, semakin tinggi skor yang didapat semakin siap Anda menghadapi tantangan hari esok.

Selain skor tidur, smartwatch Garmin juga dapat memberikan informasi mengenai bagaimana pengguna bisa meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas berat di malam hari, tidur larut dan konsumsi alkohol biasanya mengurangi kualitas tidur. Sebaliknya, latihan yang dilakukan siang hari secara reguler, dengan intensitas yang tepat akan mengantarkan Anda ke kualitas tidur yang baik.

Smartwatch Garmin yang Bisa Bantu Memantau Tingkat Stres

Konsisten mendukung kesehatan dan kebugaran penggunanya, Garmin telah melengkapi berbagai model smartwatch dengan fitur Stress Tracking yang bisa memantau dan mengelola tingkat stress selama 24/7. Beberapa model smartwatch Garmin ini bisa dimiliki dengan harga spesial selama bulan Agustus 2023. Garmin memberikan diskon harga hingga 25%.

BACA JUGA
Cara Menghubungkan Smartwatch ke HP, Jadi Makin Optimal!

Seperti Garmin venu 2 Series yang selalu bisa membantu Anda tetap tenang dan menjauhi stres berkat fitur Stress Tracking. Fitur ini dapat membantu Anda mengingat dan melakukan relaksasi. Venu 2 Series hadir dengan Slate Stainless Steel Bezel, layar AMOLED yang cerah dan kaya warna, 25+ mode olahraga, masa pakai baterai hingga 9 hari, serta beragam fitur untuk mendukung kesehatan dan kebugaran. venu 2 Series juga dilengkapi dengan animated workouts, sehingga Anda bisa latihan sendiri dengan panduan gerakan dari jam tangan. Anda juga bisa memilih jenis latihan bahkan memodifikasi latihan sehingga sesuai dengan kemampuan fisik Anda.

Penawaran menarik juga dihadirkan Garmin untuk konsumen yang ingin memiliki smartwatch hybrid, Garmin vivomove Sport. Dengan tampilan jarum jam klasik yang elegan, tersimpan beragam fitur cerdas dan pemantauan kesehatan, seperti melacak usia kebugaran, pulse OX, pelacak hidrasi, pelacakan kualitas tidur dan lain sebagainya.

Salah satu smartwatch dari Garmin yang hadir dengan penawaran harga menarik adalah venu Sq. Smartwatch ini hadir dengan layar LCD yang cerah, masa pakai hingga 6 hari dalam mode smartwatch, 20+ mode olahraga, serta berbagai fitur untuk memantau kesehatan penggunanya. Pengguna juga bisa mengirim gerakan latihan yoga dari aplikasi Garmin Connect ke jam venu Sq, sehingga bisa melakukan gerakan yoga sendiri dirumah.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi