Monday, December 4, 2023
BerandaTipsCara Menghindari Penipuan Online

Cara Menghindari Penipuan Online

TechDaily.id – Penipuan online terus terjadi di internet dan modusnya pun kian berkembang. Supaya tidak jadi korban, ketahui cara menghindari penipuan online ini.

Bagi yang belum tahu, penipuan online adalah penggunaan layanan internet atau software dengan akses internet untuk menipu atau mengambil keuntungan dari korban. Para penipu dapat menggunakan beberapa metode, modus, dan peralatan yang bervariasi.

Mulai dari software, memanfaatkan celah keamanan, perangkat elektronik yang digunakan, hingga phishing dari jarak jauh terus digunakan untuk menipu korbannya. Beruntung, ada cara untuk menghindarinya.

Cara Menghindari Penipuan Online

  1. Pastikan Situs yang Dikunjungi Aman

Saat berbelanja online, Anda perlu mewaspada terhadap penipuan online. Jangan mudah tergiur iming-iming harga murah karena belum tentu barang yang dikirim sama dengan yang diharapkan.

Sebelum membeli barang, pastikan perika keaslian dan rating toko atau penjual online, periksa kembali review atau testimoni dari pembeli, periksa foto produk dan keaslian produk yang telah dijual agar tidak terjebak penipuan online saat berbelanja online.

  1. Jangan Berikan Informasi Pribadi
BACA JUGA
Gaming Test realme narzo 50A, Performa Brilian di Harga 2 Jutaan

Sebaiknya Anda berhati-hati dalam membagikan informasi di akun media sosial. Jangan pernah membagikan informasi atau data pribadi seperti KTP, SIM, dan passport di media sosial.

Anda juga jangan sekali-kali memberikan data seperti PIN ATM, password email, mobile banking, dan internet banking kepada orang lain.

  1. Hati-Hati saat Menggunaan Wifi di Tempat Umum

Pelaku dapat menduplikasi nama Wifi asli yang umum digunakan di tempat publik untuk membuat perangkat terkoneksi. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menggunakan Wifi publik. Lebih baik gunakan jaringan internet dari data pribadi agar terhindar dari modus penipuan online di ruang publik.

  1. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Penjahat siber tak jarang memanfaatkan celah keamanan akun. Untuk menghindarinya, pastikan gunakan kata sandi dengan kombinasi kuat.

Anda bisa menggunakan kombinasi kapitasl dan huruf kecil, angka dan simbol untuk membuat kata sandi yang kuat untuk melindungi akun, sebagaimana dikutip dari blog Bank Mas.

  1. Mencari Referensi Penipuan Serupa

Penipuan online saat ini dilakukan dengan beberapa modus seperti telepon, pesan SMS, email, dan media sosial hingga file APK untuk diklik atau download. Anda bisa pelajari ciri modus agar terhindari dari modus serupa.

BACA JUGA
HP Misterius Xiaomi N7 Diprediksi Dalam Pengembangan
Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi