Monday, August 8, 2022
BerandaGadgetCara Mudah Print dari HP Android

Cara Mudah Print dari HP Android

TechDaily.id – Printing tidak hanya bisa dilakukan lewat PC atau komputer saja. Kamu juga bisa mem-print dokumen dari perangkat genggam seperti smartphone Android. Begini cara mudah print dari HP Android.

BACA JUGA
Cara Mendeteksi HP yang Hilang, Bisa Kok!

Mencetak hard copy dokumen masih diperlukan sejumlah orang. Namun, biasanya tugas untuk mencetak hard copy dokumen dilakukan oleh komputer, sebagaimana dikutip dari Makeuseof.

Sebenarnya, mencetak hard copy dokumen juga bisa dilakukan pada smartphone. Baik menggunakan aplikasi khusus atau mencetak langsung melalui Wifi, kamu dapat mencetak semua dokumen favorit hampir di semua printer. Bagaimana caranya?

BACA JUGA
Cara Atasi HP Panas Saat Main Game Berat

Cara Mudah Print dari HP Android

1. Printing Langsung via Aplikasi
Saat kamu ingin mencetak dari ponsel, tempat pertama untuk memulai adalah Play Store. Sebagian besar merek utama, termasuk printer Canon, Epson, dan HP, memiliki aplikasi khusus mereka sendiri yang akan menginstal driver yang diperlukan bagi kamu mencetak langsung ke printer nirkabel mereka.

Untuk menemukan aplikasi, cari di toko, atau buka Pengaturan > Preferensi koneksi > Mencetak di ponsel Anda dan ketuk Tambah layanan. Layar yang dihasilkan akan menampilkan semua aplikasi pencetakan yang tersedia, dan kamu dapat memilih salah satu yang sesuai dengan pembuatan printer kamu.

Setiap aplikasi bekerja secara berbeda, jadi ikuti petunjuk di layar untuk aplikasi dan printer pilihan kamu. Secara umum, kamu perlu memastikan printer terhubung ke jaringan nirkabel yang sama dengan ponsel kamu. Jika ya, aplikasi akan secara otomatis mendeteksinya dan kamu kemudian dapat memilih printer dan siap digunakan.

2. Mencetak Menggunakan Layanan Cetak Default dan Wi-Fi Direct
Bergantung pada printer apa yang digunakan, kamu mungkin tidak perlu mengunduh aplikasi tertentu untuk menggunakannya. Android 8 dan yang lebih baru menyertakan Layanan Cetak Default, yang dapat secara otomatis mendeteksi dan menyiapkan printer yang kompatibel di jaringan kamu.

Dari Android 9 dan yang lebih baru, kompatibilitasnya mencakup printer yang mendukung Wi-Fi Direct. Jika printer kamu cukup baru, ada kemungkinan besar ini akan kompatibel.

Untuk menggunakannya, buka Pengaturan > Preferensi koneksi > Pencetakan dan pilih Layanan cetak default. Alihkan layanan ke Aktif dan itu akan mulai memindai printer yang kompatibel di jaringan Wi-Fi kamu. Jika muncul, cukup pilih untuk menyelesaikan proses penyiapan.

Jika tidak, kamu dapat menambahkannya secara manual jika kamu mengetahui detailnya dengan mengetuk ikon menu tiga titik dan memilih Tambahkan printer.

Ingatlah beberapa menu dan opsi ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi Android yang digunakan (dan pabrikan ponsel Anda), tetapi prinsip dasarnya sama.

3. Cetak Melalui Email
Opsi lain yang dapat kamu gunakan jika memiliki printer yang didukung adalah mencetak melalui email. Beberapa printer dilengkapi dengan alamat email yang dapat kamu gunakan untuk mencetak dari mana saja.

Cukup buka aplikasi email kamu, lampirkan file yang ingin Anda cetak, dan printer akan mengurus sisanya. Keuntungannya adalah kamu dapat mencetak dari mana saja kapan saja (selama printer Anda dihidupkan dan terhubung ke jaringan). Printer tidak harus berada di jaringan yang sama dengan ponsel Anda.

Kelemahannya adalah hanya mendukung jenis file tertentu. Ini mencakup semua file gambar dan kantor yang umum, tetapi jika kamu memiliki tipe file berpemilik dari aplikasi tertentu, maka kamu tidak akan dapat mencetaknya melalui email.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi