Saturday, September 18, 2021
BerandaEnterpriseNews EnterpriseDaftar Wilayah yang Mendapat Jaringan 5G Indosat

Daftar Wilayah yang Mendapat Jaringan 5G Indosat

Techdaily.id – Indosat resmi menjadi operator kedua yang mendapat jaringan 5G di Indonesia secara komersil. Namun saat ini terdapat 5 kota yang lebih dulu mendapat jaringan 5G. Inilah daftar wilayah mendapat jaringan 5G Indosat.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy M51, Baterainya Gak Habis-Habis!

Kota yang mendapat jaringan 5G Indosat terdiri dari Jakarta, Solo, Surabaya, Makassar dan Balikpapan. Namun tidak semua kota tersebut menjangkau jaringan 5G Indosat Ooredoo.

“Kami memilih daerah-daerah tertentu yang memang ada secara point of interestnya, penggunanya ada, secara pengguna handset 5G ada, secara ekosistem sudah” jelas Shatya Framudia, SVP-Head of Business Planning, dalam acara peluncuran layanan 5G Indosat.

Beberapa contoh tempat yang mendapat jaringan 5G seperti sekolah, Balai Kota dan sebagainya. Adapun lokasi yang mendapat layanan jaringan ini adalah sebagai berikut:

  • Jakarta : Area Monas
  • Solo : Area Inner City
  • Surabaya : Area Genteng
  • Balikpapan : Area Gunung Bahagia
  • Makassar : Area Pettarani

Kendati demikian Shatya tidak memberikan informasi lebih rinci mengenai lokasi dan titik mana saja yang akan terjangkau sinyal 5G Indosat. Shatya juga menambahkan kedepannya Indosat akan menambah dan memperluas cakupan area layanan 5G ke lebih banyak lokasi.

“Kami akan kembangkan terus secara jaringan baik yang sifatnya konfigurasi maupun investasi”, ujarnya. Indosat Ooredoo memanfaatkan pita frekuensi di 1.800 MHz (1,8 GHz) dengan lebar pita 20 Mhz di rentang 1837,5-1857,5 MHz untuk menggelar jaringan internet generasi kelima itu.

Untuk menikmati layanan ini, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, pengguna Indosat harus menggunakan kartu USIM yang digunakan untuk koneksi jaringan 4G. Artinya jika kartu sudah diaktifkan dengan jaringan 4G, pengguna tidak perlu mengganti kartu SIM.

Yang kedua perangkat mendukung band n3 yang mendukung layanan 5G sekaligus dukungan software dan firmware. Perangkat juga harus dibuka kunci (unlock) untuk bisa menjalankan layanan 5G. Selain itu pengguna juga harus berada di area yang terjangkau layanan jaringan tersebut.

Untuk paket, Indosat belum menawarkan paket khusus 5G saat ini. Pengguna prabayar maupun pascabayar bisa membeli paket yang sudah ada, yakni Freedom Internet dan Prime untuk membeli kuota 5G Indosat.
Itulah wilayah yang  mendapat jaringan 5G Indosat. Jika ingin menggunakan layanan jaringan ini pastikan kamu sudah memenuhi syarat yang sudah disebutkan. (ira)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi